Blog BukuKas - 20 Penyedia Pinjaman Modal Usaha, Lengkap dengan Tipsnya

20 Penyedia Pinjaman Modal Usaha, Lengkap dengan Tipsnya

Bagi para wirausaha, modal bisa diibaratkan sebagai bahan bakar untuk menggerakkan kendaraan. Walaupun modal usaha bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan, usaha akan sulit tumbuh tanpa modal yang memadai. Sebelum munculnya berbagai terobosan digital dalam sektor keuangan seperti sekarang ini, mencari pinjaman modal usaha bisa dibilang sulit, terlebih untuk pemula. Mengajukan pinjaman melalui bank tentunya banyak persyaratannya dan cukup berat, itu pun belum tentu disetujui. Tetapi, saat ini telah tersedia berbagai alternatif fasilitas pinjaman modal usaha dalam jumlah besar dan tanpa agunan. Proses pengajuannya juga mudah, pencairan dananya cepat, serta bunga dan biayanya terjangkau. Ingin tahu mengenai berbagai alternatif pinjaman terbaik untuk modal usaha? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Pengertian Modal Usaha

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), modal adalah uang yang digunakan untuk transaksi jual beli yang bertujuan untuk menghasilkan pundi-pundi kekayaan dan sebagainya.

Modal usaha adalah sejumlah uang yang dibutuhkan oleh seseorang atau suatu pihak untuk mendanai awal terbentuknya usaha atau untuk mengembangkan suatu bisnis.

Pentingnya Modal Usaha

Kamu yang pernah berbisnis atau sedang berencana untuk memulai suatu usaha pasti paham bahwa modal usaha adalah kunci keberhasilan. Tanpa modal, usaha bagaikan kendaraan bermotor tanpa bahan bakar, tidak bisa bergerak. Dalam hal ini, akses terhadap permodalan menjadi hal yang penting untuk keberhasilan usaha, disamping produk dan pelayanan yang baik. Yang juga tidak kalah penting adalah mendapatkan skema modal usaha yang cocok dengan usaha tersebut.

Ketika pemilik usaha ingin memperluas jangkauan pasar dan menambah kuantitas serta meningkatkan kualitas produksi, tentu harus memiliki modal yang besar. Bagi mereka yang masih memiliki aset, misal properti, tabungan di bank atau bentuk investasi lainnya, tentu tidak masalah. Namun bagaimana dengan mereka yang ingin membesarkan bisnis tapi modal pas-pasan? Solusi yang bisa dipertimbangkan adalah mengajukan pinjaman modal usaha.

Jenis Modal Usaha

Jenis modal usaha yang berbentuk pinjaman antara lain adalah :

  • Working Capital, yaitu modal kerja yang digunakan untuk kebutuhan cash flow operasional kegiatan usaha sehari – sehari. Modal kerja inilah yang merupakan fasilitas pinjaman yang diberikan kepada pengusaha untuk memulai sebuah bisnis atau untuk mengembangkan bisnis. Kredit jenis ini dapat dicicil sesuai kemampuan debitur dan dapat diperpanjang.

Sejumlah bank dan lembaga keuangan memiliki program bantuan modal usaha ini untuk memberikan kesempatan bagi pelaku usaha UMKM agar memperoleh bantuan dana.

  • Kredit Investasi, yaitu pinjaman modal usaha yang diberikan untuk membiayai kebutuhan barang modal, seperti rehabilitasi, modernisasi, pengembangan usaha, atau kebutuhan khusus terkait investasi. Kredit ini diperuntukkan bagi pengusaha yang memiliki bisnis dan telah berjalan selama beberapa tahun.

Jangka waktu pelunasan kredit ini juga lebih fleksibel karena dapat dicicil dalam waktu maksimal 5 tahun atau dapat disesuaikan dengan jumlah dana yang ingin diinvestasikan.

Bank atau lembaga penyedia dana akan menanyakan tujuan penggunaan modal usaha guna melakukan analisa kredit yang berbeda.

Jenis Pinjaman Modal Usaha

Saat ini sudah banyak penyedia pinjaman modal usaha selain bank, sehingga calon debitur memiliki berbagai alternatif untuk memperoleh akses modal. Jika ingin mengajukan pinjaman modal usaha, perlu dipahami dulu jenis-jenisnya.

1. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Inilah jenis pinjaman modal usaha yang paling disukai, yang berasal dari bank pemerintah, karena berkaitan dengan program negara yakni membuat masyarakat lebih sejahtera. Besaran bunga KUR adalah yang terendah dibandingkan dengan jenis pinjaman modal usaha lainnya. Bunga yang rendah ini karena KUR memang memperoleh subsidi dari pemerintah.

Selain perhitungan bunga, pemerintah juga mengatur pola penjaminan sesuai dengan bidang usaha calon nasabah KUR. Misalkan saja sektor pertanian, kehutanan, industri kecil serta kelautan dan perikanan, jaminannya berkisar 80% dari plafon kredit keseluruhan. Namun jika calon nasabah KUR memiliki bidang usaha selain yang sudah disebutkan, biasanya jaminan berkisar di angka 70%. Dengan total pinjaman maksimal Rp 500 juta, bunga kreditnya hanya rata-rata 7% per tahun atau 0,6% per bulan.

2. Modal Ventura

Jika KUR diberikan oleh bank pemerintah, maka jenis pinjaman Modal Ventura diberikan oleh lembaga non bank dengan syarat perjanjian kerjasama. Biasanya pemberi Modal Ventura adalah perusahaan lain dengan konsep tanpa agunan. Secara mudahnya, Modal Ventura adalah jenis pinjaman modal usaha yang berbentuk mirip saham yang ditanamkan pada bisnis kamu.

Setidaknya ada tiga jenis Modal Ventura yakni Equity Financing, Semi Equality Financing dan Bagi Hasil. Untuk jenis Equity Financing, perusahaan Modal Ventura yang memberikan pembiayaan langsung akan ikut langsung dalam bisnis yang kamu geluti. Sementara jenis Semi Equity Financing, berkonsep pada transaksi jual beli saham atau obligasi yang dikeluarkan perusahaan.

Terakhir, jenis Bagi Hasil lebih cocok untuk usaha kecil dan menengah yang belum berbentuk badan hukum seperti PT. Seperti namanya, Modal Ventura jenis Bagi Hasil ini akan membagi keuntungan usaha untuk kedua belah pihak entah memakai skema 60:40, 50:50 atau mungkin 70:30, tergantung dengan besaran pinjaman modal usaha yang diberikan kepada bisnis tersebut.

3. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Seperti namanya, KTA adalah pinjaman modal usaha tanpa agunan atau jaminan yang diberikan secara perorangan dari bank atau lembaga keuangan lainnya. Untuk bisa memperoleh KTA, tentunya kamu harus memenuhi syarat finansial yang wajib dipenuhi. Kamu haruslah berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun. Beberapa dokumen lain juga disertakan seperti fotokopi NPWP, KTP, SIUP, buku tabungan hingga kartu kredit.

4. Kredit Usaha Mikro

Merasa bisnis yang kamu geluti masih kecil-kecilan? Tenang saja, ada pinjaman modal usaha yang bisa kamu pilih yaitu Kredit Usaha Mikro. Seperti namanya, pinjaman modal usaha ini lebih ditujukan untuk pemilik usaha kecil, sehingga besar kredit yang diberikan maksimal hanya Rp 50 juta saja. Tak usah khawatir dengan jaminan, karena biasanya pihak bank tidak akan meminta jaminan apapun.

Hanya saja, sekalipun tidak memiliki jaminan, kamu harus tahu kalau bank memiliki proses seleksi tersendiri sebelum mencairkan Kredit Usaha Mikro. Akan ada survei khusus supaya bisa membuktikan jika calon debitur benar-benar memiliki sebuah usaha dan punya rekam jejak keuangan yang bertanggung jawab.

5. Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending

Membutuhkan pinjaman modal usaha yang tidak ribet dan bisa cair cepat? Maka pilihan meminjam ke Fintech P2P Lending adalah jawabannya. Bisa dibilang, Fintech P2P Lending adalah wujud nyata dari pemanfaatan teknologi dalam industri keuangan. Konsep P2P Lending menawarkan pinjaman modal usaha secara online, sehingga kamu bisa mengajukan aplikasi melalui smartphone. Tak perlu syarat yang ribet, cuma dengan KTP, foto selfie dengan KTP, serta slip gaji, kamu bahkan bisa langsung memperoleh pinjaman yang dicairkan ke rekening bank.

Namun kamu juga wajib tahu, kalau ternyata ada beberapa penyedia pinjaman yang masih ilegal dan tidak terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga bunga yang dibebankan ke calon nasabah cukup besar. Calon debitur harus memastikan apakah penyedia pinjaman merupakan perusahaan yang resmi terdaftar di OJK, serta mengecek rekam jejaknya. Jangan sampai terjebak pada penyedia pinjaman yang akan menyusahkan nantinya.

6. Pinjaman dari Perusahaan E-Commerce kepada Merchant

Tidak mau kalah dengan perbankan yang menawarkan KUR atau Kredit Usaha Mikro, pemilik marketplace alias e-commerce juga memiliki produk pinjaman modal usaha. Hanya saja produk ini cuma bisa dinikmati oleh para merchant yang berjualan secara online di platform mereka. Tentunya besar kecilnya pinjaman modal usaha yang ditawarkan, disesuaikan dengan data perilaku transaksi mereka.

7. Pinjaman bagi Pengguna Dompet Elektronik

Selain perusahaan e-commerce yang memberikan pinjaman modal usaha kepada merchant, demikian juga halnya dengan perusahaan penyedia dompet elektronik alias e-money non bank, yang juga menawarkan pinjaman selayaknya Fintech P2P Lending. Hanya saja, untuk mendapatkan pinjaman dalam bentuk PayLater atau cicilan tanpa kartu kredit ini, kamu harus menjadi pengguna aktif produk dompet elektronik mereka. Meskipun jumlahnya tidak cukup besar, tentu masih bisa digunakan untuk operasional bisnis.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Manfaat dan Resiko Pinjaman Modal Usaha

Mengajukan pinjaman modal usaha tentu membawa manfaat bagi pengembangan suatu bisnis, namun juga tidak lepas dari resiko. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kamu inginkan, pahami dulu bagaimana sisi positif (kelebihan) dan sisi negatif (kekurangan) mengenai pinjaman modal usaha ini.

Manfaat :

  • Memudahkan pendirian bisnis baru, karena tidak lagi terhambat dengan modal awal untuk menjalankan sebuah bisnis.
  • Membantu usaha rumahan modal kecil untuk mendapatkan dana lebih besar untuk mengembangkan bisnisnya.
  • Banyak dukungan dan bantuan yang bisa diperoleh dari berbagai pihak, seperti bank, fintech dan lembaga keuangan.
  • Membantu pengeluaran tak terduga, mengatasi kebangkrutan, atau kerugian sebuah bisnis yang sedang berkembang.
  • Bisa menyerap banyak tenaga kerja baru ketika sebuah bisnis berjalan lancar.
  • Bisnis yang maju dan bertahan berkontribusi lebih besar pada Produk Bruto Domestik (PDB) Indonesia, sehingga dapat bertahan terhadap krisis global.
  • Motivasi pengusaha untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis menjadi lebih tinggi.
  • Pemilik usaha akan termotivasi untuk melunasi pinjaman dan berusaha menjaga kepercayaan serta image yang baik agar namanya tidak tercemar.

Resiko :

  • Dana pinjaman modal usaha yang telah diterima harus dikembalikan dalam jangka waktu yang telah disepakati.
  • Pelaku usaha akan mengalami beban moral atas utang yang belum dilunasi.
  • Setiap dana yang telah dicairkan akan dikenakan biaya, seperti biaya administrasi dan bunga, yang bisa menjadi beban tersendiri.

Tips Penting agar Pinjaman Modal Usaha Disetujui

Ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya pengajuan pinjaman modal usaha disetujui. Berikut ini diantaranya :

  • Punya usaha yang jelas

Kriteria ini sangat penting karena pemberian pinjaman berdasarkan usaha yang diajukan.

  • Lama usaha minimum

Pemberi pinjaman akan mempertimbangkan berapa lama usaha sudah dijalankan. Jika usahanya belum mulai, kecil kemungkinan disetujui pengajuannya. Paling tidak usia usaha sudah satu tahun.

  • Track record usaha dan pemilik usaha

Usaha dan pemilik usaha akan dicek dalam laporan BI checking soal kepatuhan dalam pembayaran pinjaman.

  • Kelengkapan dokumen

Menyangkut usaha, pemberi pinjaman memperhatikan kelengkapan dokumen untuk mendukung usaha tersebut.

  • Siap dilakukan survei ke tempat usaha

Tempat usaha yang diajukan pinjaman akan di survei oleh pemberi pinjaman.

  • Tidak memiliki pinjaman lain

Saat kamu mengajukan pinjaman, pastikan kamu tidak sedang menerima kredit online dari bank, fintech atau lembaga keuangan lainnya.

  • Bisnis Sehat dan Produktif

Pastikan bisnis kamu dalam keadaan sehat dan produktif. Sehat dalam artian usaha memperoleh keuntungan dan tidak mengalami kerugian, dan ini dapat dilihat dari laporan keuangan bisnis.

Daftar Lembaga Penyedia Pinjaman Modal Usaha

1. Investree P2P Online

Investree adalah P2P Lending yang sudah berizin dan terdaftar di OJK. Investree menawarkan pinjaman untuk modal usaha buat UMKM. Investree menawarkan pembiayaan invoice atau tagihan. Jika punya tagihan, pengusaha bisa memberikan tagihan tersebut ke Investree untuk diberikan pinjaman selama tenor tertentu.

Investree akan menalangi tagihan usaha sebesar 80% dari nilai tagihan. Pengembalian pinjaman dalam waktu 1 bulan hingga 3 bulan. Boleh dikatakan Investree menawarkan pinjaman modal usaha tanpa jaminan.

Tidak saja menawarkan pinjaman konvensional, Investree memiliki pinjaman berbasis Syariah. Ada dua hal penting terkait pembiayaan usaha Syariah Investree, yaitu :

(1) Invoice dari industri rokok, minuman keras, obat terlarang, babi, perjudian, prostitusi, hotel yang belum syariah, dan kegiatan yang mengandung spekulasi bukan sasaran Investree Syariah.

(2) Jenis invoice yang menjadi prioritas adalah yang ditujukan kepada Payor berupa perusahaan besar, contohnya perusahaan multinasional, institusi yang terdaftar di bursa saham, atau instansi pemerintahan.

2. Modalku

Modalku adalah fintech P2P online terdaftar OJK yang fokus ke pinjaman untuk usaha. Pinjaman di Modalku adalah modal kerja untuk usaha kecil dan menengah. Modalku menawarkan kredit pinjaman modal usaha online tanpa jaminan.

Dengan wilayah cakupan operasional Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya, Modalku menawarkan dua jenis pinjaman modal usaha secara online, yaitu :

  • Modal Usaha. Pinjaman dari Rp 50 juta hingga Rp 2 miliar dengan tenor dari 3 sampai 24 bulan; tanpa jaminan serta proses singkat, kurang lebih 4 hari kerja.
  • Pembiayaan Invoice. Plafon pinjaman sampai Rp 2 miliar dengan tenor 15 sd 90 hari; tanpa jaminan.

Persyaratan utama pinjaman uang di Modalku adalah: usaha telah berjalan minimal 1 tahun; berdomisili di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), Bandung dan Surabaya; berusia 21 s/d 60 tahun; bisa berbentuk PT, CV atau perorangan; memiliki omzet bisnis tercatat di rekening Bank.

3. Akseleran

Akseleran adalah fintech P2P lending terdaftar OJK. Akseleran memberikan pinjaman kepada pelaku usaha berbentuk usaha perseorangan, firma, CV atau PT.
Akseleran menawarkan plafon pinjaman mulai Rp 75 juta sampai Rp 200 juta dengan masa tenor 1 bulan sampai 24 bulan.

Suku bunga yang ditawarkan adalah 6.48% – 17% per tahun (bunga flat). Namun, besaran suku bunga ditentukan oleh Akseleran berdasarkan grade dari pinjaman tersebut yang didapatkan dari hasil analisis kelayakan dan risiko usahamu.

Meskipun bunga bersaing dan menarik, tetapi persyaratan mengajukan pinjaman modal usaha online di Akseleran cukup ketat, yaitu:

  1. Sudah berjalan selama lebih dari 1 tahun, dan berlokasi di Jabodetabek, Banten, atau Bandung. Untuk usaha yang berlokasi di luar wilayah tersebut di Indonesia, dapat menggunakan layanan Akseleran sepanjang jumlah pinjaman lebih dari Rp200 Juta.
  2. Berhasil mencetak laba bersih di 1 tahun terakhir.
  3. Memiliki Laporan Keuangan (minimal laporan laba rugi) yang akan di cross check dengan rekening koran 3 bulan terakhir.
  4. Membuat proposal pinjaman dan melengkapi dokumen pendukung yang diperlukan.

4. KTA Bisnis Commbank

KTA Bisnis dari Bank Commonwealth adalah pinjaman modal usaha tanpa jaminan untuk usaha kecil dan menengah yang bisa diajukan secara online lewat aplikasi bisnis. Aplikasi pinjaman bisnis Commbank diunduh di Google Playstore dan IOS.

KTA bisnis ini merupakan pinjaman modal usaha tanpa jaminan dengan jumlah plafon pinjaman Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, jangka waktu pinjaman hingga 3 (tiga) tahun.

Bunga terendah 1,09% sampai 1,49% flat per bulan (setara dengan bunga efektif 1,84% – 2,53% per bulan, tergantung pada jangka waktu dan jumlah pinjaman).

Siapa yang bisa mengajukan KTA Bisnis Commbank ?
Pengusaha individu / individu dengan latar belakang badan hukum ( PT, CV, Firma ); Usaha telah berjalan minimum dua tahun; Domisili usaha di daerah Jabodetabek atau Surabaya; Omset usaha Rp25 juta – Rp5 miliar per bulan. Yang perlu diperhatikan adalah batasan wilayah cakupan karena meskipun berbasis aplikasi online, tetapi domisili usaha terbatas di Jabodetabek dan Surabaya.

5. Kredit Mikro Sampoerna

Kredit mikro Bank Sampoerna adalah pinjaman modal usaha kecil untuk kebutuhan modal kerja maupun investasi dalam bentuk cicilan dengan plafon kredit Rp 5 juta sampai Rp 500 Juta.
Tenor pinjaman: modal kerja sampai 36 bulan dan investasi sampai 60 bulan.
Pinjaman kredit mikro Sampoerna meminta jaminan, yaitu berupa BPKB, Deposito, Tanah dan Bangunan, Kebun.

Khusus bagi nasabah eksisting, akan mendapatkan prioritas mengikuti Program Pinjaman Tambahan Langsung Disetujui (Top-Up ‘pre-approved’); mendapatkan plafon pinjaman diatas nilai jaminan yang diberikan.
Persyaratan kredit mikro Bank Sampoerna :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Surat Nikah (bagi yang menikah).
  • Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah atau maksimal usia 60 tahun saat jatuh tempo pinjaman.
  • Usaha minimum 2 tahun di lokasi dengan bidang usaha yang sama.
  • Melampirkan NPWP, khusus kredit Rp 50 juta keatas.

6. OVO PayLater

OVO PayLater adalah cicilan tanpa kartu kredit yang bisa digunakan untuk pembiayaan transaksi di Tokopedia dan merchant OVO. Karena bisa untuk cicilan, OVO PayLater bisa digunakan untuk usaha skala kecil dan menopang pengeluaran operasional usaha sehari – hari.

Keunggulan OVO PayLater adalah pinjaman modal usaha tanpa jaminan dan pengajuan secara online dengan syarat relatif mudah. Tapi, limit PayLater cukup rendah karena itu OVO Paylater lebih cocok untuk pinjaman modal usaha kecil.

OVO PayLater memberikan limit cicilan kepada setiap pemegang OVO. Dengan limit tersebut, nasabah bisa mencicil pembayaran opsi tenor selama beberapa bulan, yaitu 3, 6 atau 9 bulan.

Karena proses mendapatkan limit OVO PayLater cukup mudah, alat pembayaran cicilan ini bisa digunakan pengusaha UMKM sebagai ganti penggunaan kartu kredit yang tidak mudah diperoleh khususnya untuk pengusaha rintisan.

7. Bank Syariah Mandiri Kredit Mikro (Pinjaman Modal Usaha Mandiri)

Kredit Mikro Bank Syariah Mandiri adalah pinjaman modal usaha Syariah untuk tujuan modal kerja dan investasi. Pembiayaan Usaha Mikro dari Bank Syariah Mandiri ini cocok buat pengusaha yang ingin meminjam dengan skema Syariah.

Plafon pinjaman modal usaha Mandiri Syariah adalah maksimal Rp200,000,000 dengan margin mulai dari setara 0.75%. Jangka waktu: Modal kerja 48 bulan Investasi 60 bulan

Persyaratan utama pinjaman modal usaha Mandiri Syariah adalah lama usaha sudah berjalan 2 tahun, warga Negara Indonesia dengan usia min. 21 tahun atau sudah menikah serta bersedia memberikan Jaminan.

8. Pegadaian

Pegadaian menawarkan kredit dengan angsuran bulanan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor. Pinjaman mulai Rp.1,000,000 sampai Rp 400,000,000 dengan jangka waktu 12, 18, 24, 36, dan 48 bulan. Terdapat biaya administrasi 1% dari pinjaman. Proses kredit butuh 3 hari, dan dana dapat segera langsung cair.

Kredit dari Pegadaian ini cocok buat pinjaman modal usaha kecil karena plafon yang ditawarkan cukup rendah dan jaminan yang diminta cukup fleksibel. Persyaratan kredit usaha Pegadaian adalah lama usaha berjalan minimal 1 tahun, dan mempunyai legalitas usaha (SIUP/SITU/Surat Keterangan Usaha).

Karena butuh agunan BPKB, ketentuan kendaraan bermotor yang bisa dijaminkan adalah: (a) Sepeda Motor : Milik Pemohon atau atas nama Pemohon, usia sepeda motor maksimal 15 thn, surat-surat lengkap; (b) Mobil: Milik Pemohon / an. Pemohon, usia mobil maksimal 20 thn, surat-surat lengkap.

9. Koinworks

Koinworks adalah P2P Lending terdaftar OJK yang menawarkan pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. Dengan platform P2P, Koinworks memberikan pinjaman modal usaha secara online di Rp 10 juta sampai Rp 2 miliar dengan lama pinjaman 6 bulan sampai 24 bulan.

Bunga pinjaman modal usaha online di Koinworks adalah 0,75% – 1,67% flat per bulan dan biaya persetujuan kredit dikenakan 2% – 4%, biaya asuransi jiwa: 0.24%, dan biaya administrasi: Rp100,000.

Penting diperhatikan bahwa biaya pinjaman di Koinworks tidak hanya bunga tetapi terdapat biaya lain – lainnya yang harus dibayar oleh peminjam. Persyaratan utama pengajuan pinjaman modal usaha adalah Warga Negara Indonesia yang tinggal di Indonesia; usia minimal 21 tahun; bisnis minimal satu tahun berdiri; SIUP+TDP+NPWP perusahaan jika PT atau CV; mutasi Rekening 3 bulan terakhir.

Jika pelunasan lebih cepat, nasabah pinjaman modal usaha tidak akan dikenakan biaya penalti untuk pelunasan pinjaman lebih awal.

10. Kredit Modal Kerja BCA (Pinjaman Modal Usaha BCA)

Kredit modal kerja BCA adalah pinjaman modal usaha BCA untuk bisnis. Kredit Modal Kerja BCA menawarkan beberapa alternatif pembiayaan, yang bisa dipilih oleh pengusaha sesuai kebutuhan.

Pinjaman modal usaha BCA ditawarkan dalam skema :

  • Kredit Lokal. Solusi buat yang membutuhkan pembiayaan usaha yang bersifat liquid, dimana penarikan dan pelunasannya dapat dilakukan sewaktu-waktu selama jangka waktu fasilitas kredit melalui rekening giro
  • Installment Loan. Solusi untuk usaha yang membutuhkan pembiayaan modal kerja yang penarikannya dapat dilakukan sekaligus atau bertahap dan pelunasannya dapat dilakukan dengan cara mengangsur
  • Time Loan. Solusi untuk usaha yang membutuhkan pembiayaan bersifat liquid atau musiman. Dimana penarikan dan pelunasannya dapat dilakukan sewaktu-waktu.
  • Kredit Ekspor. Solusi untuk usaha yang membutuhkan pembiayaan kegiatan produksi, pengumpulan, dan penyiapan barang dalam rangka ekspor.

Meskipun adalah kredit usaha, namun BCA memberikan kredit modal kerja ini kepada perorangan selama untuk pembiayaan yang bersifat produktif.

11. KUR BRI

KUR BRI adalah pinjaman usaha mikro dengan bunga subsidi pemerintah yang disalurkan lewat Bank BRI. Pinjaman KUR cocok untuk usaha pemula rintisan yang membutuhkan cicilan relatif rendah.

Paling kecil, KUR memberikan Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafon Rp 25 juta per debitur. Ini adalah KUR Mikro Bank BRI.

Persyaratan pengajuan KUR BRI adalah Individu (perorangan) yang melakukan usaha produktif dan layak; melakukan usaha secara aktif minimal 6 bulan; tidak sedang menerima kredit dari perbankan.

Persyaratan dokumen dan administrasi pinjaman KUR, yaitu: identitas KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha. Jika punya usaha baru mulai 6 bulan keatas, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha Bank BRI di KUR. Namun, yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh memiliki kredit konsumtif dan kartu kredit.

Perlu dicatat bahwa terdapat berbagai pilihan pinjaman modal usaha Bank BRI, tidak hanya KUR saja, namun produk pinjaman dengan bunga paling menarik di bank BRI adalah KUR.

12. KUR Mandiri

KUR Mandiri adalah pinjaman modal usaha Bank Mandiri untuk pengusaha mikro dengan bunga subsidi pemerintah. Salah satu fitur menarik KUR Mandiri adalah diberikan kepada UMKM yang feasible tapi belum bankable.

Karena KUR adalah pinjaman modal usaha dari pemerintah, bunga yang ditawarkan sangat menarik. Bunga pinjaman KUR dari pemerintah adalah 7% per tahun.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) Bank Mandiri terdiri dari 3 jenis yaitu :

  • KUR Mikro, dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dan jangka waktu maksimal 2 tahun.
  • KUR Ritel, dengan limit kredit di atas Rp 25 juta sampai dengan maksimal Rp 200 juta per debitur, dan jangka waktu maksimal 3 tahun untuk kredit modal kerja dan 5 tahun untuk kredit investasi.
  • KUR Penempatan TKI, dengan limit kredit maksimal sampai dengan Rp 25 juta per debitur dengan jangka waktu disesuaikan dengan masa kontrak kerja atau maksimal 12 bulan.
  • KUR Khusus, dengan limit di atas Rp 25 juta sampai dengan Rp 500 juta diberikan kepada kelompok yang dikelola secara bersama dalam bentuk cluster dengan menggunakan Mitra Usaha untuk komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat.

13. Tokopedia Pinjaman Modal

Tokopedia menawarkan pinjaman modal usaha secara online kepada merchant yang berjualan di platform Tokopedia. Pinjaman ini khusus untuk merchant di Tokopedia. Tokopedia Pinjaman Modal ini adalah program kerja sama Tokopedia dengan mitra penyedia pinjaman, yaitu lembaga lain yang memiliki izin memberikan pinjaman. Saat ini, Tokopedia bekerjasama dengan 24 perusahaan mitra penyedia pinjaman.

Proses pengajuan pinjaman modal di Tokopedia adalah calon peminjam menentukan jumlah dan tenor pinjaman, lalu muncul penawaran pinjaman dari mitra Tokopedia, kemudian peminjam mengajukan kredit usaha ke mitra Tokopedia penyedia pinjaman yang paling sesuai.

Persyaratan utama yang perlu diperhatikan untuk mengajukan pinjaman modal di Tokopedia adalah:

(1) penjual aktif yang sudah membuka toko di Tokopedia selama minimum 6 bulan dan memiliki tingkat penjualan mencukupi;
(2) pengguna menyetujui dan memberikan wewenang kepada Tokopedia untuk memperoleh dan mengolah data transaksi dan data lainnya dari toko Penjual selama 6 bulan terakhir yang akan diteruskan kepada Mitra Penyedia Pinjaman terkait.

Perlu diketahui karena masing – masing mitra penyedia pinjaman memiliki kriteria pinjaman sendiri, maka kemungkinan persyaratan masing – masing mitra akan berbeda satu dengan yang lain.

Sebelum mengajukan pinjaman modal secara online di Tokopedia, sebaiknya calon peminjam merchant memahami kriteria dan persyaratan yang terdapat di masing – masing mitra penyedia pinjaman. Tokopedia menyediakan penjelasan cukup rinci untuk setiap persyaratan penyedia pinjaman.

14. Bukalapak BukaModal

Bukalapak menawarkan pinjaman modal usaha BukaModal buat pedagang di lapak mereka. BukaModal adalah program Bukalapak yang menawarkan fasilitas pinjaman modal usaha kepada pelapak untuk mengembangkan bisnis online mereka di Bukalapak.

Pelapak dapat mengajukan pinjaman modal dengan jumlah pinjaman dan lama cicilan (tenor) tertentu. Pinjaman yang diberikan berkisar Rp2.000.000 sampai dengan Rp2.000.000.000 dengan lama pelunasan cicilan yang ditawarkan selama: 3, 6, 12, 18, atau 24 bulan.

BukaLapak melakukan kerjasama dengan 5 mitra penyedia pinjaman, yaitu Investree, Koinworks, Modalku, Taralite dan Bank Mandiri. Persetujuan pinjaman dilakukan oleh mitra dan bukan BukaLapak. Pembayaran pinjaman dilakukan ke mitra penyedia pinjaman dan bukan ke Bukalapak.

Itu sebabnya perlu diketahui bahwa data pelapak yang mengajukan pinjaman akan disampaikan ke mitra penyedia pinjaman. Pelapak harus setuju bahwa data transaksi di Bukalapak akan digunakan untuk analisa kredit pinjaman.

Kriteria pelapak mengajukan pinjaman modal usaha BukaLapak adalah:

  • Pelapak adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Terdaftar sebagai pelapak Bukalapak selama minimal 6 bulan. Khusus untuk Rekanan Bank Mandiri, pengajuan pinjaman modal dapat dilakukan oleh Pelapak yang telah berjualan minimal selama 3 bulan.
  • Pelapak memiliki tingkat penjualan di Bukalapak minimal Rp2.000.000/bulan dalam 6 bulan terakhir.

15. Kredit Mikro Bank Sinarmas

Bank Sinarmas menawarkan kredit mikro pinjaman untuk modal usaha kecil dan menengah. Kredit mikro ditujukan untuk tujuan modal kerja dan investasi (gudang, pembukaan cabang baru, mesin dan kendaraan). Kredit mikro ditawarkan dalam dua skema oleh Bank Sinarmas, yaitu :

  • Pertama, pinjaman SIMAS KUK dengan plafond 50 juta sd 500 juta dengan masa pinjaman 6 sd 60 bulan yang menawarkan bunga 0.90% sampai 1.25% per bulan.
  • Kedua, pinjaman SIMAS UKM dengan plafon 500 juta sd 2 M dengan masa pinjaman 6 sd 84 bulan yang menawarkan bunga 15% sd 17% per tahun.

Selain bunga, Sinarmas membebankan biaya provisi sebesar 1% dan biaya admin Rp200.000 sd Rp2.000.000. Pinjaman kredit mikro Bank Sinarmas bisa diajukan siapapun yang memiliki usaha, baik atas nama perorangan maupun badan hukum/usaha.

Pengajuan kredit bisa dilakukan lewat website Bank Sinarmas atau datang ke kantor cabang. Butuh proses 3 hari sejak dokumen lengkap untuk ada keputusan pinjaman diterima atau ditolak.

16. Jenius Flexi Cash

Jenius BTPN mengeluarkan produk dana tunai Flexi Cash, yaitu fasilitas pinjam uang dana tunai tanpa jaminan di aplikasi Jenius. Pengajuan kredit Jenius dilakukan secara online lewat aplikasi dan langsung cair ke rekening dalam 24 jam jika disetujui. Nasabah terpilih bisa mengajukan fasilitas pinjaman di Flexi Cash melalui aplikasi Jenius. Sistem kerja dana tunai Jenius seperti kartu kredit, yaitu :

  • Nasabah Jenius yang mendapatkan penawaran Flexi Cash di aplikasi mengajukan pinjaman dana tunai secara online dengan mengisi data data yang diminta.
  • Setelah pengajuan di proses dan disetujui oleh Jenius BTPN, nasabah mendapatkan kredit limit atau plafon kredit tanpa agunan yang bisa ditarik kapan saja dalam bentuk uang tunai.
  • Nasabah membayar cicilan sesuai tenor pinjaman yang dipilih. Nasabah bisa pula melunasi lebih cepat yang jika dilakukan akan mengembalikkan plafon limit kredit ke posisi semula yang bisa ditarik lagi di kemudian waktu.

Ada beberapa persyaratan dalam mengajukan pinjaman Flexi Cash : 1. Warga Negara Indonesia; 2. Berusia 21-50 tahun; 3. Memiliki KTP.

Plafon limit kredit maksimum sampai Rp 50,000,000 dengan masa cicilan pinjaman paling lama 36 bulan. Bunga ditetapkan dalam kisaran 1% sd 2% per bulan.

17. Home Credit Multiguna

Home Credit adalah perusahaan multifinance yang menawarkan pembiayaan multiguna dana tunai cicilan tanpa jaminan lewat aplikasi online dengan plafon Rp 3 juta, 5 juta, 10 juta sampai Rp 15 juta dan tenor max 42 bulan. Produknya adalah ’DONA’ – Dompet Online Multiguna HCI. Sebelum mengajukan, kamu harus memilih tujuan penggunaan dana tunai. Pilih dari daftar tujuan yang sudah disediakan dalam aplikasi. Setelah itu, masuk ke penentuan jumlah plafon pinjaman dan tenor masa pinjaman. Dana tunai tanpa jaminan ini memiliki fitur:

  • Plafon pinjaman dari Rp 3 juta sampai Rp 25 juta
  • Tenor pinjaman sampai 42 bulan

18. Amartha

Amartha adalah P2P Peer to Peer Lending fokus pada pinjaman modal usaha mikro di Indonesia. Amartha menawarkan pembiayaan mikro bagi penerima pinjaman berkelompok (group lending) dengan masa pinjaman atau jangka pelunasan 3, 6 dan 12 bulan dengan plafon mulai dari Rp 3.000.000.

Cara penawaran pinjaman di Amartha cukup unik, yaitu :

“Jika Anda perempuan dan penduduk di wilayah pelayanan kami, silahkan hubungi petugas layanan kami yang terdekat. Atau bila Anda tidak bermukim di area atau dekat layanan kami, silahkan hubungi Customer Support Amartha melalui telepon di 0078033212180 pada hari kerja pukul 9:00 – 17:00 WIB.”

Hal ini sesuai dengan persyaratan pengajuan kredit di Amartha yaitu :

  • Perempuan,
  • Diutamakan yang tinggal di daerah dengan keterbatasan akses terhadap lembaga keuangan atau perbankan,
  • Membentuk kelompok yang terdiri dari 15-20 orang,
  • Bersedia mengikuti pelatihan wajib kelompok, wajib hadir secara mingguan dalam pertemuan kelompok.

19. Tunaiku

Tunaiku adalah pinjaman tanpa jaminan secara cicilan menawarkan plafon tinggi 5 juta, 10 juta sampai 20 juta. Tunaiku dikelola perbankan sehingga resiko pinjaman yang selama ini dihadapi nasabah ketika berhadapan Fintech P2P relatif lebih kecil. Tunaiku adalah produk Bank Amar, salah satu bank kelas menengah di Indonesia, yang berupa pinjaman tanpa jaminan yang memberikan plafon tinggi dan bisa dicicil sampai 20 bulan. Fitur pinjaman ini adalah:

  • Plafon Pinjaman Rp 2,000,000 sampai dengan Rp 20,000,000
  • Cicilan tenor 6 bulan sampai dengan 20 bulan.

Ada dua perbedaan antara Tunaiku dengan kebanyakan Fintech dana tunai yang beredar, yaitu :

(1) Plafon pinjaman Tunaiku bisa 5 juta, 10 juta atau 20 juta untuk pinjaman pertama, sedangkan Fintech dana tunai paling besar memberikan plafon Rp 3 juta untuk pinjaman pertama;

(2) Tenor pinjaman Tunaiku mulai dari 6 bulan masa kredit, yang lebih lama di bandingkan fintech pinjaman yang rata rata memberikan masa pinjaman maksimum 30 hari.

20. Julo

Julo adalah salah satu penyedia pinjaman online dana tunai cicilan tanpa jaminan cepat cair. Salah satu keunggulannya, bunga pinjaman relatif rendah dibandingkan pinjaman online lain, diklaim bunga Julo 10% per bulan. Aplikasi pinjaman online Julo menawarkan beberapa produk, yaitu :

  • Julo Mini: pinjaman Rp 1,000,000 tenor 30 hari bunga 10% per bulan
  • Julo Cicilan: pinjaman Rp 8,000,000 tenor 3 – 6 bulan bunga 1.5% – 4% per bulan dan cashback (uang kembali) sebesar 2%!
  • JULO Agunan adalah opsi kredit dengan jaminan berupa BPKB motor, mobil, atau sertifikat rumah, apartemen atau tanah.

Syarat Pencairan Dana

Meskipun sudah disetujui pinjaman dan diverifikasi berhasil oleh Julo, masih ada satu langkah lagi yang harus selesaikan, yaitu tanda tangan elektronik perjanjian pinjaman dan rekaman suara persetujuan di aplikasi.

Kedua langkah ini, tanda tangan elektronik dan rekaman suara, ada batas waktunya, yaitu harus diselesaikan dalam waktu 3 hari sejak dikirimkan dan jika melewati batas waktu tersebut pengajuan pinjaman dibatalkan.

Artikel serupa

Leave a Comment