BukuKas Blog - Aplikasi Praktis untuk Pembukuan Online Shop

Aplikasi Pembukuan Online Shop yang Praktis dan Gratis!

Ngomongin pembukuan online shop,  beberapa tahun belakangan ini bisnis online di Indonesia mengalami kemajuan yang luar biasa pesat, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi internet, ditambah lagi dengan kemudahan untuk mengakses internet menggunakan perangkat mobile. Beragam produk barang dan jasa ditawarkan secara online. Perusahaan-perusahaan e-commerce terus bermunculan menawarkan kemudahan bagi konsumen untuk berbelanja tanpa harus pergi kemana-mana. Cukup dengan perangkat mobile dan akses internet dalam genggaman. Kemudahan ini juga sedikit banyak mengubah karakter para konsumen yang mulai memilih untuk membeli berbagai kebutuhan mereka lewat online shop ketimbang berbelanja secara konvensional.

Melihat perkembangan tersebut, mendirikan online shop saat ini jadi pilihan berbisnis bagi banyak orang, baik itu sebagai pekerjaan sampingan untuk mendapatkan tambahan penghasilan, maupun sebagai sumber pendapatan utama.

Berjualan dengan sistem online dianggap lebih efektif dan memiliki jangkauan lebih luas dibandingkan dengan berjualan secara konvensional. Selain itu, berjualan online bisa menghemat biaya karena tidak perlu menyewa tempat untuk berjualan.

Apapun bidangnya, usaha online sangat menjanjikan untuk bisa menghasilkan pendapatan yang besar bila benar-benar dijalankan dengan fokus dan maksimal.

Mungkin kamu sudah sering melihat atau mendengar cerita kesuksesan orang-orang yang menjalankan bisnis online, yang bisa menghasilkan uang jutaan atau bahkan milyaran setiap bulannya. Buat orang-orang yang punya jiwa pengusaha dan ingin segera memulai bisnis tanpa memikirkan tempat usaha, mendirikan usaha online pasti akan jadi pilihan mereka.

Di zaman serba digital ini, melakukan transaksi secara online dianggap lebih fleksibel dan praktis. Meskipun banyak kejadian penipuan oleh para oknum pelaku bisnis online shop, tapi popularitas bisnis online terus meningkat, dan karenanya makin diminati banyak orang. Bisnis online shop tidak hanya digeluti oleh perseorangan. Perusahaan-perusahaan berskala besar pun bahkan memanfaatkan jaringan online agar jangkauan bisnisnya makin luas.

Buat kamu yang akan memulai berbisnis online, atau yang sudah menjalaninya, pasti akan berurusan dengan pengelolaan keuangan. Agar dapat memantau perkembangan bisnis dan kondisi keuangan, maka pembukuan online shop kamu merupakan hal yang penting untuk dilakukan, tidak terkecuali bagi para pemilik online shop perseorangan yang bisnisnya masih berskala kecil.

Apa pentingnya pembukuan keuangan untuk online shop kamu?

Untuk memastikan pengelolaan keuangan bisnis online shop kamu berjalan dengan baik, kamu harus menyusun pembukuan keuangan yang baik. Tidak perlu menjadi ahli akuntansi untuk bisa menyusun pembukuan sederhana. Secara umum, ada beberapa jenis catatan yang diperlukan dalam menyusun pembukuan.

  • Pembukuan untuk estimasi arus kas awal
  • Pembukuan secara khusus untuk pemasukan
  • Pembukuan khusus untuk pengeluaran
  • Pembukuan catatan stok barang
  • Pembukuan laba-rugi
  • Catatan inventaris barang

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh para pemilik online shop yang baru memulai usaha adalah mengabaikan pembukuan keuangan online shop nya. Ada yang hanya fokus pada produk dan pemasaran saja tanpa memperhatikan arus kas yang masuk setiap harinya. Terlebih jika sudah mendapatkan omset yang cukup tinggi, ada yang mengabaikan pembukuan usaha yang semestinya disusun sejak awal. Ada pula yang walaupun menganggap bahwa pembukuan itu penting, tapi merasa bahwa itu rumit, sehingga tidak menjadi prioritas dan malahan ditunda-tunda pengerjaannya.

BukuKas - Seorang Gadis Sedang Sibuk Mengoperasikan Smartphonenya

Pembukuan keuangan usaha ini penting dan harus diperhatikan sejak awal kamu memulai bisnis, karena ketika usahamu berkembang dan pembelian semakin banyak, maka jumlah transaksi akan semakin besar. Omset usaha kelihatannya memang besar, tetapi belum tentu tersedia uang cash yang besar. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, kamu bisa meningkatkan profit online shop-mu secara maksimal.

Selain untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis secara akurat, pembukuan keuangan online shop yang baik juga membantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat untuk bisnismu dan dapat menghindarkan kamu dari kecurangan keuangan dalam bisnismu. Dan jika suatu saat online shopmu berkembang dan kamu ingin mendapatkan tambahan modal, pembukuan keuangan sederhana yang baik dapat meyakinkan investor.

Gimana caranya membuat pembukuan online shop?

Untuk perusahaan yang berskala besar, pembukuan keuangan biasanya diserahkan pada seorang akuntan profesional, yang sudah memiliki pengalaman dan keahlian dalam menyusun pembukuan keuangan perusahaan selama bertahun-tahun. Mereka sudah mengerti betul bagaimana membuat rinciannya, mulai dari yang sederhana hingga yang rumit dan detail.

Sebaliknya, perusahaan skala kecil banyak yang menyerahkan pembukuan keuangannya pada mereka yang kurang kompeten. Hal ini mungkin saja terjadi karena mereka tidak mampu menanggung cost yang cukup tinggi untuk menggaji atau menyewa seorang akuntan profesional, sehingga mereka menggunakan jasa yang sesuai budget mereka.

BukuKas - Seorang Gadis Sedang Berdiskusi dengan Seorang Akuntan Freelance Soal Pembukuan Online Shop nya

Buat kamu yang menjalani usaha online shop dan memanfaatkan marketplace sebagai sarana menjual produk-produk kamu, kamu pasti butuh beberapa macam informasi untuk menyusun pembukuan. Informasi yang dibutuhkan tidak hanya mengenai penjualan saja, tapi juga informasi tentang pengeluaran, misal biaya pengiriman, packaging, promosi, dan biaya-biaya lainnya.

Beberapa marketplace memang sudah menyediakan fitur untuk mencatat penjualan, tapi pada umumnya kemampuan fitur-fitur tersebut hanya sebatas itu. Padahal, kamu pasti perlu tools untuk membantu kamu membuat analisa dan membuat laporan keuangan yang baik dan benar, kan?

Trus, solusinya gimana dong..?

Bagaimana solusinya supaya kamu terbantu dalam menyusun pembukuan yang lengkap dan akurat untuk bisnis online shop-mu, tetapi praktis dan pastinya nggak bikin kamu bingung?

Kamu bisa menggunakan BukuKas, aplikasi pembukuan keuangan gratis yang bisa kamu download di Play Store. Dengan aplikasi akuntansi digital ini, kamu bisa memonitor transaksi keuangan, laporan keuangan, dan mengetahui keuntungan dari bisnismu setiap saat.

BukuKas akan sangat membantu kamu dalam mengelola online shop-mu sehingga bisa lebih berkembang, dengan tersedianya berbagai fitur mulai dari pencatatan hingga pembuatan laporan keuangan.

Fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi BukuKas membantu mengelola keuangan online shop-mu sehingga kamu bebas dari ribetnya menghitung secara manual, sehingga kamu punya lebih banyak waktu untuk mengelola usahamu secara efisien. Dan yang paling penting, meskipun ini aplikasi digital, data kamu bakalan tersimpan dengan aman. Kamu tidak akan mengalami kehilangan data jika kamu menggunakan aplikasi ini. Semua data transaksi keuangan yang kamu masukkan akan tersimpan secara otomatis di Cloud Server pihak ketiga, dan BukuKas menjamin kerahasiaannya.

Apa saja keuntungan dan fitur-fitur BukuKas?

Sebagai aplikasi digital yang sangat mendukung perkembangan bisnis UMKM, BukuKas memberi banyak kemudahan, apalagi bagi kamu yang baru memulai bisnis kecil-kecilan, termasuk mengelola online shop. Ini nih, beberapa kemudahan yang bisa kamu dapatkan kalau kamu menggunakan aplikasi ini:

1. Mudah mengatur arus kas

Beragam fitur di BukuKas akan memudahkan kamu mencatat transaksi penjualan, transaksi pengeluaran dan hutang piutang. Dengan memiliki catatan keuangan yang terorganisir, kamu dapat mengatur dan memonitor arus kas bisnismu 100%.

2. Menambah Untung

Kalau kamu pakai aplikasi BukuKas, kamu bisa langsung mengetahui keuntunganmu di setiap transaksi  yang kamu lakukan, sehingga untuk selanjutnya kamu bisa merencanakan keuangan online shop-mu dengan lebih baik.

3. Bisa menghitung secara otomatis

Jika kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur dalam BukuKas, kamu akan terbebas dari kerumitan menghitung secara manual. Semua angka akan dihitung secara otomatis begitu kamu melakukan input data. Penghitungan akan lebih akurat, praktis dan cepat

4. Menghemat waktu

Serahkan saja pengaturan keuangan online shop-mu pada aplikasi BukuKas, maka kamu akan lebih bebas mengatur waktu untuk mengurus hal-hal lain dalam menjalankan bisnis online shop-mu, berkumpul bersama keluarga tercinta dan melakukan hal-hal lain yang kamu sukai.

Berikut beberapa fitur dalam aplikasi BukuKas yang dapat memberikan benefit buat kamu para pemilik dan pengelola online shop:

1. Laporan Keuangan

Fitur ini memudahkan kamu untuk memonitor performa usaha kamu secara berkala, baik itu per hari, per minggu, maupun per bulan. Aplikasi BukuKas menyediakan tiga jenis laporan keuangan yang dapat kamu unduh dan cetak sesuai dengan kebutuhan.

2. Catat Pemasukan

Dengan fitur ini, kamu bisa mencatat transaksi penjualan secara detil. Kamu bisa memaksimalkan penggunaan fitur ini dengan melengkapinya dengan informasi rinci, seperti modal pembelian barang, jenis barang, foto bon, metode pembayaran dan keperluan transaksi.

3. Catat Pengeluaran

Agar pengeluaran kamu terkontrol, fitur ini bisa membantumu untuk mencatat pengeluaran kamu secara rinci. Supaya kamu bisa dapat benefit yang maksimal dari penggunaan fitur ini, lengkapi catatan pengeluaranmu dengan informasi yang dibutuhkan, misalnya foto bon, metode pembayaran, dan keperluan transaksi.

4. Hutang Piutang

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mencatat transaksi hutang piutang bisnis online shop-mu secara detil agar pembayarannya terkontrol. Fitur ini dilengkapi dengan pengingat pembayaran hutang via WhatsApp agar pelunasannya tepat waktu.

5. Multibook

Dengan fitur Multibook, kamu bisa melakukan pencatatan pembukuan transaksi keuangan beberapa usahamu di pembukuan secara terpisah, dan mendapatkan laporan keuangan terpisah juga untuk setiap usahamu. Para reseller, dropshipper dan pelaku bisnis online biasanya menjual produknya di beberapa kanal e-commerce. Kamu bisa memisahkan penjualan dan biaya operasional yang dikeluarkan untuk setiap kanal e-commerce di pembukuan terpisah dengan fitur ini.

6. Kartu Nama Digital

Fitur ini bisa membantumu untuk memiliki kartu nama digital untuk bisnismu sendiri, yang akan memudahkan kamu untuk mempromosikan online shop milikmu ke pelanggan. Kartu nama digital ini bisa kamu bagikan lewat chat WhatsApp dan akun media sosialmu. Selain itu, jika kamu mengelola online shop di lebih dari satu marketplace, kamu bisa membuat kartu nama digital yang terpisah untuk masing-masing online shop-mu dengan fitur Multibook.

Kalau kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur tersebut, kamu pasti bisa mendapatkan benefit seperti berikut ini:

  • Mendapatkan catatan pendapatan bersih dari e-commerce.
  • Membantu mem-backup data transaksi atau laporan penjualan
  • Fleksibilitas dalam pencatatan pemasukan, di mana saja dan kapan saja. Kamu tidak perlu ribet harus bawa buku kas manual, pulpen dan laptop.
  • Mengetahui jumlah keuntungan dari setiap penjualan dan laporan keuangan harian, mingguan dan bulanan.

FYI nih ya, sejak resmi diluncurkan dan dapat diunduh secara gratis mulai November 2019, fitur BukuKas ini telah digunakan oleh lebih dari 400.000 UMKM yang meliputi berbagai kategori, termasuk online shop.

Nunggu apa lagi..?

Berdasarkan testimoni dari para pelaku online shop yang sudah menggunakan aplikasi catatan keuangan BukuKas, aplikasi ini sangat membantu dalam menjalankan bisnis mereka, karena memudahkan dalam memantau penjualan, pengeluaran, dan menyusun pembukuan secara keseluruhan, praktis, aman, akurat dan gratis, di mana saja dan kapan saja dari handphone mereka.

Artikel serupa

Leave a Comment