Blog BukuKas - 10 Bisnis Waralaba Modal Kecil Paling Menjanjikan

10 Bisnis Waralaba Modal Kecil Paling Menjanjikan

Banyak orang memiliki keinginan untuk merintis suatu bisnis, namun masih ragu karena terkendala berbagai hal, misalnya bingung dengan hal-hal yang berkaitan dengan operasional suatu usaha. Jika demikian halnya, maka bisnis yang cocok adalah bisnis waralaba yang memberikan kemudahan bagi seseorang untuk menjalankannya.

Waralaba adalah bentuk usaha yang memberikan lisensi kepada pihak lain untuk menggunakan atau memanfaatkan hak kekayaan intelektual suatu produk.

Pihak pemberi franchise atau franchisor memberikan hak kepada individu maupun bisnis untuk memanfaatkan merek, prosedur, peralatan, dan bahan baku dalam jangka waktu tertentu. Secara sederhana, kita sebagai pembeli franchise atau waralaba tinggal menjalankan bisnisnya saja.

Konsep ini sangat memungkinkan seseorang yang punya modal tapi minim pengalaman untuk bisa memiliki sebuah usaha yang menguntungkan, karena menjalankan waralaba berarti tak perlu membangun bisnis dari awal.

Segala sesuatunya sudah disiapkan oleh pihak pemilik waralaba, dari mulai peralatan, bahan baku, strategi pemasaran sampai pelatihan karyawan semua sudah tersedia. Karena itulah, model bisnis ini cocok bagi para pemula mengingat persiapannya yang lebih simpel dibandingkan memulai sendiri semuanya dari awal, dan resikonya pun relatif lebih kecil.

Peluang-Peluang Usaha Waralaba

Besar biaya untuk menjalankan usaha waralaba sangat beragam, murah atau mahal adalah hal yang relatif, karena perlu dilihat dari potensi bisnisnya untuk jangka panjang. Harga usaha waralaba biasanya berkisar puluhan juta hingga milyaran.

Bagi yang memiliki modal besar, membeli suatu waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah, tetapi tidak demikian halnya dengan calon pengusaha yang memiliki modal terbatas. Namun saat ini telah banyak bermunculan usaha waralaba lokal yang membutuhkan modal yang lebih kecil, bahkan ada yang tidak sampai Rp 10 juta.

Berikut contoh 10 usaha waralaba yang bisa dijalankan dengan modal yang relatif tidak terlalu besar namun menguntungkan.

1. Ayam Goreng Crispy

Ayam goreng crispy atau populer dengan sebutan fried chicken sudah menjadi makanan favorit masyarakat, terbukti dengan banyaknya outlet ataupun restoran yang menawarkan produk ini, termasuk yang berupa usaha waralaba. Dengan modal sekitar Rp 16 hingga 20 juta, kamu akan dibimbing dan dipantau perkembangan bisnisnya selama beberapa bulan. Jika bisnisnya sukses, potensi omzet yang bisa kamu dapatkan mencapai puluhan juta. Bisnis ini berpeluang besar untuk sukses mengingat banyaknya peminat makanan yang satu ini.

BukuKas - Waralaba Ayam Goreng Crispy

2. Minuman Kekinian

Membuka gerai minuman yang sedang populer, misalnya thai tea, bubble tea dan sejenisnya, bisa menjadi ladang usaha dengan keuntungan yang menjanjikan, mengingat masyarakat sangat menggemari minuman ini. Biasanya, pemilik waralaba akan menyediakan fasilitas booth atau counter dan mesin brewer otomatis. Ada belasan hingga puluhan jenis minuman yang ditawarkan dalam menunya. Pembeli waralaba diharuskan membayar royalti sekian persen dan membeli sebagian bahan-bahan tertentu dari pemilik waralaba.

BukuKas - Waralaba Miuman Kekinian

3. Kedai Kopi

Bisnis kedai kopi termasuk bisnis yang sedang populer belakangan ini. Jenisnya pun beragam, ada yang menyediakan tempat yang nyaman dengan konsep co-working space, hingga yang murah meriah dengan menggunakan booth. Bahkan ada yang waralabanya hanya bermodalkan Rp 10 juta saja. Selain harus berkomitmen tinggi untuk berkembang bersama seperti halnya usaha waralaba lainnya, pembeli biasanya diwajibkan mencari lokasi usaha dan membeli bahan baku dari pusat.

BukuKas - Waralaba Kedai Kopi

4. Bimbingan Belajar untuk Anak-Anak

Untuk yang memiliki minat terhadap dunia pendidikan anak-anak, usaha ini bisa jadi pilihan yang tepat. Biasanya bimbingan belajar menyediakan beberapa macam program untuk anak, yaitu belajar membaca, menulis dan berhitung (calistung), bahasa Inggris, belajar membangun kreativitas, serta pembinaan karakter. Memang ada yang bermodal hingga ratusan juta, namun ada pula yang menawarkan kemitraan dengan harga dibawah Rp 10 juta saja.

BukuKas - Waralaba Bimbel

5. Pertamini

Pom bensin mini sudah menjadi salah satu jenis usaha yang cukup banyak diminati selain waralaba makanan dan minuman kekinian. Terbukti dengan menjamurnya bisnis ini di kota-kota besar. Ada beberapa jenis paket waralaba yang ditawarkan, yang berkisar dari Rp 9 juta hingga Rp 20 jutaan. Perbedaannya yaitu pada jenis booth dan mesin pom bensinnya.

BukuKas - Waralaba Prttamini

6. Es Krim

Ada beberapa perusahaan produsen es krim dengan merk yang sudah terkenal yang menawarkan kemitraan pada UMKM dengan modal kecil. Hanya dengan modal sekitar Rp 10 juta, pembeli waralaba sudah mendapatkan booth, dan tidak perlu khawatir dengan cita rasa es krimnya karena sudah teruji. Dari modal tersebut, sebagian digunakan untuk pembelian peralatan, dan sebagian lainnya untuk biaya sewa freezer serta untuk deposit produk atau untuk jaminan yang sifatnya refundable.

BukuKas - Waralaba Es Krim

7. Crepes dan Waffle

Crepes dan waffle termasuk jenis snack favorit yang biasanya diminati     anak-anak dan remaja. Usaha waralaba semacam ini biasanya berlokasi di mall. Mengingat populernya makanan ini di Indonesia, tak heran jika sudah banyak brand yang sukses mengembangkan bisnis ini dengan sistem waralaba. Biasanya, pemilik waralaba menyediakan beberapa jenis kemitraan yang bisa dipilih, disesuaikan dengan kondisi keuangan pembeli waralaba. Ada yang menargetkan pembeli menengah ke bawah, dan ada pula yang menyasar konsumen menengah ke atas  untuk booth atau outlet yang berlokasi di pusat perbelanjaan. Investment fee yang dibayarkan digunakan untuk stok bahan baku awal, lisensi penggunaan brand dan investasi peralatan dapur serta fasilitas penunjang lainnya.

BukuKas - Waralaba Crepe

8. Ekspedisi

Bisnis ekspedisi barang berkembang pesat seiring dengan meningkatnya tren jual beli secara online. Berdasarkan proyeksi Kementerian Komunikasi dan Informatika, transaksi e-commerce diprediksi akan meroket hingga US$130 miliar pada tahun 2030.

BukuKas - Waralaba Ekspedisi

Tentu hal tersebut menjadi peluang bisnis bagus. Beberapa perusahaan ekspedisi besar pun mulai menawarkan sistem waralaba bagi mereka yang ingin bermitra, dengan paket kemitraan yang dimulai dari harga Rp 5 juta saja, sudah termasuk neon box, pamflet, seragam, akses ke jaringan pusat, timbangan digital, serta mengurus perjanjian serta dana promosi. Untuk paket yang lebih mahal, biasanya pembeli waralaba akan mendapatkan laptop dan printer.

9. Laundry

Kehidupan masyarakat yang sibuk menuntut segala sesuatu bisa dilakukan dengan praktis dan cepat. Hal ini mendatangkan peluang bagi banyak usaha, salah satunya laundry, baik laundry pakaian, maupun laundry yang mengkhususkan pada jasa mencuci tas dan sepatu. Untuk bisa menjalankan bisnis waralaba di bidang ini, kamu membutuhkan modal sekitar Rp 15 juta hingga Rp 30 juta untuk mendapatkan berbagai peralatan yang dibutuhkan dan deterjen serta bahan-bahan pembersih lainnya.

BukuKas - Waralaba Laundry

10. Air Minum Isi Ulang

Meskipun tidak terdengar kekinian, bisnis air isi ulang terus berkembang, mengingat kebiasaan dalam rumah tangga masyarakat perkotaan yang menginginkan serba praktis. Kebutuhan yang tinggi terhadap air isi ulang mendatangkan peluang bisnis yang menjanjikan, bahkan hingga sistem usahanya dikembangkan dalam bentuk waralaba.

BukuKas - Waralaba Depot Air Minum Isi Ulang

Untuk bisa bergabung dengan usaha waralaba ini, pembeli lisensi diharuskan menyediakan lokasi berupa ruangan dengan ukuran tertentu, serta mempekerjakan beberapa orang karyawan.

***

Meskipun sistem waralaba menawarkan berbagai kemudahan dibandingkan dengan usaha yang kita mulai sendiri dari nol, tetap dibutuhkan kerja keras, ketekunan dan konsistensi untuk menjalankannya. Bagaimana agar usaha waralaba yang dijalankan bisa sukses? Ada beberapa tips yang perlu dipertimbangkan agar bisnis waralaba bisa berjalan sukses.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Memilih Jenis Franchise yang Sesuai dengan Minat

Menjalankan suatu bisnis memang lebih menyenangkan saat sesuai dengan minat kita sendiri. Bila kita bisa menikmati menjalankan bisnis tersebut, maka kemungkinan besar kita bisa berhasil. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah bidang usaha waralaba yang sesuai dengan minat kita, dan pertimbangkan juga prospeknya.

  • Cari lokasi strategis

Lokasi merupakan hal yang sangat penting, terutama bagi waralaba bidang makanan dan minuman. Lakukan survei lokasi guna mengetahui seberapa ramai tempatnya dan segmentasi pasar seperti apa yang bisa ditargetkan di sana. Selain itu, penting juga untuk mencari tahu lokasi kompetitor usaha jenis di tempat tersebut. Franchisor yang baik biasanya melarang pihak pembeli franchise membangun usaha ditempat yang berdekatan dengan mitra sebelumnya.

  • Pelajari bisnis yang akan dijalani

Walaupun kesannya mudah, usaha waralaba juga memiliki sejumlah hambatan. Dari pihak franchisor, seringkali terkendala pengiriman bahan baku sehingga menghambat operasional. Belum lagi biaya franchise fee yang setelah dihitung-hitung bisa jadi cukup memberatkan. Karena itu, penting banget sebagai pembeli franchise untuk mempelajari bisnis waralaba yang akan dijalani secara menyeluruh.

  • Siapkan modal dengan menabung

Besarnya modal untuk memulai suatu usaha waralaba sudah cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk sebuah waralaba dimulai dari Rp5 juta. Bila kamu adalah seorang karyawan yang berniat membangun usaha ini, tidak ada salahnya mulai menabung untuk mengumpulkan modal.

  • Kembangkan dengan strategi marketing sendiri

Segala sesuatunya memang sudah dibuat sistemnya oleh franchisor, namun tetap saja kesuksesan bisnis ada di tangan kamu sendiri sebagai pembeli franchise. Kamu bisa melakukan improvisasi pada bagian tertentu agar bisnis waralaba kamu lebih sukses. Membuat promo di awal-awal pendirian usaha misalnya, bisa menjadi strategi yang bisa kamu kembangkan sendiri.

Artikel serupa

3 Comments

Leave a Comment