Blog BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari

Ini Dia, 20 Bisnis yang Laku Setiap Hari Beserta Tipsnya

Setiap pelaku usaha tentu mengharapkan barang atau jasa yang ditawarkannya laku diserbu konsumen atau pelanggan setiap hari, terlebih untuk usaha skala mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang baru mulai dirintis. Kecepatan perputaran uang menjadi salah satu ukuran keberhasilan usaha tersebut. Semakin lambat perputaran uangnya, maka resiko usaha tersebut untuk mengalami kerugian juga semakin besar. Apa saja jenis bisnis yang laku setiap hari? Simak penjelasannya dalam artikel berikut.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Setiap usaha pasti membutuhkan proses untuk berkembang. Belum tentu usaha tersebut bisa langsung memberikan keuntungan pada beberapa bulan pertama. Bisa jadi keuntungan sudah didapat, tetapi masih harus diputar lagi untuk membiayai operasional usaha atau membeli berbagai keperluan usaha tersebut karena kondisi keuangan usaha yang masih minim.  

Namun yang jelas, ada beberapa bidang usaha yang menjual produk yang dibutuhkan oleh konsumen atau pelanggan setiap hari, terutama yang berhubungan dengan kebutuhan pokok, diantaranya makanan dan pakaian. Bidang usaha seperti kuliner dan berbagai macam jasa masih menjadi yang paling dibutuhkan selama ini. 

Karena produk atau jasanya selalu dicari orang, maka tak heran kalau banyak wirausaha yang memilih bidang tersebut untuk dijadikan ladang menuai keuntungan. Dengan demikian, persaingan usaha di dalamnya pun ketat. Setiap pelaku bisnis akan berusaha untuk bertahan dan memenangkan persaingan dengan memberikan produk dan layanan yang terbaik bagi pelanggannya dan terus berinovasi. 

Kalau kamu berencana memulai suatu bisnis yang laku setiap hari dan mencari peluang usaha apa yang cepat laku? Kamu bisa memilih bidang-bidang tersebut, mulai dari usaha makanan dengan berbagai jenisnya (masakan, kue, makanan ringan, dan sebagainya) hingga berbagai usaha jasa, walaupun tidak ada jaminan jika kamu memilih bidang usaha tersebut maka akan cepat meraup untung besar. Kamu tetap harus menjalankan usaha tersebut dengan penuh kreativitas dan inovasi. 

20 bisnis yang laku setiap hari yang diuraikan di bawah ini perputaran uangnya relatif cepat, sehingga bisa dijadikan inspirasi buat siapapun yang hendak memulai bisnis baru.

Jualan Sembako

Unit usaha yang menyediakan bahan pokok pasti akan dicari pelanggan setiap hari, apa pun bentuk usahanya, baik itu hanya berupa warung kecil maupun toko kelontong yang tradisional di kawasan pemukiman hingga swalayan yang lebih besar dan modern. Barang yang disediakan tentunya adalah bahan-bahan pokok yang dibutuhkan, termasuk beras, minyak goreng, gula, dan sebagainya.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Sembako

Usaha toko kelontong biasanya jadi pilihan bagi para ibu rumah tangga, yang ingin mendapatkan penghasilan namun tanpa meninggalkan tugas rumah tangga sehari-hari dan mengurus keluarganya.

Untuk yang berlokasi di komplek perumahan atau di pemukiman padat, toko kelontong biasanya dapat menarik penduduk sekitar untuk menjadi pelanggan tetap. Mereka pun akan terbantu karena dapat dengan mudah membeli berbagai kebutuhan pokok mereka sehari-hari tanpa harus pergi jauh.

Jualan Menu Sarapan

Pagi hari adalah waktu yang tersibuk bagi banyak orang, karena mereka harus bergegas untuk memulai berbagai aktivitas. Para pekerja harus segera berangkat ke tempat kerja masing-masing. Orang tua pun harus menyiapkan anak-anak mereka untuk pergi ke sekolah, sehingga banyak yang tidak sempat memasak sendiri untuk sarapan.  Tak jarang sarapan pun terlewatkan atau hanya seadanya saja.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Menu Sarapan

Kondisi ini bisa dimanfaatkan menjadi peluang bisnis yang laku setiap hari dengan membuka usaha sendiri di rumah, yaitu berjualan menu sarapan yang biasanya diminati banyak orang, misalkan nasi kuning, nasi uduk, bubur ayam, lontong sayur, soto, nasi pecel, ataupun nasi dengan berbagai macam sayur dan lauk pauk.

Usaha ini tidak membutuhkan modal besar, mungkin hanya sekitar Rp  2 hingga 3 juta saja untuk memulai. Selain butuh modal, kamu hanya perlu terampil dalam memasak makanan yang lezat. Memang sudah banyak orang yang membuka usaha semacam ini, tetapi tidak ada salahnya mencoba dengan sesuatu yang lebih baik atau lebih unik ketimbang yang sudah ada, karena peluangnya selalu ada.

Jualan Kue Basah

Seperti halnya menu sarapan, kue basah pun biasanya ramai didatangi pembeli di pagi hari. Berjualan berbagai macam kue basah atau kue jajan pasar bisa menjadi pilihan usaha bagi yang hobi membuat kue. Kalaupun tidak membuat sendiri, siapapun bisa membuka usaha ini dengan menjual berbagai kue buatan orang lain dalam satu lokasi usaha.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Kue Basah

Selain ‘menggelar lapak’ setiap hari di suatu tempat, atau bahkan di depan rumah pun bisa, ada baiknya juga pemilik usaha juga menerima pesanan kue basah, baik jajanan modern maupun tradisional, untuk berbagai acara, seperti arisan, gathering, ulang tahun, rapat, seminar, dan sebagainya.

Jualan Makanan di Sore/ Malam Hari

Banyak orang yang mencari jajanan di sore hari sebagai makanan selingan untuk dikonsumsi di waktu setelah makan siang hingga menjelang waktu makan malam. Beberapa jenis makanan yang banyak dicari di jam-jam seperti ini antara lain gorengan, martabak, roti bakar, dan lain sebagainya.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Jajanan Malam Hari

Selain jajanan untuk sore hari, banyak pula orang yang mencari makanan di luar untuk makan malam karena berbagai alasan. Bisa jadi karena makanan yang tersedia di rumah sejak pagi sudah habis saat makan siang, mungkin juga karena di sore harinya mereka tidak sempat memasak untuk makan malam, dan sebagainya. 

Menu makanan yang biasanya jadi favorit untuk makan malam antara lain nasi goreng, sate, ayam goreng, ayam bakar, soto dan sebagainya. Tentu saja ini menjadi kesempatan usaha bagi siapapun yang bisa memanfaatkannya, dengan mempertimbangkan peluang di daerah masing-masing.

Katering Masakan Rumahan

Kesibukan sehari-hari dan pola hidup yang serba praktis membuat banyak orang jarang memasak sendiri untuk sehari-hari, terlebih orang-orang yang bekerja dengan office hours. Situasi ini bisa dijadikan peluang bisnis, yaitu dengan menawarkan katering harian dengan menu masakan rumahan. Katering jenis ini pada dasarnya menyiapkan masakan untuk pelanggan yang tidak sempat memasak sendiri, tetapi menginginkan pilihan menu tertentu yang tidak tersedia di warung nasi.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Katering Masakan Rumah

Selain itu, target pelanggan untuk usaha ini adalah mereka yang ingin masakan rumahan yang higienis, yang bisa dikirim ke rumah setiap hari, sehingga mereka tidak perlu repot pergi keluar rumah. BIsa jadi, pelanggan jenis ini adalah mereka yang memiliki anak-anak atau merawat manula di rumahnya, namun tidak bisa atau tidak sempat memasak sendiri.  

Katering jenis ini bisa juga melayani permintaan khusus, misalnya menyiapkan makanan khusus untuk bayi (MPASI) dan balita, serta makanan khusus untuk orang yang sedang menjalani pola diet tertentu.

Warung Nasi

Jika masakan katering dianggap lebih mahal dan eksklusif, maka masakan rumahan yang harganya lebih ramah di kantong adalah masakan warung nasi, atau banyak yang menyebutnya warteg. Harganya murah dan pilihannya banyak, itulah alasan orang membeli makanan di warung nasi. Dengan banyaknya pilihan lauk pauk yang tersedia, maka usaha warung nasi ini bisa menjangkau target pelanggan yang seleranya bermacam-macam.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Warung Nasi

Seperti yang sering terlihat di banyak tempat, warung nasi yang menjual berbagai pilihan menu selalu ramai dikunjungi pembeli, asalkan rasanya enak dan harganya terjangkau. Usaha ini akan lebih laris lagi jika bisa buka dari pagi hingga malam hari, dengan menambahkan masakan baru pada jam-jam tertentu.

Jualan Bakso

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan yang satu ini? Ya, bakso memang makanan favorit banyak orang. Makanan ini tersedia dalam berbagai bentuk usaha kuliner, mulai dari gerobak atau tenda pinggir jalan, warung makan sederhana, hingga restoran. Bakso juga pastinya mudah ditemui di banyak daerah di Indonesia. Di setiap kota, pasti ada yang berjualan bakso, dengan rasa dan keunikannya masing-masing.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Bakso

Maka tak heran kalau usaha berjualan bakso banyak dipilih untuk sebagai jenis usaha kuliner oleh para wirausaha, karena walaupun persaingannya ketat, tetapi target konsumennya selalu ada di setiap daerah, asalkan pelaku usaha mampu melihat peluang dengan mempertimbangkan lokasi, harga dan sebagainya.

Jualan Sayur/ Daging/ Bahan Masakan

Setiap hari, pasti ada banyak orang yang membutuhkan bahan masakan, yaitu berupa sayuran segar, daging sapi/ayam, ikan dan berbagai seafood lainnya, untuk dimasak. Di setiap daerah, terutama di daerah pemukiman, pasti tersedia usaha semacam ini, mulai dari warung, gerobak, hingga tukang sayur keliling. Usaha berjualan bahan masakan juga tentunya dilengkapi dengan menjual bumbu dapur dan berbagai bahan mentah lainnya untuk dimasak. Maka, usaha yang satu ini pasti akan laku dicari pembeli setiap hari.  Yang perlu dipastikan adalah bahan-bahan yang dijual harus segar setiap hari agar tidak mengecewakan pelanggan.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Sayuran

Jualan Buah-Buahan

Selain usaha sayuran segar dan bahan mentah lainnya untuk dimasak, berjualan buah-buahan segar juga bisa dibilang sebagai usaha yang laku setiap hari. Buah-buahan yang tersedia biasanya ada yang merupakan buah musiman, yang hanya ada pada periode tertentu, serta jenis buah-buahan lainnya yang bisa tersedia sepanjang tahun.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Buah-Buahan

Untuk menjalankan usaha ini, pemilik usaha haruslah memiliki supplier yang bisa diandalkan untuk memastikan pasokan buah segar selalu tersedia. 

Selain menjual buah-buahan segar, usaha ini juga bisa dilengkapi dengan usaha lain yang berkaitan, misalkan kios jus, yang menyediakan berbagai jus buah-buahan.

Jualan Pulsa, Paket Data Internetdan PPOB

Hampir setiap orang memiliki handphone saat ini, bahkan satu orang mungkin memiliki lebih dari satu perangkat komunikasi mobile ini. Hal itu berarti mereka akan selalu membutuhkan pulsa dan paket internet untuk menghubungi keluarga, teman, saudara dan rekan kerja, serta membutuhkan paket data untuk mengakses internet.  Selain itu, pulsa dan paket internet saat ini juga banyak dibutuhkan untuk berjualan online, video call, online chatting, mengakses media sosial, streaming, dan lain sebagainya.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Pulsa dan Paket Internet

Usaha ini bisa dimulai dengan modal awal beberapa ratus ribu saja. Cukup dengan  memasang spanduk dan etalase kecil di depan rumah, maka para pelanggan bisa melihat dan mendatangi rumahmu saat mereka butuh pulsa dan paket internet. Kamu juga bisa berjualan aksesoris handphone, menawarkan servis handphone untuk kerusakan yang ringan, dan juga sekaligus menyediakan layanan Payment Point Online Bank (PPOB) seperti pembayaran tagihan listrik, air, iuran BPJS, internet, cicilan barang-barang, dan lain-lain.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Laundry

Usaha jasa mencuci pakaian ini terbukti bukan cuma peluang usaha yang musiman, karena dibutuhkan orang setiap hari. Kemunculannya bahkan semakin menjamur, tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi juga di pemukiman padat penduduk yang terletak di pinggiran kota. Usaha ini biasanya selalu ada di daerah di mana terdapat banyak tempat kost dan rumah kontrakan.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Laundry

Semakin padatnya aktivitas masyarakat, yang menjadikan mereka lebih membutuhkan jasa mencuci, membuat usaha laundry ini terus berkembang. Buat orang-orang dengan tingkat kesibukan yang tinggi, mencuci pakaian bisa jadi persoalan tersendiri, karena membutuhkan waktu untuk proses mencuci, menjemur dan menyetrika yang sangat menguras tenaga. Mereka tidak punya cukup waktu untuk mengurus tumpukan pakaian kotor mereka, sehingga perlu bantuan untuk menjadikannya kembali rapi, wangi, dan siap dipakai tanpa harus repot mengerjakan semua itu sendiri.  

Usaha jasa mencuci pakaian ini biasanya menerapkan tarif per kilogram baju yang akan dicuci. Dengan semakin banyaknya usaha laundry, maka setiap pemilik usaha pasti ingin menarik minat pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik, misalnya dengan menyediakan jasa menjemput pakaian di rumah pelanggan, dan mengantarkannya kembali ke rumah pelanggan ketika pakaian tersebut sudah bersih, rapi, dan wangi.

Minimarket

Minimarket atau convenience store biasanya tersedia di jalan-jalan besar yang ramai dilalui kendaraan. Para konsumen biasanya mampir ke minimarket dalam perjalanan mereka dari suatu tempat ke tempat yang lain, untuk sekedar membeli makanan dan minuman ringan, rokok, dan sebagainya.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Minimarket

Usaha minimarket telah banyak berdiri di berbagai daerah, mulai dari yang didirikan oleh warga setempat, hingga yang berjenis usaha waralaba dengan brand yang sudah terkenal di banyak daerah di Indonesia. 

Mini market biasanya juga dilengkapi dengan coffee shop mini yang menyajikan beberapa jenis minuman, seperti kopi dan teh, dan beberapa makanan cemilan, dengan beberapa meja dan kursi kecil untuk mengakomodir orang-orang yang perlu tempat untuk meeting point atau sekedar berhenti sebentar di tengah perjalanan mereka.

Pom Bensin

Jumlah permintaan energi bahan bakar, khususnya bensin dan solar di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya jumlah kendaraan yang dimiliki oleh masyarakat, baik roda dua maupun roda empat. Oleh sebab itu, terjun ke usaha penyaluran bahan bakar minyak (BBM) merupakan bisnis yang sangat prospektif dan bisnis yang laku setiap hari walaupun memang butuh modal yang sangat besar.  Bisnis yang terkait penyalur BBM sebenarnya ada beragam jenis, namun yang paling umum kita kenal adalah berbentuk SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) alias pom bensin. Usaha pom bensin pasti akan didatangi kendaraan setiap saat sepanjang jam operasionalnya.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Pom Bensin Mini (Pertamini)

Selain SPBU besar, banyak pula tersedia pom bensin mini, atau biasanya dikenal dengan pertamini, yang bisa dijadikan  pilihan peluang usaha waralaba.

Cuci Motor/Mobil

Sepeda motor masih menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kondisi tersebut membuka peluang usaha yang potensial, yaitu usaha cuci motor. Banyak para pengguna sepeda motor yang menggunakan jasa cuci motor karena tidak ingin mencuci motor mereka sendiri dengan berbagai alasan.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Cuci Motor

Bisa jadi karena kesibukan sehari-hari yang membuat mereka capek maupun tidak sempat, mungkin juga karena tidak bisa ataupun malas. Biaya mencuci motor pun terbilang murah, sehingga mereka tidak akan berpikir panjang untuk mengeluarkan sedikit uang demi membuat motor mereka bersih sehingga nyaman dikendarai. 

Karena jasa cuci motor semakin laris, pelaku usaha di bidang ini pun bertambah, terbukti dengan banyaknya tempat pencucian motor yang sering kita temui di berbagai lokasi. Ada yang menjalaninya sebagai sumber penghasilan utama, banyak pula yang menjadikannya usaha sampingan.

Seperti halnya jasa cuci motor, jasa cuci mobil pun biasanya akan didatangi pelanggan setiap hari. Usaha ini tentu saja memerlukan modal yang jauh lebih besar untuk berbagai alat serta menggaji karyawannya.

Warung Kopi / Coffee Shop

Usaha warung kopi bisa dibilang sebagai usaha yang bisa laku setiap hari. Usaha ini memang memiliki prospek peluang usaha yang bagus, terlebih jika berada di lokasi yang tepat. Warung kopi biasanya banyak kita jumpai di lokasi yang ramai, misalnya di sekitar kampus dan perkantoran, di dekat terminal dan stasiun, bahkan di daerah pemukiman, terlebih yang banyak terdapat tempat kost.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Warung Kopi

Banyak orang yang ingin membuka usaha warung kopi dengan modal yang tidak terlalu besar lalu memilih untuk berjualan sajian “merakyat” yang jadi favorit banyak orang dengan harga yang terjangkau, misalnya mie instan, gorengan, dan kopi.

Jika warung kopi adalah usaha tradisional, maka coffee shop bisa dibilang sebagai bentuk modern dari warung kopi. Dengan tempat yang lebih nyaman, pilihan menu yang berbeda dan harga yang lebih mahal tentunya, coffee shop menargetkan segmen konsumen yang berbeda dari warung kopi.

Usaha Jasa Kurir / Ekspedisi

Bisnis di bidang logistik dengan menjadi agen kurir ini memiliki prospek yang menjanjikan seiring dengan perkembangan ekonomi yang pesat secara digital, khususnya jual beli secara online, yang membutuhkan jasa pengiriman barang secara kontinu.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Jasa Kurir / Ekspedisi

Seiring meningkatnya bisnis e-commerce tersebut, potensi pengembangan usaha jasa kurir juga semakin besar, karena e-commerce membutuhkan jasa logistik untuk pengiriman barang. Maka tak heran, jika selalu ada saja pelanggan yang membutuhkan jasa ini setiap hari. 

Oleh karena itulah, persaingan di bisnis jasa ekspedisi pun semakin ketat dengan bermunculannya para pemain baru yang turut meramaikan bidang usaha ini dan berkompetisi dengan perusahaan-perusahaan yang sudah eksis sebelumnya.

Apotek dan Toko Obat

Obat-obatan termasuk komoditas yang banyak dibutuhkan orang. Dengan demikian, usaha apotek maupun toko obat pastinya selalu mendapatkan pembeli setiap hari. Apotek tentu saja berbeda dengan toko obat dari berbagai segi, termasuk aturannya, izin usahanya dan jenis obat yang dijual. Apotek juga membutuhkan apoteker sebagai penanggung jawab. Selain menjual obat bebas, apotek juga menjual obat yang harus dilengkapi dengan resep dokter dari pelanggannya.

Usaha Apotek / Toko Obat

Fotokopi / Scan / Print dan Alat Tulis

Di lokasi-lokasi tertentu, usaha yang menyediakan jasa fotokopi dokumen masih ramai didatangi pelanggan setiap harinya. Bisnis fotokopi seakan menjadi bisnis yang laku setiap hari yang tak pernah mati. Selama sistem pengarsipan berbagai pihak masih memanfaatkan kertas, maka peluang usaha yang satu ini pun akan tetap ada. Selain fotokopi, usaha ini juga biasanya dilengkapi dengan jasa scan dan cetak atau print dokumen, serta menyediakan berbagai alat tulis.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Reseller / Dropshipper Baju

Usaha berjualan baju bisa dilakukan dengan sistem reseller ataupun dropship, terutama untuk para pemula yang masih minim modal tetapi ingin memulai usaha sendiri dengan berjualan baju.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Usaha Dropship Baju

Seperti halnya bisnis makanan, peluang usaha jualan baju seolah tidak pernah surut dan selalu punya daya tarik tersendiri buat para entrepreneur. Bagi banyak orang, baju tidak hanya dipandang sebagai kebutuhan utama tetapi juga bagian penting dari style. Itulah yang membuat baju tetap menjadi komoditas usaha dengan peluang yang menjanjikan. 

Perkembangan trend fashion yang cepat berubah memang menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang menjalankan usaha berjualan pakaian. Namun demikian, prospek bisnisnya tetap dianggap bagus karena target pasarnya selalu ada. Maka dari itulah, usaha ini bisa dibilang sebagai usaha yang laku setiap hari.

Jualan Obat Pelangsing dan Produk Perawatan Kulit

Saat kita berselancar di berbagai website ataupun menggunakan media sosial, iklan terkait jualan berbagai produk obat penurun berat badan dan produk perawatan kulit seringkali bermunculan, dengan menekankan bahwa obat-obatan tersebut dibuat dari bahan alami / herbal, serta telah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sehingga aman digunakan oleh konsumen.

BukuKas - Bisnis yang Laku Setiap Hari : Jualan Obat Pelangsing dan Kosmetik

Iklan-iklan produk jenis ini di media sosial pun seringkali mendapatkan banyak likes dan komentar dari para pengguna atau pemilik akun media sosial, dan bisa dibilang sebagai salah satu produk yang terlaris yang banyak dijual secara online dan selalu saja ada pembelinya setiap hari, karena peluang pasarnya sangat besar dengan banyaknya orang yang ingin menurunkan berat badan dan memperbaiki penampilan mereka dengan kulit yang lebih putih dan bersih.

Itulah 20 jenis peluang bisnis yang laku setiap hari yang bisa kamu mulai.

Sebelum menyusun rencana, pastikan dan yakinkan dulu dirimu dengan pilihan bisnis akan kamu jalani. Sebaiknya sesuaikan dengan minat dan kemampuan kamu, sehingga kamu dapatmenjalaninya dengan baik. Jika bisnismu lancar, kamu akan mendapatkan laba secara maksimal, serta semangat untuk terus mengembangkannya.

Selain itu, sebagai bahan pertimbangan lainnya, perbanyaklah mencari referensi mengenai potensi bisnis tersebut, karena situasi dunia terus berkembang dan peluang usaha pun bisa berubah-ubah. Makanya, kamu mesti jeli melihat peluang pasar, ditambah lagi tekad yang kuat, konsistensi, dan kerja keras.

Dan yang penting, apapun jenis usaha yang akan kamu jalani apalagi jika kamu menjalankan bisni yang laku setiap hari seperti bisni-bisnis yang telah diuraikan di atas, sangat disarankan untuk kamu melakukan pengelolaan dan pembukuan keuangan yang baik. Caranya nggak susah kok, cukup pakai aplikasi keuangan digital yang bisa kamu download di Google Play Store dan gunakan secara gratis. Aplikasi digital dapat membantu kamu untuk menyusun pembukuan keuangan agar usahamu berjalan lancar. Selamat mencoba!

Artikel serupa

Leave a Comment