Ingin Jualan Makanan? Simak Tips dan 20 Ide Bisnis Makanan Ini!

Sebagai kebutuhan pokok, makanan akan selalu dibutuhkan orang setiap saat. Oleh karenanya, bisnis kuliner telah menjadi pilihan banyak wirausaha, karena selalu diminati oleh konsumen, sehingga bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. Inovasi usaha di bidang ini pun seakan tidak pernah ada habisnya. Selalu saja ada jenis makanan baru ataupun makanan yang dikembangkan dari resep yang sudah ada sebelumnya. Sekarang ini, rasa yang lezat bukan lagi jadi satu-satunya kunci kesuksesan bisnis kuliner. Ada kalanya pelaku usaha harus memanfaatkan tren yang sedang populer ke dalam usaha mereka. Apa saja ide bisnis makanan rumahan kekinian yang menguntungkan? Bisnis kuliner apa saja yang cocok untuk pemula?

20 ide bisnis makanan kekinian di bawah ini cocok untuk dicoba oleh orang-orang yang berminat untuk terjun dalam usaha kuliner dengan menciptakan sendiri produknya dari nol. Resep dan cara membuatnya pun tidak terlalu sulit, asalkan ada panduan resep, serta bahan dan peralatan yang memadai.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

1. Pizza Homemade

Pizza kini tidak lagi menjadi hidangan yang tersaji di restoran saja, tetapi sudah banyak yang menjalankan usaha ini dengan konsep street food karena melihat adanya peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan. Tak heran jika usaha pizza mini homemade sudah cukup menjamur beberapa tahun belakangan ini.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Pizza Homemade

Makin banyaknya pelaku usaha yang menekuni bisnis ini membuktikan bahwa peluangnya bagus, dan untungnya cukup menggiurkan. Makin banyak pula yang melakukan modifikasi pada sajian pizza-nya dengan menghadirkan inovasi dan sentuhan unik yang sesuai dengan selera masyarakat Indonesia, tidak melulu seperti pizza a la Italia. Selain pizza berukuran besar, sudah banyak pula yang menawarkan pizza mini. 

Bahkan, usaha-usaha pizza ini pun mampu menarik minat konsumen sehingga tidak kalah dengan beberapa gerai pizza dengan brand terkenal yang sudah lama hadir di Indonesia sejak bertahun-tahun silam. 

Dengan bahan dan peralatan yang tersedia di dapur, kamu yang berminat mencoba peluang usaha ini pun bisa berkesempatan untuk memulai. Banyak resep pizza mini homemade yang bisa kamu coba di rumah, bahkan tanpa oven sekalipun, dengan topping yang bisa kamu kreasikan sendiri.

2. Martabak Mini Aneka Topping

Martabak manis, atau di beberapa daerah biasa disebut kue terang bulan, merupakan salah satu jajanan favorit di Indonesia. Jika dulu hanya ada martabak yang berukuran besar dan berbentuk bulat kemudian dipotong kecil sebelum dimakan, sejak beberapa tahun belakangan ini telah ada inovasi martabak mini, yang tentunya dijual dengan harga yang lebih murah dengan aneka topping yang sangat  cocok untuk cemilan anak-anak maupun dewasa.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Martabak Mini Aneka Topping

Sebagai salah satu jajanan yang sudah lama dikenal dan banyak digemari oleh berbagai kalangan, bisnis martabak mini menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan. Usaha ini juga terbilang simpel dan sederhana untuk kamu jalankan. 

Selain bahan-bahannya yang mudah ditemukan, modal yang digunakan untuk membangun usaha ini juga tidak terlalu besar. Peralatan yang digunakan dalam menjalankan usaha martabak mini juga cukup sederhana dan mudah didapatkan, terutama kompor dan loyang. Bahan dasar adonan pun sama untuk semua varian, hanya tinggal mengkreasikan toppingnya saja.

3. Tahu Bakso

Walaupun sudah dikenal luas dan tersedia di banyak daerah, tahu bakso pada awalnya merupakan jajanan favorit khas daerah sekitar Ungaran dan Semarang. Sudah ada beberapa gerai usaha tahu bakso dari kedua daerah ini yang terkenal hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Terlebih lagi dengan segala kemudahan yang dihadirkan oleh teknologi, yang memungkinkan produk kuliner dari suatu daerah bisa ditawarkan secara online dan bisa dikirim dengan ekspedisi yang memungkinkan paket makanan tersebut sudah bisa diterima pelanggan keesokan harinya setelah dikirimkan.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Tahu Bakso

Tahu bakso sebenarnya mudah dibuat, dan bahan-bahannya pun tidak terlalu bermacam-macam sehingga mudah didapat, yaitu tahu, daging ayam/sapi/ikan, tepung dan beberapa bumbu dapur. Karena pembuatannya yang simpel dan mudah, makanan ini cocok dijadikan usaha rumahan kecil-kecilan termasuk bagi para ibu rumah tangga. 

Karena usaha ini juga tidak membutuhkan modal besar, maka tidak perlu menunda lagi untuk memulai usaha ini hanya karena modal yang belum mencukupi. Peralatan masak yang dibutuhkan pun juga yang biasa dipakai sehari-hari di dapur. Jadi, kalau tertarik dengan usaha ini, tunggu apa lagi?

4. Ayam Crispy

Ayam crispy atau populer dengan sebutan fried chicken sudah menjadi makanan favorit masyarakat, terbukti dengan banyaknya outlet ataupun restoran yang menawarkan produk ini, termasuk yang berupa usaha waralaba.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Ayam Crispy

Usaha makanan jenis ini sudah lama populer dan semakin berkembang dengan berbagai kreasi, misalnya ada yang menyajikannya menjadi ayam geprek, yaitu potongan ayam crispy dengan lumuran sambal di atasnya. Ada pula salted egg chicken dengan lumuran saus rasa telur asin, dan sebagainya. 

Kalau kamu berminat dengan usaha ini, pertimbangkan baik-baik apakah akan memproduksi sendiri atau akan menjual produk buatan orang lain, atau dengan sistem waralaba, dan sebagainya. Setiap pilihan tentu ada kelebihan dan kekurangannya.

5. Sosis Bakar

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan olahan daging yang satu ini? Dari anak-anak hingga dewasa, sebagian besar menggemari jajanan ini. Membuatnya untuk dijual pun mudah. Bisa menggunakan sosis yang sudah jadi, kemudian dibakar dan diberi lumuran bermacam pilihan saus, seperti barbeque, lada hitam, keju, mayonaise, saus pedas dan sebagainya.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Sosis Bakar

Kalau kamu memang hobi memasak, pandai mencoba dan mengkreasikan berbagai resep masakan, cobalah untuk membuat sendiri sosis homemade. Sekarang sudah banyak yang menjual sosis buatan sendiri, yang rasanya tidak kalah dengan sosis yang diproduksi industri besar, yang biasanya menggunakan berbagai zat aditif makanan dalam proses pembuatannya. 

Tentu saja, sosis homemade bahan-bahannya lebih alami, dan ini bisa jadi nilai tambah di mata konsumen yang memang menggemari makanan yang lebih sehat, yang tidak banyak menggunakan zat aditif. Resep sosis homemade juga bisa dengan mudah kamu dapatkan dengan browsing.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

6. Roti Bakar

Roti bakar identik dengan cemilan hangat yang biasanya banyak dijual di sore hingga malam hari, sama halnya dengan martabak. Roti bakar sangat mudah dibuat, dan sudah banyak pula yang menjual jajanan ini, dari mulai gerobak dan tenda pinggir jalan, booth modern hingga coffee shop. Banyak pula yang menawarkan jajanan ini lewat layanan online untuk food delivery.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Roti Bakar Bandung

Jika kamu tertarik dengan usaha ini, untuk menyiasati persaingan, kreasikan olesan dan isi roti bakarnya. Banyak pilihan bahan dan resep yang bisa kamu aplikasikan. Semakin banyak pilihan, maka semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan untung lebih besar, asalkan rasanya lezat.

7. Seblak

Seblak merupakan salah satu jajanan khas yang awalnya populer di kota Bandung, namun sekarang sudah tersedia di banyak daerah. Makanan ini terkenal dengan rasa yang gurih dan pedas yang menggugah selera. Pecinta makanan pedas pasti suka dengan jajanan yang satu ini, dari mulai anak muda hingga orang tua.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Seblak

Seblak mulai populer sejak beberapa tahun belakangan ini. Tak heran jika usaha jualan seblak menjamur menjadi bisnis kuliner rumahan yang menjanjikan. Para pelaku usaha ini berlomba untuk melakukan inovasi, dengan menambahkan ataupun mengkombinasikan berbagai bahan dengan rasa yang unik. Bahan dan peralatan membuatnya pun sangat simpel.

8. Salad Buah

Salad buah adalah makanan selingan yang lezat dan sehat yang makin banyak disukai pecinta jajanan. Santapan yang satu ini sangat simpel dalam hal bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan, serta dalam cara pembuatannya, karena hanya terdiri dari potongan buah-buahan yang diberi topping saus mayonaise dan parutan keju. Biasanya jajanan ini dikemas dalam wadah plastik transparan.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Salad Buah

Beberapa tahun belakangan ini, hidangan pencuci mulut ini sedang populer di kalangan masyarakat, maka tidak sedikit pula yang memanfaatkan tren ini untuk meraup keuntungan dengan cara membuatnya dalam skala rumahan lalu memasarkannya. Perkembangan teknologi yang kian canggih, jadi semakin mudah memasarkan produk ini ke pasaran melalui situs jual beli, membuat online shop sendiri atau mendaftarkan brand saladnya di aplikasi transportasi online. Demi menjaga kualitas, buah-buahan yang digunakan haruslah yang terbaik agar salad buah yang dijual disukai banyak orang.

9. Rice Bowl

Rice box adalah olahan nasi yang kini sedang populer dan digemari orang ketika sedang sibuk tetapi lapar, sehingga perlu makanan yang praktis. Rice box  berisi nasi yang diberi topping lauk yang kekinian, namun banyak juga yang menawarkan lauk rumahan yang cocok untuk penggemar masakan rumahan.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Rice Bowl

Saat ini banyak rice box yang menawarkan menu masakan khas Indonesia seperti rendang, ayam fillet atau dengan sambal matah ataupun sambal ijo, dan sebagainya. Sebenarnya, rice box ini mirip dengan nasi bungkus atau nasi kotak yang sejak dulu hits di kalangan masyarakat Indonesia. Hanya saja rice box disajikan dalam porsi yang lebih sedikit, serta dikemas dengan kemasan yang lebih menarik dan praktis untuk dibawa.

Cara penyajiannya mirip juga dengan donburi a la Jepang, namun para pelaku usaha ini memodifikasinya dengan menyertakan pilihan menu yang khas dan lebih cocok dengan lidah orang Indonesia.

10. Sempol Ayam

Sempol ayam awalnya adalah street food yang populer di kota Malang, namun sekarang sudah merambah luas ke berbagai daerah. Jajanan ini dibuat dari campuran tepung terigu, tepung tapioka dan campuran gilingan daging ayam, yang dibentuk panjang dengan menggunakan tusuk seperti sate. Dalam penyajiannya, sempol ayam biasanya dimakan dengan cocolan saus sambal ataupun mayonnaise.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Sempol Ayam

Dengan harga yang sangat terjangkau, sempol ayam biasanya sering dijumpai di berbagai tempat, mulai dari gerobak jalan hingga di kedai makanan ringan. Banyaknya peminat jajanan ini tentunya membuka kesempatan bisnis yang menjanjikan. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah dijumpai dipasaran dengan harga yang tidak mahal dan cara membuatnya pun mudah.

11. Churros

Churros adalah makanan kudapan yang terbuat dari tepung, telur dan margarin. Jajanan manis ini sangat populer di Spanyol dan negara-negara Amerika Latin. Di Indonesia, churros biasanya dijual di booth yang beroperasi di pusat perbelanjaan, dengan berbagai variasi, misalnya churros coklat dan churros es krim.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Churros

Usaha ini berprospek bagus, karena tingginya minat masyarakat untuk mencoba jajanan khas yang berasal dari negara lain.

Jika tertarik dengan usaha ini, kamu bisa membuat dan mengkreasikan sendiri secara unik dan memulai usaha rumahan. Kamu juga bisa memulai usaha jajanan unik yang satu ini dengan menjalin kemitraan dengan franchise churros ternama dengan modal sekitar Rp 10 juta.

12. Burger Mie

Burger mie merupakan salah satu inovasi terbaru untuk jajanan burger, serta variasi dalam mengkonsumsi mie. Dengan mengandalkan mie sebagai pengganti roti, menu makanan ini bisa menjadi pilihan jajanan yang praktis namun mengenyangkan.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Burger Mie

Cara pembuatannya hampir seperti membuat burger pada umumnya. Bedanya, mie direbus lalu dibentuk bulat menyerupai roti burger. Disajikan bersama daun selada, irisan bawang bombay, tomat dan daging asap.

13. Takoyaki

Jajanan asal Jepang ini sudah banyak diminati di Indonesia. Menjajakan menu takoyaki dengan konsep kaki lima layaknya di Jepang, memang sedang diminati banyak pelaku usaha.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Takoyaki

Di pusat perbelanjaan, takoyaki juga banyak ditawarkan di booth dan gerai modern. Keuntungan yang menggiurkan dari peluang bisnis ini menjadi alasan kenapa banyak orang memilih kuliner. Jika kamu bisa memanfaatkan peluang bisnis dengan berjualan takoyaki, kamu bisa menghasilkan uang jutaan per bulannya.

14. Nugget Pisang

Buah pisang, dengan harganya yang murah meriah dan banyak jenisnya, memang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Nugget Pisang

Jajanan ini mirip dengan pisang goreng, namun untuk nugget pisang ini, pisangnya dihaluskan dan dicampurkan dengan tepung terigu, serta dibalut dengan tepung roti. Karena campuran dua tepung itu, tekstur luar dari pisang nugget sedikit kasar namun empuk di dalamnya. Pisang yang biasanya digunakan adalah jenis pisang kepok.

15. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Usaha penjualan makanan yang terbuat dari bahan baku jagung sebenarnya sudah ada sejak dulu. Hanya saja, kini jenisnya lebih bervariasi, termasuk yang satu ini : jasuke, yaitu jajanan yang memadukan jagung, susu dan keju.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Jasuke (Jagung Susu Keju)

Usaha jajanan ini banyak ditawarkan dengan konsep franchise. Modal awal untuk waralaba jasuke hanya berkisar Rp 2 jutaan saja dan kamu bisa menggunakan booth dan bahan yang sudah diberikan oleh perusahaan pemilik franchise.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

16. Dimsum

Dimsum, makanan khas negeri China ini menjadi salah satu makanan favorit banyak kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Pada awal kemunculannya, dimsum hanya bisa dicicipi di hotel atau restoran mewah dengan harga yang terbilang cukup tinggi. Namun kini, kudapan yang biasanya disajikan dalam wadah kukusan bambu ini dapat dengan mudah ditemui di pinggir jalan dan kian dicintai para penikmat kuliner.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Dimsum

Semakin banyak pelaku bisnis yang mengolah dimsum dan menawarkannya dengan harga terjangkau tetapi tetap dengan cita rasa yang nikmat. Inilah yang membuat bisnis dimsum punya prospek yang cerah. Karena itu, tawaran kemitraan gerai dimsum banyak ditawarkan.

17. Roti John

Beberapa waktu belakangan ini, roti john menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat. Jajanan ini merupakan sandwich atau roti lapis dengan isian telur dadar yang menjadi salah satu hidangan favorit di Brunei Darussalam, Singapura, dan Malaysia.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Roti John

Meski sebenarnya bukan jenis makanan baru, belakangan ini roti john kembali hits dan diburu pembeli, tak heran semakin banyak yang tertarik dengan usaha ini. Karena meningkatnya minat akan roti ini, mulai banyak bermunculan franchise untuk makanan yang satu ini.

18. Kue Cubit

Kue cubit ini awalnya adalah jajanan anak-anak yang biasanya dijual pedagang di depan sekolah. Bisa dibilang bahwa ini adalah usaha makanan kecil dengan segmen pasar yang terbatas, yaitu anak-anak. Dengan ukurannya yang kecil, harganya pun murah meriah seperti halnya jajanan lainnya jajanan sekolahan.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Kue Cubit

Namun dengan melakukan modifikasi pada jajanan ini, kue cubit bisa menjadi usaha kuliner yang unik dengan nilai jual yang lebih tinggi. Modifikasi bisa dilakukan dengan memvariasikan warna adonan dan memberikan topping aneka rasa. Cara pembuatannya cukup mudah, dan peralatannya yang terpenting adalah cetakan.

19. Garlic Cheese Bread

Hal-hal yang bernuansa Korea semakin banyak digemari oleh orang Indonesia. Tren Korea ini tidak hanya dalam urusan film, musik dan fashion, tetapi juga sudah merambah ke makanan. Jika di sini kerap dijual secara online, di negara asalnya di Korea Selatan roti ini merupakan street food alias dagangan kaki lima.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Garlic Cheese Bread

Untuk satu roti berdiameter sekitar 10 cm ini harganya 3.900 Won atau sekitar Rp 47.000. Di sini, Korean Garlic Cheese Bread umumnya dijual dengan harga rata-rata Rp 30,000an per buah.

Pada dasarnya, roti ini adalah roti bulat biasa. Yang membedakannya adalah isian krim keju dan lelehan saus bawang putihnya. Krim keju ini diselipkan di sela-sela roti yang diiris enam bagian hingga bagian tengahnya. 

Kemudian setelah diisi krim keju, roti ini dicelupkan ke baskom besar yang berisi saus bawang putih dengan taburan parsley, membuat roti ini terbalut sempurna dengan saus gurih yang melimpah. Setelah itu roti dipanggang kembali, sehingga menghasilkan tekstur yang garing dan gurih di luar, namun empuk, lembut, dengan sedikit manis di dalam.

20. Cake in a Jar

Cake in a Jar ini adalah kreasi cake yang ditempatkan dalam sebuah toples kecil. Jenis cake yang bisa dikemas dalam kemasan ini adalah jenis butter cake yang teksturnya pas dan lembut. Inovasi cake ini mulai bermunculan sejak beberapa tahun silam, namun masih banyak diminati konsumen.

BukuKas - Ide Bisnis Makanan - Cake in a Jar

Untuk makan kue ini, cukup dengan membuka toplesnya dan menyendoknya. Tidak perlu repot-repot lagi menikmati kue dengan memotongnya, menaruhnya di piring, ataupun memegangnya langsung yang akan membuat tangan lengket karena krimnya.

Ide bisnis ini bermula dari keinginan para pelaku usaha untuk menyimpan dan menyajikan kue ini secara praktis dalam satu kali makan untuk memudahkan konsumen. Toples kedap udara yang digunakan membuat kualitas dan rasanya terjaga. Jika disimpan di lemari pendingin, kue menjadi lebih awet, sehingga masa simpannya lebih lama.

Artikel serupa

Leave a Comment