Blog BukuKas - 10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang bisa jadi Peluang Usaha

10 Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang bisa jadi Peluang Usaha

Kreativitas memang bisa mendatangkan uang. Lebih menguntungkan lagi jika kreativitas tersebut mampu menghasilkan berbagai kerajinan tangan yang dibuat dari barang bekas. Dengan memanfaatkan barang bekas dalam pembuatannya, maka usaha ini akan membutuhkan modal yang lebih sedikit ketimbang menggunakan bahan yang baru. Selain itu, menggunakan barang bekas juga mengurangi sampah, sehingga lebih ramah lingkungan. Banyak barang bekas yang bisa dijadikan sebagai kerajinan tangan, misalnya botol plastik, koran, kardus, kaleng, kain perca, bekas kemasan produk, dan sebagainya. Simak artikel berikut untuk mendapatkan ide berbagai kerajinan tangan dari barang bekas yang layak dijual.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Peluang Usaha Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Barang bekas bisa memiliki nilai ekonomis jika dimanfaatkan atau dikreasikan dengan baik, karena tidak semua barang bekas bisa langsung dibuang begitu saja. Ada peluang usaha yang bagus jika kamu jeli memanfaatkannya.

Selain mengurangi jumlah limbah yang mencemari lingkungan, mengolah kembali barang bekas sehingga menjadi benda lain yang layak untuk dipasarkan membuat pelaku usaha ini bisa untung besar, terlebih jika kerajinan tangan memiliki nilai estetika yang tinggi sehingga harga jualnya pun tinggi.

Misalnya saja, potongan kayu papan bekas yang ada disekitar rumah bisa diolah kembali menjadi rak, meja, kursi atau kerajinan tangan dengan tampilan warna yang cantik. Contoh lain adalah botol plastik bekas minuman atau potongan kain yang menumpuk di rumah, bisa diolah lagi menjadi tempat pensil, tas, dan berbagai barang rumah tangga.

Sebenarnya tidak sulit untuk memulai memulai bisnis daur ulang barang bekas ini, modal yang dibutuhkan pun minim. Yang paling menentukan keberhasilan usaha ini adalah kreativitas yang tinggi, dan bukanlah uang sebagai menjadi modal utamanya.

Promosi dan pemasarannya pun mudah, bisa dilakukan dengan cara offline maupun online, terlebih di zaman serba digital sekarang ini, media sosial, website, dan berbagai aplikasi bisa dimanfaatkan untuk tujuan ini. Intinya, dengan mengolah barang bekas menjadi barang lain yang bernilai ekonomis, kamu bisa menjalankan usaha dengan modal kecil namun untung besar.

Ide Kerajinan Tangan dari Barang Bekas

Jika kamu berminat ingin memulai usaha membuat kerajinan tangan dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi tapi masih bingung, berikut ini beberapa contoh ide kerajinan tangan dari berbagai barang bekas yang bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk mencoba berkreasi.

1. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas

Botol bekas yang sudah usang sebaiknya jangan dibuang, karena bisa dimanfaatkan menjadi barang yang lebih berguna. Karena merupakan salah satu jenis sampah yang paling banyak ditemukan, tidak sulit untuk mendapatkan botol bekas sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan tangan yang menarik.

Banyak jenis barang yang bisa dibuat dari bahan botol bekas. Inilah tiga contoh kerajinan tangan yang bisa diciptakan dari bahan botol bekas.

  • Pot untuk Tanaman Hias

Botol bekas bisa dikreasikan menjadi pot untuk tanaman berukuran kecil. Untuk membuatnya, tidak butuh modal banyak, bahkan bisa kurang dari Rp50 ribuan saja. Desain pot bisa dibuat menjadi berbagai bentuk, misalnya kepala hewan, karakter kartun, dan sebagainya. Dibutuhkan cutter dan cat akrilik agar pot tanaman tersebut terlihat lebih menarik.

Selain dapat mengurangi sampah, botol bekas juga dapat dijadikan sebagai media penghijauan di sekitar lingkungan kita agar terlihat lebih indah dan asri.

  • Wadah Alat Tulis

Botol bekas juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat wadah untuk alat tulis. Caranya pun mudah, yaitu dengan melubangi botol bekas pada bagian atas dan bawah dengan ukuran lubang yang bawah lebih besar. Kemudian, lapisi botol bekas tersebut dengan cat berwarna putih dan setelah kering bisa dibuat gambar-gambar menarik sesuai selera. Semakin bagus gambar pada wadah tersebut, semakin mahal pula harga jualnya. Bukan tidak mungkin satu kerajinan tangan tersebut bisa menghasilkan untung berkali-kali lipat dari modalnya.

  • Penyangga Charger Ponsel

Saat akan mengisi baterai ponsel tapi stop kontak yang ada terlalu tinggi, solusinya adalah menggunakan penyangga charger yang bisa dibuat dari botol bekas. Cara membuatnya pun cukup mudah, yaitu dengan memotong botol bekas sesuai dengan ukuran smartphone yang diinginkan. Kemudian, buat lubang sesuai dengan ukuran dan lokasi lubang charger pada smartphone. Barulah tempat penyangga tersebut dihias dengan semenarik mungkin hingga layak untuk dijual.

2. Kerajinan Tangan dari Koran dan Majalah Bekas

Koran dan majalah bekas biasanya banyak dibiarkan hingga menumpuk dan akhirnya dijual ke pengepul. Padahal barang ini bisa diubah menjadi barang yang menarik dan memiliki nilai ekonomis, misalnya menjadi tas, guci, tempat tisu, tempat buah, vas bunga, dompet, keranjang dan masih banyak lagi.

Menjalankan usaha dari daur ulang majalah atau koran bekas juga tidak membutuhkan modal yang banyak, tetapi bisa dijual hingga menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Harga yang ditentukan tentunya disesuaikan dengan keunikan serta tingkat kesulitan saat membuat produknya.

Untuk mengumpulkan bahan, bisa dilakukan dengan meminta bantuan ke para tetangga lingkungan rumah, atau datang langsung ke pengepul barang bekas. Pembuatan produk bisa dilakukan dengan cara menggulung kertas yang kemudian disusun atau dianyam, atau bisa juga dengan membentuk menjadi lipatan kecil lalu dianyam.

3. Kerajinan Tangan dari Kardus Bekas

Seperti halnya botol bekas, kardus juga merupakan barang bekas yang mudah ditemukan. Banyak orang yang menjual kardus bekas ke tukang loak agar menghasilkan uang. Namun, dengan sedikit kreativitas, kardus bekas bisa menghasilkan lebih banyak uang.

Meski limbah kardus ini ramah lingkungan karena dapat terurai, tapi tidak ada salahnya mencoba membuat kreasi unik dan tentunya dapat menambah daya nilai dari limbah kardus tersebut.

Salah satu kreasi dari kardus bekas adalah membuat rumah-rumahan atau tempat bermain bagi kucing peliharaan. Hanya dengan sedikit modal, yang bahkan tidak sampai Rp50 ribu untuk membeli bahan tambahan, rumah-rumahan ini bisa dibuat dengan tambahan bahan berupa kain bekas, jarum dan selotip. Jika hasil kerajinan tangan ini bisa dibuat dengan menarik, harga jualnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Selain itu, kardus bekas juga bisa dijadikan sebagai wadah buku, tempat make up, miniatur seperti mobil-mobilan dan mainan anak lainnya.

4. Kerajinan Tangan dari Sedotan

Di setiap tempat makan pasti kita akan mudah sekali menemui sedotan, yang biasanya akan langsung dibuang sehabis digunakan. Jumlahnya yang banyak serta mudah untuk diolah membuat sedotan bekas menjadi salah satu bahan populer untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan dan laku di pasaran.

Jika kita memanfaatkannya dengan kreatif, maka sebuah sedotan yang awalnya terlihat biasa-biasa saja akan menjadi suatu kerajinan yang menarik, misalnya untuk membuat hiasan berbentuk bunga, kotak pensil, taplak meja, hiasan dinding, bingkai foto, tas, sandal, kalung, dan lain sebagainya. Cuma butuh sedikit modal untuk membeli kertas krep, lem tembak dan isinya, sedotan bisa dibuat menjadi berbagai kreasi.

5. Kerajinan Tangan dari Kaleng dan Besi Bekas

Kaleng bekas seringkali dianggap sampah, maka tidak heran jika banyak orang langsung membuangnya. Padahal kaleng bekas masih bisa dimanfaatkan menjadi berbagai macam kreasi hiasan maupun dekorasi yang lucu dan unik.

Ada berbagai kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kaleng bekas, misalnya tempat alat tulis, tempat jepit rambut, pot tanaman, dan masih banyak lainnya. Banyak pula yang kreatif mengolah kaleng bekas menjadi miniatur mainan yang unik, lampu hias, hingga dijadikan kerajinan patung pajangan yang bahkan layak untuk menjadi komoditi ekspor.

6. Kerajinan Tangan dari Plastik Kemasan Bekas

Banyak kemasan bekas berbagai produk, misalnya bekas minuman, snack, sabun cuci, dan sebagainya, yang dibuang begitu saja dan akhirnya mencemari lingkungan karena tidak bisa terurai.

Dengan kreatifitas yang tinggi, bungkusan tersebut bisa disulap menjadi sebuah kerajinan tangan atau produk yang bisa dimanfaatkan kembali dan tentunya bisa dijual seperti tas, dompet, tempat tisu, tempelan kulkas dan sebagainya.

Selain tidak membutuhkan modal banyak, barang yang dihasilkan dari anyaman bungkusan minuman ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang banyak.

Bila kamu merasa kesulitan saat pengumpulan bungkusan sendiri, cobalah meminta bantuan ke tetangga lingkungan rumah atau datang langsung ke tengkulak. Jika perlu, berikan harga yang sesuai dengan banyaknya bungkusan yang telah dikumpulkan agar mempercepat proses pengumpulan bungkusan.

Bungkusan yang telah terkumpul sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan air saja agar bungkusan bersih dari sisa bubuk minuman atau deterjen. Setelah kering, bungkusan bisa dikreasikan menjadi berbagai bentuk.

7. Kerajinan Tangan dari Kain Perca

Kain perca berupa kain bekas yang sudah terpotong kecil tak beraturan, yang biasanya merupakan kain sisa pembuatan baju. Potongan kain ini dapat kita gunakan lagi dan dibuat menjadi barang yang menarik misalnya tas, sepatu, sprei, sandal, dompet, aksesoris, tempat tisu, keset dan masih banyak yang lainnya yang tentunya bisa dijual.

Untuk mengkreasikannya, potongan kain dengan berbagai macam motif tersebut bisa dijahit kembali sehingga menjadi satu kain baru. Dengan begitu, tampilan produk menjadi lebih menarik. Modal yang perlu disiapkan tidak banyak, setidaknya cukup untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan, seperti mesin jahit, benang, aksesoris, dan sebagainya.

Jika kamu serius untuk membuat berbagai kreasi dari kain perca, carilah kain perca di beberapa konveksi sekitar rumah. Bila pemilik memberikan harga per karung kain perca, maka tawarlah sehingga mendapatkan harga murah.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Rapikan dan bersihkan kain perca dari potongan pola-pola yang tidak beraturan atau benang-benang kusut. Satukan beberapa jumlah perca dengan cara dijahit setiap pinggirannya sehingga menjadi lembaran kain baru. Buatlah pola terlebih dahulu pada kainnya agar lebih mudah saat proses pembuatan produk. Setelah itu, tambahkan aksesoris agar produk menjadi lebih menarik.

8. Kerajinan Tangan dari Kayu Bekas

Kayu bekas atau yang berbentuk palet kayu biasanya mudah ditemukan di setiap gudang barang atau pertokoan besar elektronik untuk dijadikan sebagai alas saat pengangkutan barang. Jika palet kayu tersebut tidak terpakai lagi, pastinya akan dibuang atau dibakar.
Padahal, palet kayu bekas bisa diolah kembali menjadi barang pakai yang memiliki harga tinggi. Bahkan kini, banyak rumah, perkantoran, toko, dan coffee shop atau kafe yang memakai barang-barang industri bekas yang dijadikan sebagai furniture. Mulai dari meja, bangku atau sofa, rak kecil, tempat tidur dan sebagainya.

Modal yang dibutuhkan memang cukup besar, karena kamu harus mengumpulkan palet kayu bekas dari berbagai gudang dan pertokoan, dan tentunya tidak gratis. Selain itu, juga membutuhkan perlengkapan lain seperti cat, paku, gergaji, busa, kain, dan sebagainya. Karena modalnya tidak bisa dibilang sedikit, maka keuntungan yang didapat pun besar, bahkan bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah.

Agar kamu bisa mendapatkan harga palet kayu bekas yang termurah, lakukanlah survei terlebih dahulu di berbagai tempat. Harganya pun sebisa mungkin ditawar hingga mendapatkan harga yang diinginkan. Buatlah kreasi yang unik dari palet kayu tersebut. Pengerjaannya juga harus rapi sehingga menarik untuk dijual.

9. Kerajinan Tangan dari Ban Bekas

Ban bekas sering diubah menjadi barang baru yang serba unik dan memiliki nilai kegunaan yang tinggi, mulai dari pot bunga berukuran besar hingga furnitur yang nyaman, seperti kursi malas dan sebagainya.

Untuk membuatnya menjadi lebih nyaman, ban bekas bisa dibalut menggunakan benang wol dengan warna yang sesuai dengan selera. Kamu bisa menggunakan kerajinan tangan dari barang bekas ini di dalam kamar tidur, ruang santai, ataupun ruang tamu yang luas.

Ban bekas memang tidak mudah untuk didaur ulang kembali karena ukurannya besar, namun hal ini juga bisa menjadi suatu keunggulan. Dan jika tidak banyak yang tertarik untuk memanfaatkannya, persaingan usaha ini tidak terlalu ketat.

10. Kerajinan Tangan dari Stik Es Krim

Stik es krim sebenarnya merupakan barang bekas yang masih bisa dimanfaatkan lagi untuk berbagai jenis kerajinan tangan yang menarik, unik, dan mudah untuk dikreasikan.

Kumpulan stik es krim bisa dibentuk menjadi bingkai foto, miniatur menara, museum, rumah, atau miniatur transportasi, yang mempunyai peluang untuk mendatangkan keuntungan.

***

Banyaknya barang bekas yang bisa didapatkan secara gratis membuat usaha kerajinan tangan dari barang bekas berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi. Siapapun yang bisa mengkreasikan bahan-bahan tersebut tentu dapat meraup pendapatan dengan menekuni usaha ini.

Keterampilan untuk bisa menghasilkan kerajinan tangan dari barang bekas ini bukan berarti sulit untuk dipelajari. Setiap orang memiliki peluang untuk dapat menggeluti usaha ini asalkan rajin, konsisten dan berani mencoba membuat kerajinan mulai dari yang mudah dibuat terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Artikel serupa

Leave a Comment