Blog BukuKas - Ide Pilihan Bisnis Reseller yang Mudah dan Menjanjikan

Ide Pilihan Bisnis Reseller yang Mudah dan Menjanjikan

Perkembangan teknologi, khususnya dengan adanya internet dan perangkat mobile, membuka berbagai peluang bisnis online yang menjanjikan bagi banyak orang, salah satunya dengan menjadi reseller. Banyak kesempatan terbuka untuk memulai usaha sebagai reseller yang mudah dan menguntungkan tanpa membutuhkan modal besar. Usaha ini pun dapat dilakukan oleh siapapun tanpa memandang latar belakang pendidikan. Niat, kerja keras dan pantang menyerah merupakan syarat bagi para pelaku usaha ingin yang membangun bisnis ini dari awal. Bahkan untuk memulai bisnis ini, kamu tak perlu mempunyai produk terlebih dahulu, hanya perlu modal yang minim bahkan tanpa modal. Simak ulasannya dalam artikel berikut.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Apa itu Reseller?

Reseller adalah pelaku usaha, baik perusahaan maupun individu, yang menjual suatu produk yang didapatkan dari produsen atau pedagang besar dengan harga yang rendah dan kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi kepada konsumen.

Dalam sistemnya, reseller akan mengambil stok barang dari pabrik atau perusahaan   atau bisa juga dari agen / pedagang besar / distributor / supplier yang memberikan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran. Disinilah kemudian reseller memiliki kesempatan untuk mengambil keuntungan pada saat menjual barang tersebut kepada konsumen. Reseller akan menyediakan stok barang terlebih dahulu untuk kemudian dijual kembali kepada konsumen.

Mengapa Memilih Menjadi Reseller?

Banyak orang yang memiliki keinginan untuk memulai bisnis online, tetapi tidak mengerti harus mulai darimana. Mereka juga tidak memiliki kemampuan, sumber daya ataupun waktu untuk menciptakan produk sendiri. Dalam hal ini, memulai usaha dengan menjadi reseller adalah solusinya. Dengan menjadi reseller online, seorang pelaku usaha pemula bisa berkesempatan untuk belajar berbisnis, dilatih untuk tahu cara memilih distributor yang tepat, strategi untuk bernegosiasi, hingga manajemen inventori. Beberapa hal berikut ini bisa jadi alasan mengapa banyak orang tertarik untuk menjadi reseller :

1. Produk Jualan yang Sangat Beragam.

Dengan menjadi reseller, kamu bisa menjual beragam produk. Jika kamu adalah reseller pakaian, seiring pertumbuhan bisnis, kamu dapat juga menjual berbagai produk fashion lainnya, termasuk sepatu, perhiasan, aksesoris, tas jam tangan, pakaian dalam, atau produk lainnya yang berkaitan. Semakin banyak jenis produk berkaitan yang kamu jual, kamu bisa punya peluang untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

2. Bisa Memulai Bisnis Lebih Cepat

Menjadi reseller memungkinkan kamu untuk mulai menjual pada hari yang sama saat kamu memulai. Setelah menambahkan beberapa produk jualan dan beberapa konten produk ke toko online, segera lakukan langkah-langkah untuk memasarkan produk tersebut.

Kamu bisa meluncurkan bisnis reseller hanya dalam waktu singkat tanpa perlu menunggu stok tiba, dan dapat mengatur untuk menjual pada waktu dan hari yang sama.

3. Tidak Harus Menyiapkan Stok Produk Yang Banyak

Kamu tidak perlu membawa atau menyiapkan stok yang banyak.

Kamu bisa bergabung dalam beragam marketplace untuk memulai online shop secara gratis, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya yang memungkinkan kamu untuk menjual kembali barang tanpa harus membeli persediaan produk yang banyak sebelumnya. Hal ini membuat usaha reseller menjadi pilihan yang tepat bagi pebisnis online pemula. Sekalipun kamu menjual produk khusus, seperti pakaian butik, produk merek model limited edition, kamu masih bisa mendapat untung tanpa memiliki stok produk jualan.

4. Bisa Menambahkan Kategori dan Jenis Produk Lain dengan Mudah

Dengan menjadi reseller online shop, kamu tidak dibatasi oleh jenis dan kategori produk. Jika pengusaha grosir produk harus mengeluarkan biaya mahal untuk membeli persediaan produk yang banyak, membayar biaya pengiriman, membutuhkan modal yang lebih besar dan lain sebagainya, tidak demikian halnya dengan reseller. Reseller bisa menambahkan pilihan produk jualan untuk dijual kembali hanya dalam waktu singkat.

5. Waktu Lebih Luang

Mereka yang menjadi reseller online shop bisa menjadikan hal ini sebagai usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, di luar pekerjaan tetap mereka, karena usaha ini bisa dijalankan tanpa harus menghabiskan seluruh waktu untuk berjualan. Sebagian besar proses jual beli dilakukan secara otomatis, dan memungkinkan kamu untuk mengelola bisnis online shop dengan mudah.

6. Risiko Kerugian Yang Rendah

Salah satu manfaat memulai bisnis reseller adalah biayanya rendah. Ini adalah model bisnis yang tepat untuk pemula atau yang enggan mengambil resiko.

Kamu tidak perlu membeli produk secara massal. Biaya pengiriman tidak terlalu tinggi dalam bisnis reseller.

7. Bisa Mengatur Margin Sendiri

Ketika menjadi reseller, kamu bebas untuk mengatur margin kamu sendiri dan  memilih untuk menentukan harga produk sesuai keinginan kamu. Karena biaya yang rendah, maka kamu memberi harga yang tepat untuk memastikan bisnis ini menguntungkan. Semakin tinggi harga yang ditetapkan, semakin banyak yang dapat dapat dihasilkan. Pastikan kamu mempertimbangkan standar industri untuk penentuan harga produk.

Apa yang Diperlukan untuk Menjadi Reseller?

Reseller perlu memiliki stok barang dari supplier atau distributor untuk dijual, namun tidak perlu memiliki toko fisik atau offline. Cukup dengan membangun toko online saja, karena sasaran utama bisnis ini adalah para pengguna internet. Sebagai pemilik toko online, reseller dapat melakukan promosi di media social, marketplace, atau website milik pribadi jika ada. Jika belum memiliki website, mereka bisa belajar membuat website dari awal atau menggunakan jasa pembuatan website profesional.

Reseller memang membutuhkan modal untuk menyetok barang, tetapi modal yang diperlukan tentu tidak sebanyak membuka toko fisik. Jika ingin menjadi reseller tanpa modal besar, kamu bisa memilih supplier atau agen terdekat, misalkan yang berlokasi di kota yang sama. Dengan begitu, ketika ada pesanan dari konsumen, reseller bisa segera membeli produk dari agen dan mengirimkannya dengan lebih mudah dan cepat.

Resiko Bisnis Reseller

Walaupun banyak kelebihan yang dapat peroleh dari bisnis online ini, menjadi reseller juga harus siap menghadapi berbagai resiko, diantaranya:

  1. Persaingan yang semakin ketat. Hal ini didukung dengan kemudahan prosedur pembuatan akun toko serta jangkauan yang luas, yang membuat banyak orang tertarik menjalankan usaha ini sehingga persaingan pada bisnis online juga cukup ketat.
  2. Kredibilitas dan kualitas barang diragukan. Salah satu yang membuat kepercayaan terhadap toko online rendah adalah karena barang yang dibeli tidak bisa dicoba terlebih dahulu oleh konsumen dan pemilik toko tidak melayani konsumen secara langsung seperti halnya di toko offline. Banyaknya penipuan berkedok online juga semakin mempengaruhi kredibilitas toko online yang sebenarnya amahan menjadi diragukan.
  3. Koneksi internet yang terkadang tidak dapat selalu diandalkan. Transaksi pada bisnis online berjalan dengan cepat. Konektivitas internet yang buruk, walau hanya dalam jangka waktu yang pendek pun akan berdampak besar. Pemilik toko online bisa rugi hingga jutaan rupiah karena konsumen bisa dengan mudah beralih mencari penjual lain yang mampu merespon dan melayani lebih cepat.

Ide Bisnis Reseller yang Menjanjikan

Buat kamu yang masih bingung untuk mulai merealisasikan rencana untuk menjadi reseller, simak beberapa ide jenis usaha berikut ini.

1. Pakaian

Produk pakaian adalah produk yang paling banyak dipilih para reseller untuk dijual,  memiliki peluang besar yang mencakup berbagai segmen pasar : pria maupun wanita, dewasa maupun anak-anak. Sebelum memulai usaha, lakukan riset beberapa jenis pakaian dan putuskan mana yang paling cocok untuk kamu memulai jualan baju atau pakaian. Menargetkan segmen tertentu bisa membuat kamu lebih fokus dan berpeluang besar untuk dapat keuntungan yang lebih tinggi.

2. Sepatu dan Tas

Selain baju, sepatu dan tas merupakan produk fashion yang laris, dengan trend model yang terus berkembang. Kedua barang ini banyak digemari. Untuk sebagian orang,  bahkan menjadi semacam identitas status sosial. 

Kalau kamu paham model sepatu dan tas yang sedang populer, rugi rasanya jika tidak menjadikannya sebagai peluang usaha. Untuk mengawali bisnis tersebut, kamu bisa mencari supplier sepatu dan tas dengan model yang up to date yang bisa diajak bekerjasama dengan sistem reseller.

3. Kosmetik

Seperti halnya fashion, produk kecantikan juga menjadi salah satu peluang usaha reseller yang cukup menjanjikan. Target pasarnya adalah konsumen wanita yang menganggap bahwa kosmetik adalah pendukung keseharian dalam beraktivitas. Tak heran, salah satu produk yang paling laris untuk dijual kembali. Berbagai jenis dan brand makeup beserta peralatannya, juga produk perawatan kulit, tubuh dan rambut bisa ditawarkan di satu toko online.

4. Suplemen Diet

Saat ini banyak sekali iklan di media sosial yang menawarkan produk untuk menurunkan berat badan. Wanita memang tidak henti-hentinya menjadi target empuk beragam produk yang dapat mendukung penampilan mereka, termasuk suplemen diet. 

Pada dasarnya, memiliki tubuh ideal adalah dambaan setiap wanita. Banyak dari mereka yang hobi makan banyak dan ngemil tetapi tetap ingin terlihat langsing dan tidak ingin menjalani diet dengan pantangan makanan, maka mereka akan cenderung mengkonsumsi suplemen diet untuk menurunkan berat badan mereka. 

Walaupun sasaran utama dari suplemen diet ini adalah kaum wanita, akan tetapi tidak sedikit kaum pria yang tertarik dengan suplemen sehat ini. Jadi, tidak menutup kemungkinan untuk memasarkan suplemen diet kepada kaum pria.

5. Obat Herbal

Minat masyarakat untuk penggunaan obat-obatan herbal semakin meningkat. Seiring peningkatannya dan beragamnya jenis, manfaat dan kualitasnya menjadi produk yang laku di pasaran. Kamu bisa melihat beberapa contoh di berbagai marketplace mengenai banyaknya penjualan obat herbal ini sebagai ide bisnis reseller.

Keuntungan, baik secara kesehatan dan finansial, pun menjadi alasan tepat memulai bisnis reseller online shop obat herbal. Obat herbal dengan bahan alami dianggap lebih minim efek samping seperti obat berbahan kimia sintetis pada umumnya.

6. Handphone dan Aksesorisnya

Handphone dan aksesoris juga banyak dicari konsumen. Melihat besarnya permintaan produk-produk handphone dan aksesoris terbaru di pasaran, memulai bisnis reseller online shop untuk produk ini adalah pilihan yang tepat. 

Kamu bisa menjual kembali mulai dari jenis handphone yang murah hingga aksesoris tambahannya seperti casing, screen guard, gantungan handphone dan lainnya, tetapi pastikan kamu bisa memahami fitur dari produk yang kamu jual sehingga bisa memberikan informasi yang tepat saat konsumen bertanya.

7. Pulsa, Paket Data Internet dan PPOB

Pulsa, paket data dan PPOB saat ini tidak lagi hanya sebatas keinginan telah meningkat menjadi sebuah kebutuhan, maka produk ini bisa dijadikan ide bisnis reseller yang menguntungkan. Untuk menghubungi keluarga, teman, saudara dan rekan kerja, orang membutuhkan pulsa, dan untuk mengakses internet dibutuhkan paket data. Selain itu, pulsa dan paket internet saat ini juga banyak dibutuhkan untuk berjualan online, video call, online chatting, nonton film, streaming, dan lain sebagainya.

Tips Sukses Menjadi Reseller

Sebelum memutuskan untuk memulai usaha sebagai reseller, pikirkan baik-baik dan tentukan apa saja produk yang nantinya akan kamu jual dan tentukan target konsumennya. Memperhitungkan niche market merupakan hal yang sangat penting untuk menunjang kelancaran berbisnis online. Semakin segmented produk yang kamu jual, maka kamu bisa berpeluang lebih besar untuk berhasil. 

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Banyak marketplace yang dapat kamu manfaatkan untuk menjual produk secara online. Namun, jika ingin membangun brand kamu sendiri, maka membuat toko online adalah langkah yang tepat. Bahkan, sekarang banyak website yang dapat kamu jadikan sebagai platform untuk membangun toko online. 

Berikut ini adalah beberapa tips menjadi reseller :

  • Menentukan Produk

Langkah awal agar bisa berjualan sebagai reseller tentunya memilih dan menentukan jenis produk yang ingin dijual. Banyak yang perlu dipertimbangkan dalam memilih produk. Selain karena produk tersebut memang populer dan banyak dibutuhkan konsumen juga karena kamu paham mengenai produk tersebut. 

Sebelum menjalankan bisnis sebagai reseller, sebaiknya kamu mengetahui kualitas produk yang akan dijual, yaitu dengan mencobanya sendiri. Pengenalan ini penting agar kita lebih bisa meyakinkan konsumen.

Banyak reseller yang langsung saja menjual produk tanpa melakukan riset maupun pengenalan terhadap produk. Ini merupakan kesalahan yang umum dilakukan penjual yang justru membuat dagangannya sepi pembeli.

  • Rajin Promosi

Promosi merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam bisnis. Namun dalam menjalankan bisnis reseller, kamu tak perlu mengeluarkan uang untuk berpromosi, sebab hal ini bisa dilakukan dengan rajin melakukan posting produk.

Banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan dan memposting produk jualan, seperti Facebook, Instagram, ataupun menawarkan melalui status dan grup Whatsapp (pelajari bagaimana cara jualan di WhatsApp). Kamu juga perlu bergabung dengan grup jualan di Facebook yang banyak anggotanya.

Secara umum, iklan Facebook cenderung menjadi pilihan paling populer untuk reseller, terbukti dengan banyaknya produk yang ditawarkan oleh reseller melalui media ini. Kelebihan iklan Facebook juga cenderung lebih baik daripada jasa iklan lainnya, karena calon pelanggan tidak melihat produk pesaing lainnya dalam iklan kamu.

Dengan iklan Facebook, pelanggan hanya melihat iklan produk kamu saat mereka menelusuri feed dari history pencariannya. Kamu harus bereksperimen dengan berbagai produk untuk membuat iklan agar mendatangkan pelanggan dan menghasilkan uang dari sana.

Beriklan di Google Ads dan Google AdWords juga bisa menjadi langkah promosi yang tepat, karena dapat tampil di semua pencarian pelanggan yang menggunakan Google sebagai search engine. Kamu hanya membutuhkan optimasi dengan membidik kata kunci tertentu sesuai produk yang kamu promosikan.

Dalam iklan Google Adwords atau Google Ads, terdapat fitur bid yang dapat digunakan untuk mengatur berapa nilai anggaran harian dan klik dari iklan produk kamu.

  • Membuat Konten Sendiri untuk Promosi

Masih berkaitan dengan masalah promosi, kamu perlu membuat konten promosi sendiri agar memberikan kesan orisinil dan membedakan kamu dengan reseller lainnya yang menjual produk sejenis. Dari promosi video hingga blogging, pembuatan konten dapat membantu meningkatkan branding kamu. Dengan secara konsisten membuat konten, seiring waktu penjualan produk kamu akan meningkat.

Kamu dapat mendatangkan pelanggan dan menghasilkan uang melalui video dengan menyisipkan promosi iklan di video tersebut. Kamu juga dapat menghasilkan uang dari konten blog dengan memanfaatkan traffic blog kamu.

Semakin banyak konten berkualitas dengan trafik tinggi yang kamu buat, semakin besar kemungkinan kamu bisa mengarahkan trafik pengunjung tersebut ke bisnis reseller online shop kamu lewat review atau rekomendasi sebuah bisnis atau produk.

  • Komunikasi yang Baik

Melakukan banyak promosi maupun rajin posting produk tak akan ada artinya jika kamu tidak merespon konsumen yang meminta informasi mengenai produk yang kamu jual. Komunikasi yang baik dan responsif juga berperan penting dalam keberhasilan bisnis ini, karena akan membuat konsumen senang. Kalau pun mereka membeli produk kamu, maka mereka juga akan lebih senang mengabarkannya secara mulut ke mulut kepada temannya.

Banyak orang yang menjadi reseller namun mampu membukukan penjualan hingga jutaan rupiah setiap harinya. Namun tak sedikit juga yang sepi pembeli karena kurang mampu berkomunikasi dengan baik.

  • Melakukan Ekspansi dengan Membangun Jaringan Reseller

Menjalankan bisnis sebagai reseller bisa berkembang menjadi sebuah kerajaan bisnis baru. Sebagai reseller, kamu juga bisa berekspansi dengan membangun jaringan reseller baru . Ini merupakan strategi yang cukup efektif.

Tak sedikit reseller toko online yang mampu membangun banyak reseller baru karena berbagai keunggulan produknya, baik kualitas produk, harga grosir, respon yang cepat, hingga jaminan pengiriman yang cepat.

Artikel serupa

Leave a Comment