Blog BukuKas - Khawatir Kredit Macet Karena Hutang Piutang Usaha? Ini Solusinya

Khawatir Kredit Macet Karena Piutang Usaha? Ini Solusinya

Dalam suatu usaha, adanya piutang seringkali tidak terhindarkan. tagihan tersebut timbul karena adanya penjualan barang atau jasa yang pembayarannya dilakukan secara kredit. Dengan kata lain, piutang merupakan hutang berupa uang dari pihak lain terhadap usaha kamu akibat mereka membeli produk atau jasa kamu tanpa membayar secara tunai. 

Dengan demikian, piutang menjadi tuntutan pelaku usaha kepada pelanggan atau pihak eksternal yang diharapkan dapat diselesaikan dengan cara penerimaan sejumlah uang tunai yang sesuai dalam jangka waktu tertentu.

Demi kelangsungan bisnisnya, banyak pelaku usaha yang menerapkan pembayaran secara kredit, karena ternyata hal tersebut juga dapat meningkatkan keuntungan. 

Ada banyak alasan pelaku usaha menerapkan kebijakan piutang, salah satunya karena daya beli konsumen terbatas. Dengan kebijakan tersebut, konsumen diharapkan tetap membeli atau mengkonsumsi produk atau jasa yang kamu tawarkan, sehingga penjualan bisa terus berjalan. 

Tetapi dalam praktiknya seringkali timbul permasalahan, yaitu tidak lancarnya pembayaran tagihan tersebut, yang lazimnya disebut kredit macet atau tagihan yang tidak tertagih. Hal ini menimbulkan risiko terhadap kelancaran arus kas suatu usaha, sehingga pelaku usaha perlu melakukan cara-cara tertentu untuk meminimalisir terhambatnya pembayaran tagihan. 

Bagi suatu usaha, piutang di satu sisi bisa membuat penjualan tetap berjalan sehingga keuntungan bisa didapatkan, tetapi di sisi lain bisa pula berakibat buruk jika pelanggan terlambat melakukan pembayaran. Terlebih jika modal usahanya tidak terlalu besar, maka akan mempengaruhi kelancaran arus kas dan performa usaha secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelaku usaha perlu lebih selektif dalam memberikan piutang kepada pelanggan.

Bagaimana Cara Mengelola Piutang Usaha?

Untuk mencegah terjadinya tagihan yang macet atau tidak tertagih adalah dengan mengelola tagihan tersebut dengan efektif. Berikut ini adalah beberapa tips dari BukuKas mengenai bagaimana mengelola piutang.

  1. Membuat daftar khusus piutang. Ini adalah langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengelola tagihan. Rencanakan jumlah dan pengumpulan piutangnya, dan buatlah daftarnya secara rinci, termasuk jumlahnya, tanggal tagihan, tanggal jatuh tempo, dan yang penting adalah nama, alamat, dan nomor kontak yang dapat dihubungi untuk menagih.
  2. Kendalikan piutang dengan cara melakukan seleksi pelanggan yang dapat memperoleh piutang, serta menentukan risiko dan potongan kredit. Pelaku usaha juga perlu menetapkan ketentuan untuk mengatasi tunggakan tagihan.
  3. Menghitung perputaran piutang. Hal ini dilakukan untuk menilai efisiensi pengumpulan tagihan. Yang dimaksud dengan perputaran piutang di sini adalah periode waktu tagihan tersebut. Jika rata-rata waktu pengumpulan tagihan lebih lama dibandingkan dengan batas pembayaran maka artinya pengumpulan tagihan yang kamu lakukan kurang efisien.
  4. Menerapkan kebijakan kredit yang ketat. Aturan yang longgar akan memberikan celah bagi pelanggan untuk menghindari piutang. Oleh karena itu, terapkan kebijakan yang ketat untuk mengantisipasi masalah piutang tak tertagih, sehingga membuat pelanggan berpikir dua kali untuk menghindar dari penagihan. Kebijakan yang ketat bisa diterapkan dengan, misalnya, mempersingkat masa jatuh tempo.

Bagaimana Mengatasi Kegagalan Pengelolaan Piutang?

Walaupun antisipasi atau pencegahan sudah dilakukan, tetap saja bisa terjadi kegagalan dalam pengelolaan tagihan, sehingga terjadi piutang tak tertagih dan melewati jatuh tempo yang sudah ditetapkan. Jika terjadi piutang tak tertagih, bagaimana jika mengatasinya?

  • Lakukan follow up secara intensif sehingga membuat pihak tertagih merasa terdesak untuk segera membayar. Follow up bisa dilakukan dengan menghubungi pihak tertagih secara intens tetapi tetap sopan. Selain itu, kamu bisa mendatanginya jika tagihan belum terbayar untuk waktu yang lama.
  • Menerapkan denda agar menjadi pengingat pihak yang tertagih agar mereka membayar sebelum jatuh tempo. Pastikan peraturan mengenai denda ini bisa diterima kedua belah pihak, dan tidak terlalu memberatkan pihak yang tertagih sehingga yang bersangkutan tetap bisa melunasinya.

Solusi Tepat Mengelola Hutang Piutang Usaha

Masalah kredit macet akibat piutang sebenarnya juga bisa dihindari jika pelaku usaha memanfaatkan aplikasi digital untuk mengelolanya. Dengan menggunakan aplikasi keuangan digital BukuKas, hal-hal tersebut tidak perlu terjadi, karena aplikasi gratis yang bisa diunduh di Google Play Store ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang akan membantu melancarkan usaha.

Khusus perihal manajemen hutang piutang, BukuKas memiliki fitur Hutang Piutang yang memudahkan penggunanya untuk mencatat seluruh transaksi hutang piutang secara detail dan membantu mengontrol pembayarannya. Fitur ini memungkinkan para pelaku usaha untuk mengirimkan Pengingat Pembayaran Hutang kepada pihak yang berhutang agar pelunasannya dilakukan tepat waktu. Pengingat tersebut dikirimkan melalui aplikasi pesan WhatsApp, sehingga mudah diakses oleh penerima pesan.

Pengguna BukuKas juga dapat memanfaatkan fitur Credit Auto Reminder, dimana pengguna bisa mengatur tanggal untuk diingatkan oleh BukuKas untuk menagih utang kepada pelanggan, sehingga tagihan dapat dibayarkan sesuai tanggal jatuh tempo.

BukuKas - Apilkasi BukuKas Sebagai Solusi Kredit Macet Usaha

Dengan penggunaan fitur tersebut, pelaku usaha dapat mengelola utang piutangnya secara dengan lebih baik, sehingga dapat menghindari terjadinya kredit macet atau tagihan yang tidak tertagih yang membuat arus kas perusahaan menjadi terganggu.

Selain hutang piutang, aplikasi BukuKas ini juga dapat membantu pelaku usaha mengelola keuangan usaha secara keseluruhan untuk mencegah terjadinya manajemen keuangan yang buruk, yang menjadi sumber masalah dari kegagalan suatu usaha.

Kesimpulan

Cukup dengan mengunduh aplikasi BukuKas melalui Google Play Store dan mengikuti petunjuk penggunaannya, pelaku usaha dapat memanfaatkan beragam fitur yang ditawarkan dalam aplikasi tersebut untuk melakukan segala hal yang berkaitan dengan pengelolaan keuangan mereka.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Sudah saatnya para pelaku usaha di era digital ini melakukan perubahan dalam bisnis mereka dengan memanfaatkan aplikasi ini, sehingga semakin mampu untuk bertahan di tengah persaingan bisnis yang ketat, bahkan bisa berkembang. 

Dengan BukuKas, para pelaku bisnis dapat melakukan pengelolaan keuangan dengan praktis dan lancar, serta mudah untuk memonitor perkembangan usaha mereka dimana saja dan kapan saja, karena semua dapat dilakukan dalam genggaman perangkat mobile.

Artikel serupa

Leave a Comment