Blog BukuKas - 5 Peluang Bisnis Online di 2020 dan Tips Memulainya

5 Peluang Bisnis Online di 2021 dan Tips Memulainya

Bisnis online kini semakin diminati oleh banyak orang, mulai dari pelaku usaha yang sebelumnya sudah berbisnis secara konvensional (offline) hingga para pelaku usaha pemula, semuanya tertarik untuk go online dalam berbagai bidang usaha masing-masing. Selain karena keuntungan yang menjanjikan, bisnis online menawarkan berbagai kemudahan dengan memanfaatkan jaringan Internet. Cari tahu yuk, apa keuntungan berbisnis secara online, berbagai bidang dalam bisnis online, serta beberapa tips untuk memulai bisnis secara online.

‘Bisnis online’ menjadi istilah yang semakin populer dalam beberapa tahun belakangan ini, karena terus bertambahnya pelaku usaha yang menekuninya. Menjalani bisnis secara online berarti memanfaatkan teknologi internet untuk melakukan berbagai aktivitas usaha. Tidak dapat dipungkiri bahwa internet sudah menjadi bagian penting dan tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat saat ini, termasuk para pelaku usaha, dari mulai UMKM, startup, serta perusahaan besar hingga yang berskala global. Hadirnya teknologi internet telah menyediakan banyak peluang usaha baru yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. 

Dengan memanfaatkan internet, ada banyak kesempatan yang terbuka bagi siapa saja untuk mendapatkan penghasilan dalam jumlah besar, tidak hanya para pelaku e-commerce atau pemilik usaha online, tetapi juga para pemula yang terus belajar dan berusaha mencari peluang untuk menghasilkan uang lewat dunia maya. 

Berbisnis secara online saat ini tidak hanya menjadi usaha sampingan demi mendapatkan tambahan dari penghasilan tetap atau gaji bulanan saja, tetapi sudah bisa menjadi sumber pendapatan utama. Banyak orang yang menggantungkan kelangsungan hidup mereka dan keluarga mereka dengan berbisnis atau bekerja secara online.

Keuntungan Berbisnis secara Online

Siapapun yang bisa memanfaatkan kecanggihan internet secara benar dan efektif, akan bisa mendapatkan keuntungan yang tidak sedikit, terutama bagi yang ingin membuka usaha online. Apa saja keuntungan berbisnis secara online?

  • Bisa dilakukan di mana saja

Bisnis online menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin memiliki usaha tanpa perlu bingung memikirkan tempat usaha, karena bisnis online bisa dijalankan di mana saja dan kapan saja, selama ada koneksi internet. Pelaku bisnis online bisa menjalankan usahanya dari rumah. Ketika mereka sedang berada di luar rumah, mereka pun bisa memantau kondisi usaha mereka melalui perangkat mobile, dengan memanfaatkan segala fitur dan aplikasi yang sesuai. Dengan konsistensi, ketekunan, tanggung jawab serta komitmen yang sungguh-sungguh, para pelaku bisnis online bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar ketimbang mereka yang menjadi pegawai kantoran yang harus bekerja dari pagi hingga sore.

  • Tidak selalu bermodal besar

Bisnis online tidak melulu butuh modal besar. Banyak jenis usaha di dunia maya yang bisa dimulai dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sama sekali, misalkan menjadi dropshipper. Tidak perlu memikirkan biaya sewa tempat untuk toko, cukup dengan perangkat mobile dan koneksi internet. Banyak pula peluang untuk mendapatkan uang di dunia maya dengan cara memanfaatkan keahlian yang dimiliki, tanpa harus keluar uang sepeserpun, misalnya menjadi penulis lepas, penerjemah, desainer grafis, atau sekedar mengikuti survey online yang berbayar.

  • Lebih praktis untuk dijalankan

Ada berbagai platform yang dapat dimanfaatkan untuk memudahkan pelaku usaha untuk menjalankan berbagai upaya dalam bisnis online, misalkan dengan menjual produk di marketplace, berjualan lewat grup jual-beli di media sosial ataupun berpromosi dan menampilkan katalog produk lewat akun media sosial dan aplikasi WhatsApp, memasang iklan di internet, dan sebagainya.  Untuk pengelolaannya, pelaku usaha juga bisa menggunakan aplikasi digital yang memiliki berbagai fitur yang memberi kemudahan, misalkan dalam hal pembukuan.

  • Jangkauan konsumen lebih luas

Internet bisa menjangkau seluruh dunia. Apapun yang kamu posting ke dunia maya bisa diakses dari manapun selama koneksinya memadai. Dengan berbisnis online, kamu bisa menjangkau konsumen secara lebih luas, sehingga usaha kamu semakin berpeluang untuk berkembang dan memiliki pelanggan di berbagai lokasi. Lain halnya jika kamu berbisnis secara konvensional, misal dengan membuka toko, tanpa berjualan di internet. Tentunya akan kecil kemungkinannya kamu bisa menjangkau pelanggan secara lebih luas.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Jenis Bisnis Online

Buat kamu yang ingin menggeluti bisnis secara online atau memiliki pekerjaan sampingan di dunia maya, berikut adalah beberapa jenis atau kategori peluang bisnis online yang semakin populer dan bisa memberikan penghasilan yang besar. Yang dibahas di sini hanyalah lima dari sekian banyak jenis bisnis online lainnya.

1. Menjual Produk di Toko Online dan Marketplace

Peluang bisnis online yang paling populer adalah berjualan via toko online (situs e-commerce). Memang, untuk membuat sebuah toko online bagi para pemula tidak gampang. Kamu harus memilih dan membeli nama domain, membeli paket hosting, membeli template/tema toko online, mengisi konten, dan mengelolanya dengan benar. Agar lebih praktis, manfaatkanlah jasa pembuat toko online yang banyak tersedia di internet.

BukuKas - Menjual Produk di Toko Online dan Marketplace

Selain membuka toko sendiri secara online melalui website, kamu juga bisa berjualan di marketplace alias pasar online seperti Tokopedia, Shopee, Zillingo, maupun situs-situs marketplace lainnya. Marketplace ibarat sebuah pasar jual beli di dunia maya dimana para pedagang berkumpul dalam satu tempat yang sama. Hal ini menjadi salah satu solusi bagi para UKM yang ingin go online, namun belum mampu membuka toko online secara mandiri.

2. Menjadi Blogger, Vlogger atau YouTuber

Blogging masih menjadi media populer untuk menghasilkan uang puluhan juta rupiah per bulan. Bahkan dalam lima tahun terakhir, kegiatan menulis artikel dalam bentuk blog bagi sebagian orang bukan lagi menjadi kerja sampingan, tetapi menjadi pekerjaan utama. Untuk membuat blog, ada banyak platform yang bisa dipilih, namun yang paling populer dan terbukti bisa digunakan untuk menghasilkan uang (monetize) adalah Blogspot/Blogger (gratis) dan WordPress (versi berbayar).

BukuKas - Menjadi Blogger, Vlogger atau YouTuber

Lalu, bagaimanakah caranya menghasilkan uang dengan blog? Setelah blog kamu mendapatkan traffic kunjungan yang tinggi, kamu bisa memperoleh penghasilan dengan memasang iklan, bergabung dalam afiliasi pemasaran, menjual space iklan, menulis konten review, atau menjual blog kamu ke orang lain.

Jika blog lebih mengutamakan informasi berupa tulisan dan gambar, maka Youtube mengutamakan konten berupa video.  Situs dan aplikasi Youtube merupakan salah satu media sosial tempat berbagi video. Nah, video-video yang diunggah (upload) oleh pengguna Youtube ternyata bisa di-monetize alias dipasangi iklan untuk bisa menghasilkan uang. Video yang diunggah sebaiknya orisinil hasil karya sendiri ya, jika tidak ingin tersandung masalah copyright.

3. Menjual Jasa, Kursus dan Konsultasi

Bisnis ini menjual jasa di dunia maya lewat beragam skill yang dimiliki, misalnya seperti jasa pengurusan surat izin usaha, desain grafis, fotografi, dan lain-lain. 

Peluang bisnis online yang prospektif di tahun-tahun depan adalah jasa kursus dan konsultasi online. Bisnis ini sangat cocok dilakoni oleh orang-orang yang memiliki kemampuan dan keahlian mumpuni dalam bidang tertentu.

BukuKas - Menjual Jasa, Kursus dan Konsultasi

Beberapa contoh untuk bidang bisnis ini adalah konsultasi SEO (Search Engine Optimization) sebuah website, kursus pembelajaran siswa, konsultasi pengembangan bisnis, kursus masak online, konsultasi masalah keuangan, dan sebagainya. 

Jika kemampuan menulis kamu cukup bagus, maka bisnis online menyediakan peluang untuk menjadi seorang blogger, penulis review produk, atau penulis konten (artikel, gambar, video) untuk situs orang lain. Dalam urusan tulis-menulis, profesi di internet yang juga banyak dibutuhkan adalah Copywriter yang bertugas membuat kata-kata menarik sebagai bagian dari kegiatan promosi produk. Sementara itu, kemampuan multi bahasa bisa dimanfaatkan untuk menggeluti profesi sebagai penerjemah bahasa.

4. Bergabung dalam Affiliate Marketing

Bisnis affiliate marketing atau afiliasi pemasaran merupakan salah satu jenis bisnis online yang menghadirkan pangsa pasar dan perputaran uang yang besar. Bisnis ini mencakup kegiatan memasarkan produk dari suatu perusahaan pemilik produk (affiliate merchant) dengan cara bergabung atau mendaftar terlebih dahulu menjadi affiliate marketer (pemasar produk). Mereka hanya akan dibayar atau diberi komisi ketika produk tersebut berhasil terjual melalui jasanya.   

Intinya, jika kamu terjun ke bisnis ini, kamu harus berupaya mempromosikan dan memasarkan produk milik pihak lain agar cepat laku. Pemasaran dengan afiliasi ini bisa dikatakan merupakan model bisnis online yang relatif mudah bagi pemula dan dapat mendatangkan passive income yang lumayan.

BukuKas - Bergabung dalam Affiliate Marketing

Lalu dimanakah tempat daftar untuk bergabung dalam bisnis afiliasi? Saat ini ada banyak perusahaan e-commerce dan pemilik bisnis online yang membuka kerjasama untuk memasarkan produk yang mereka jual. Untuk mengawali bisnis ini, kamu sebaiknya memiliki sebuah blog atau website pribadi agar kamu fleksibel untuk menempatkan banner iklan produk, link afiliasi, dan menulis review produk. Buatlah website atau blog dengan tema sesuai dengan produk afiliasi yang kamu pasarkan. Kamu bisa menggunakan jasa pembuatan website ataupun blog jika seandainya belum mengerti cara membuatnnya sendiri.

5. Mengikuti Survey Online Berbayar

Ada banyak perusahaan riset yang melakukan penelitian dan pengumpulan data atau opini terhadap para pelanggan melalui survey online. Ini artinya mereka harus membayar setiap pendapat yang anda berikan mengenai produk terkait.

BukuKas - Mengikuti Survey Online Berbayar

Memang dengan mengikuti program paid survey tak akan memberikan banyak uang, namun bagi pemula atau pengangguran, ini bisa menjadi  cara mengisi waktu luang agar lebih produktif. Cukup isi dan jawab survei yang diberikan, setelah itu kamu akan mendapat poin, bonus, reward, atau komisi yang bisa diuangkan.

Tips Memulai Bisnis Online

Banyak orang yang punya banyak ide di kepalanya untuk memulai bisnis secara online, tetapi terkendala untuk merealisasikan ide tersebut karena berbagai alasan, sehingga tidak kunjung memulai usaha tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai bisnis online.

  • Cari tahu kebutuhan orang banyak

Mulailah bisnismu dengan mencari tahu apa yang banyak dibutuhkan orang saat ini. Kalau produk atau jasa yang kamu tawarkan itu banyak yang membutuhkan, maka akan lebih mudah menjalankan usahamu karena pasti banyak yang mencari produk atau jasa tersebut.

  • Pelajari strategi promosi yang bagus

Selain mengandalkan koneksi internet, bisnis online mengandalkan kecakapan dalam berkomunikasi dalam bentuk tulisan dan gambar, baik berupa foto maupun video. Dalam berpromosi, gunakan kata-kata yang mampu membuat orang tertarik dengan apa yang kamu tawarkan.

  • Gunakan berbagai platform media sosial

Optimalkan penggunaan semua media sosial untuk menawarkan produk atau jasamu. Setiap media sosial mempunyai karakteristik yang berbeda, dari segi fitur yang tersedia maupun karakteristik penggunanya, kenali tips-tips untuk berpromosi di media sosial dan manfaatkan fitur-fiturnya semaksimal mungkin.

  • Jaga kepercayaan pelanggan

Jika sudah memiliki konsumen, berikan pelayanan yang sebaik-baiknya dan buatlah mereka ‘tergantung’ pada produk atau jasa yang kamu tawarkan. Berikan juga berbagai benefit ataupun penawaran menarik, seperti bonus dan potongan harga.

***

Setiap usaha yang kamu pilih sebaiknya harus dilakukan dengan komitmen dan dedikasi yang tinggi juga. Terlebih lagi jika usaha ini adalah sesuatu yang kamu gemari, sehingga bisa menjadi penyaluran passion sekaligus mendatangkan keuntungan. 

Apapun jenis bisnis online yang kamu pilih, pastikan kamu melakukan pembukuannya dengan benar. Gunakan aplikasi keuangan yang bisa membantu kamu melakukan banyak hal terkait dengan pengelolaan keuangan usaha lewat berbagai fiturnya yang praktis dan gratis.

Artikel serupa

Leave a Comment