Blog BukuKas - Cara dan Tips Sukses Memulai Usaha Kios PPOB

Peluang, Cara, dan Tips Sukses Usaha Kios PPOB

Membayar berbagai tagihan sudah jadi kewajiban banyak orang setiap bulannya. Bayar tagihan listrik, air, iuran BPJS, internet, cicilan barang-barang, dan lain-lain. Seringkali mereka tidak sempat membayar sampai akhirnya terjadi keterlambatan pembayaran karena melewati tanggal jatuh tempo. Kalau sudah begini, tagihan jadi lebih besar karena harus membayar denda. Mereka tidak punya waktu untuk pergi ke beberapa tempat yang berbeda untuk membayar semua tagihan tersebut, belum lagi jika harus mengantri. Dari kondisi tersebut, muncullah peluang bisnis di mana orang memberikan jasa sebagai perantara dalam pembayaran berbagai tagihan, yaitu dengan membuka usaha sebagai penyedia Payment Point Online Bank (PPOB), atau sering juga disebut kios pembayaran.

BukuKas - Kios PPOB Pak Kas

Melalui PPOB, berbagai kebutuhan seperti listrik, air, internet dan iuran BPJS bisa dibayarkan di satu tempat. PPOB menjadi solusi untuk orang-orang yang perlu bantuan untuk mempermudah pembayaran tagihan mereka. 

Dengan kemudahan akses internet saat ini, semakin banyak orang yang menekuni bisnis ini yang bahkan bisa dilakukan dari rumah sendiri. Apa kamu tertarik menjalankan usaha PPOB ini? 

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha ini:

1. Peralatan dan saldo awal

Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini tidak terlalu besar. Yang penting adalah satu set komputer lengkap dengan printer, koneksi internet, dan saldo awal. Printer diperlukan untuk mencetak tagihan dan tanda bukti pembayaran.

Untuk koneksi internet, sebaiknya kamu menggunakan perangkat Wi-Fi dan berlangganan paket internet bulanan untuk memastikan koneksinya lebih stabil. Hal ini penting untuk menunjang kecepatan proses transaksi pembayaran, sehingga bisa dilakukan dalam waktu singkat dan tidak membuat pelanggan berlama-lama menunggu. Saldo awal atau deposit ini nantinya digunakan untuk membayarkan tagihan pelanggan.

2. Lokasi yang strategis

Walaupun PPOB adalah bisnis online, kamu tetap perlu sebuah ruangan untuk dijadikan loket pembayaran ini. Sebenarnya faktor lokasi ini penting untuk mempermudah pelanggan menemukan tempat ini.

Kalau rumahmu berada di lokasi yang strategis, kamu bisa memanfaatkan satu ruang di bagian depan rumahmu untuk tempat melayani pelanggan. Setidaknya kamu bisa menghemat biaya sewa tempat. Jika kamu punya modal yang cukup besar, mungkin kamu bisa menyewa ruko.

Kalaupun letak rumahmu kurang strategis, misalkan di dalam kompleks perumahan, kamu tetap bisa menjalankan usaha ini dengan lebih banyak berpromosi dan memasang papan petunjuk agar banyak orang yang mengetahui lokasi usahamu ini.

3. Menjalin kerjasama dengan vendor atau agen PPOB

Setelah kamu memiliki tempat dan semua perangkat yang diperlukan, saatnya mencari vendor atau agen PPOB. Banyak vendor PPOB yang bersedia bekerjasama dengan para pelaku usaha baru.

Pilih dengan seksama, bandingkan kelebihan dan kekurangan satu sama lain.

Masing-masing vendor memiliki aturan dan memberikan keuntungan dengan skema yang berbeda-beda. Kamu juga harus memastikan bahwa agen tersebut benar-benar kredibel sehingga dapat terhindar dari hal-hal buruk, misalnya penipuan. Usahakan mencari vendor dengan layanan yang lengkap dan mudah digunakan. Yang paling utama adalah menyediakan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan, sehingga usaha kamu akan berjalan lancar, dan keuntungan akan bertambah.

4. Melakukan promosi usaha dan strategi pemasaran yang tepat

Promosi bisa dilakukan dengan banyak cara. Buatlah berbagai alat promosi yang sekiranya bisa memperluas jangkauan terhadap calon pelanggan yang potensial.

Cara yang dapat dilakukan misalnya membagikan brosur di sekitar tempat tinggal kamu, dan di sekitar tempat usahamu (jika kamu menjalankan usaha tersebut bukan di rumahmu), hingga ke lokasi lain.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Selain itu, perlu dipikirkan strategi yang tepat untuk mengembangkan bisnis layanan PPOB ini, misalnya untuk menjangkau pelanggan yang enggan keluar rumah hanya untuk membayar tagihan listrik, kamu bisa mendatangi mereka dan menawarkan layanan PPOB kamu. Semakin besar jaringan usahamu, semakin besar pula keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

5. Memasang papan petunjuk arah

Untuk mempermudah pelanggan menemukan tempat PPOB kamu, pasanglah papan penunjuk arah di beberapa lokasi yang strategis. Hal ini juga akan membuat usaha kamu ini lebih dikenal banyak orang.

6. Melakukan pencatatan tanggal pembayaran tagihan

Sebaiknya catat dengan pasti, tanggal berapa pelanggan harus membayar tagihan kepadamu. Lakukan pencatatan dan penagihan dengan teliti agar usahamu tidak merugi. Pembayaran yang tersendat-sendat akan menghambat perkembangan usahamu, sehingga keuntungan yang didapat pun tidak maksimal.

7. Menjalankan usaha dengan serius

Jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, kamu harus selalu aktif memasarkan setiap layanan yang disediakan oleh vendor PPOB yang bekerjasama denganmu. Jalankan bisnis ini dengan serius, ikuti setiap perkembangan terbaru sehingga kamu tidak ketinggalan dalam berinovasi, dan para pelanggan pun akan semakin tertarik untuk menggunakan layanan PPOB yang kamu sediakan.

8. Memberikan pelayanan terbaik

Jika ruangan tempat usahamu cukup luas, maka kamu bisa memodifikasi ruangan tersebut agar pelanggan merasa nyaman, misalnya membuat loketnya sebaik mungkin agar memudahkan jika ada antrian, serta melengkapi tempat pembayaran dengan ruang tunggu yang dilengkapi kursi, kipas angin atau AC dan televisi, jika memungkinkan. Selain itu, berikan pelayanan yang ramah kepada pelanggan sehingga mereka merasa puas dan tidak akan berpikir dua kali untuk terus menggunakan layanan PPOB di tempat usahamu.

BukuKas - Pak Kas Sedang Melayani Pelanggan Usaha PPOB Miliknya

Pelayanan yang ramah yang bertujuan untuk menarik minat pelanggan menjadi indikator penting untuk menentukan keberhasilan usaha jasa, termasuk PPOB ini.

Selain hal-hal tersebut, kamu harus memastikan adanya ketersediaan dana sebagai pendukung bisnis. Oleh karena itu, pengelolaan keuangan bisnis harus dilakukan dengan benar.

Apapun jenis bisnismu, mengelola keuangan adalah hal yang tidak bisa dilalaikan, karena hal ini menjadi penentu berhasil atau tidaknya suatu bisnis.

Pengelolaan keuangan perusahaan haruslah berdasarkan sistem pembukuan yang umum digunakan. Jika kamu merasa sedikit kesulitan untuk mengatur keuangan bisnis sekaligus memikirkan strategi pemasarannya maka kamu bisa menggunakan aplikasi digital yang kini tersedia dan dapat diunduh secara gratis lewat handphone-mu.

Lakukanlah beberapa cara di atas agar kamu dapat meraup keuntungan hingga jutaan rupiah dari bisnis PPOB yang kamu miliki. Dengan keseriusan serta konsistensi, dijamin bisnis ini akan membawa keuntungan yang tidak sedikit. Keuntungan yang besar tentunya akan membuat kondisi keuangan kamu semakin menjanjikan, dan peluang pertumbuhan usahamu makin besar.

9. Buat pembukuan keuangan

Pembukuan keuangan menjadi hal yang begitu penting dilakukan jika kamu ingin usaha toko PPOB kamu cepat berkembang. Catatan keuangan harian harus kamu perhatikan sejak awal memulai usaha. Dari pembukuan keuangan, kamu bisa melihat laporan keuangan harian sehingga dapat mengetahui sejauh mana usahamu menghasilkan keuntungan dan bagaimana kamu dapat mengendalikan arus kas dalam usahamu.

Karena ketika usaha kamu mulai berkembang, dan pembelian akan semakin meningkat. Oleh karena itu, jumlah pemasukan dan utang-piutang kamu perlu diketahui secara akurat agar kamu bisa menghitung marjin dan meningkatkan keuntungan secara maksimal.

Saat ini sudah banyak aplikasi keuangan gratis yang dapat membantu kamu menyusun pembukuan secara praktis, efisien, dan akurat

Artikel serupa

Leave a Comment