Blog BukuKas - Peluang Usaha Laundry dan Tips Sukses Memulainya

Peluang Usaha Laundry dan Tips Sukses Memulainya

Pertumbuhan penduduk disertai dengan demand akan gaya hidup yang serba cepat dan efisien ditengah kesibukan masyarakat sehari-hari membuka peluang besar untuk berbagai jenis usaha, salah satunya usaha laundry. 

Usaha jasa mencuci pakaian ini terbukti bukan cuma peluang usaha yang musiman. Kemunculannya bahkan semakin menjamur, tidak hanya di daerah perkotaan, tetapi juga di pemukiman padat penduduk yang terletak di pinggiran kota. 

Semakin padatnya aktivitas masyarakat yang menjadikan mereka lebih membutuhkan jasa mencuci membuat usaha laundry ini terus berkembang. Buat orang-orang dengan tingkat kesibukan yang tinggi, mencuci pakaian bisa jadi persoalan tersendiri, karena membutuhkan waktu untuk proses mencuci, menjemur dan menyetrika yang sangat menguras tenaga. Mereka tidak punya cukup waktu untuk mengurus tumpukan pakaian kotor mereka, sehingga perlu bantuan untuk menjadikannya kembali rapi, wangi, dan siap dipakai tanpa harus repot.  

Hal inilah yang menjadikan peluang usaha laundry semakin besar. Kini, jenis usaha laundry juga sudah cukup beragam. Selain usaha laundry kiloan, berkembang pula bisnis laundry koin yang menerapkan sistem yang lebih inovatif dan hemat waktu. Ada pula laundry khusus sepatu, tas, dan helm. Skala bisnis ini pun berbeda-beda, ada yang skala rumahan sampai yang level perusahaan, yang masing-masing memiliki preferensi dan target yang berbeda dalam hal lokasi dan segmen pasar yang dilayani.

Peluang Usaha Laundry

Berikut beberapa hal yang menggambarkan alasan bahwa peluang bisnis laundry semakin menjanjikan.  

Pertama, semakin banyaknya mahasiswa yang tinggal di tempat kost. Mereka umumnya tidak punya waktu bahkan malas untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Banyak dari mereka yang terbiasa hidup nyaman dan “tahu beres” saat masih tinggal bersama orang tua, sehingga tidak ingin repot mencuci pakaian dan akhirnya memilih untuk menggunakan jasa laundry.

BukuKas - Seorang Pria Sedang ke Laundry

Kedua, meningkatnya jumlah para karyawan yang juga tinggal di tempat kost. Orang-orang yang mendapatkan pekerjaan di tempat yang jauh dari daerah asal mereka pada umumnya akan tinggal di tempat kost. Dengan kesibukan pekerjaan di kantor, mereka tidak sempat mencuci pakaian sendiri. Di hari kerja, mereka pergi pagi, pulang sore atau malam, dan di saat weekend mereka mengisi waktu dengan bepergian, bersenang-senang dan membangun networking. Mereka pada umumnya masih hidup sendiri, dan tentunya sudah punya uang sendiri. Mungkin mereka menyisihkan budget khusus dari gaji mereka untuk biaya laundry. 

Ketiga, banyaknya pasangan baru yang sibuk bekerja. Pasangan yang baru menikah, yang keduanya sama-sama membangun karir, tidak punya waktu untuk mencuci sendiri pakaian mereka. Mereka lebih memilih untuk me-laundry pakaian mereka ketimbang menggaji pembantu rumah tangga, karena lebih hemat dan tentunya lebih aman. 

Keempat, selain laundry pakaian, banyak masyarakat juga membutuhkan jasa mencuci sepatu, tas, dan helm. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Tips Memulai Usaha Laundry

Untuk para pelaku bisnis pemula, sebenarnya usaha laundry adalah pilihan yang bagus, mengingat bisnis ini tidak menuntut banyak keahlian dan bisa dijalankan sebagai bisnis rumahan, sehingga relatif lebih memungkinkan untuk direalisasikan, dengan bekal modal, kemauan dan rencana.. 

Tetapi pada kenyataannya, memulai suatu usaha tidak selalu semudah yang dibayangkan. Meskipun banyak yang sukses, banyak pula yang mengalami kegagalan karena kurangnya pengetahuan dan perencanaan usaha yang matang.

Setelah modal tersedia dan kamu memutuskan untuk menjalani bisnis laundry, banyak hal-hal yang perlu dipersiapkan agar orang yang membutuhkan jasa laundry datang ke tempat kamu dan akhirnya memutuskan untuk menjadi pelanggan tetap.

1. Lokasi yang tepat

Keberlangsungan suatu usaha banyak ditentukan oleh lokasi yang tepat. Hal ini juga berlaku untuk bisnis laundry. Tentukan terlebih dahulu target pasar berdasarkan survei kecil-kecilan yang kamu lakukan sendiri dengan mempertimbangkan prospeknya. 

Selain pertimbangan soal target pasar, penentuan lokasi juga tergantung dari besarnya modal yang tersedia. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan lokasi adalah strategis, mudah diakses dan memiliki sistem penyediaan air bersih serta drainase yang baik. Ruangannya juga harus memadai untuk operasional laundry, yaitu dapat menampung beberapa unit mesin cuci, rak besar untuk pakaian yang sudah selesai di-laundry dan ruang untuk menyetrika.

2. Harga yang bersaing

Persaingan dalam usaha laundry cukup ketat, karena memang prospeknya masih menjanjikan. Dalam menentukan harga, pertimbangkan calon pelanggan yang jadi target market kamu, jangan sampai terlalu mahal atau tidak sesuai dengan kemampuan ekonomi mereka. Jangan pula terlalu murah hingga membuat kualitas pelayanan usaha kamu jadi menurun dan kamu jadi harus menanggung kerugian. Perhitungkan juga harga pasaran atau harga yang sudah ditetapkan oleh laundry yang lain yang kira2 sebanding levelnya dan memiliki target pasar yang sama. Kamu juga harus memastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas pelayanan yang kamu berikan untuk pelanggan.

3. Metode promosi yang tepat

Kamu perlu menerapkan strategi promosi yang tepat untuk dapat menarik perhatian para calon pelanggan. Cara yang simpel seperti memasang banner atau menyebarkan brosur masih bisa dijalankan, dibarengi dengan metode yang memanfaatkan teknologi. Kamu bisa membuat akun media sosial dan website khusus sebagai sarana pemasaran online, yang sebenarnya lebih hemat biaya ketimbang promosi secara offline.

4. Karyawan yang kompeten dan bertanggung jawab

Karyawan yang baik, kompeten, jujur dan bertanggung jawab adalah salah satu faktor penting bagi suksesnya suatu usaha. Demikian juga dengan usaha laundry, penting untuk mempekerjakan karyawan yang bisa mengoperasikan mesin cuci dan menyetrika dengan baik, sehingga pakaian pelanggan menjadi bersih, rapi dan wangi. Karyawan juga harus bisa melayani pelanggan dengan ramah.

BukuKas - Suasana Kerja di Laundry

5. Seluk-beluk bisnis laundry dan perkembangannya

Sebagai pelaku usaha baru di bidang laundry, kamu perlu belajar mengenai seluk-beluk bisnis ini dan perkembangannya, dengan cara banyak bertanya kepada pelaku bisnis yang sudah berpengalaman. Bisa dengan bertanya langsung, melalui forum-forum online, dan dengan banyak membaca dari berbagai sumber secara online. Dengan begitu, kamu bisa banyak dapat informasi untuk menjalankan usaha kamu dengan lebih baik dan terhindar dari berbagai kesalahan umum yang bisa saja terjadi dalam merintis usaha laundry.

6. Ketepatan waktu

Ketepatan waktu merupakan hal yang penting dalam bisnis laundry, karena berpengaruh langsung pada kepuasan pelanggan dan reputasi bisnis kamu. Pakaian pelanggan harus selesai dikerjakan dalam jangka waktu tertentu yang dijanjikan. Karyawan juga harus mengerti alur kerja dan jadwalnya, sehingga kamu bisa menjamin ketepatan waktu penyelesaian laundry bagi setiap pelanggan. Dengan begitu, pelanggan akan puas dan akan kembali lagi jika mereka membutuhkan jasa laundry.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

7. Kehati-hatian dalam menangani pakaian pelanggan

Menjalankan bisnis laundry berarti kamu harus menangani pakaian milik pelanggan dengan hati-hati selama proses cuci dan setrika, agar pakaian pelanggan dapat dikembalikan dalam kondisi bersih, rapi dan wangi tanpa ada kerusakan apapun. Karyawan juga perlu diingatkan untuk bekerja dengan teliti dan menghindari kecerobohan selama bekerja. 

Berhati-hati berarti kamu memperlakukan pakaian milik pelanggan seperti pakaianmu sendiri, misal dengan cara tidak mencampur semua jenis pakaian dalam satu kali cuci, memisahkan pakaian putih dengan berwarna agar tidak luntur. Diperlukan ketelitian juga untuk memastikan tidak ada pakaian pelanggan yang hilang atau tertukar. Kehati-hatian dalam menangani pakaian pelanggan berarti menjaga kepercayaan pelanggan, dan hal ini akan sangat mempengaruhi kesuksesan usahamu.

8. Pelayanan yang berkualitas dan terus meningkat

Menyediakan pelayanan yang berkualitas untuk pelanggan adalah hal yang seharusnya dilakukan suatu bisnis. Namun yang lebih baik adalah menjaga kualitas tersebut dan meningkatkannya seiring waktu dan sejalan dengan perkembangan bisnis kamu. Jika pelanggan puas, mereka akan kembali lagi menggunakan jasa laundry kamu dan mungkin juga merekomendasikan ke orang-orang terdekatnya. Jika ada yang tidak puas, segera lakukan perbaikan. 

Memberikan pelayanan terbaik termasuk melayani dengan ramah saat menerima dan menyerahkan hasil cucian, ketepatan waktu, kondisi pakaian yang bersih, rapi dan wangi. 

Meningkatkan layanan berarti menjadikannya lebih baik dan mengembangkan bentuk layanan tambahan, misalkan menyediakan layanan ekspress, melayani laundry khusus barang-barang tertentu selain pakaian, misalnya karpet, selimut, bedcover, boneka, tas, dan sebagainya. Bisa juga dengan menawarkan varian pewangi pakaian yang berbeda sesuai kesukaan pelanggan. 

Sejak awal memulai bisnis, pastikan kamu melakukan pengaturan keuangan yang baik, karena hal itu akan sangat membantu perkembangan bisnis kamu. Pengaturan keuangan mencakup pencatatan setiap transaksi pemasukan, pengeluaran untuk biaya operasional dan lain-lain, secara rutin dan lengkap dalam setiap periodenya, sehingga tersusun pembukuan yang baik. Jika tidak ada catatan yang lengkap, dikhawatirkan terjadi ‘kebocoran’ dalam arus kas kamu, sehingga berakibat pada kerugian. Untuk mempermudah pencatatan, gunakan aplikasi pembukuan digital yang dapat diunduh dan digunakan secara gratis dan praktis.

Artikel serupa

Leave a Comment