[UPDATE] 18 Peluang Usaha Modal Kecil Menjanjikan di Tahun 2020

Kalau bicara peluang usaha, kini membuka usaha sendiri memang menjadi impian banyak orang, bukan hanya mereka yang tidak memiliki pekerjaan. Orang-orang yang sudah bekerja tetap di suatu perusahaan atau instansi tertentu pun semakin banyak yang tertarik untuk menjalani usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Namun, tidak semua yang ingin memiliki bisnis sendiri mampu mewujudkan mimpi mereka. Banyak hal yang membuat mereka ragu untuk memulai, misalnya bingung memilih usaha apa yang sebaiknya ditekuni dan tidak yakin apakah mampu menjalaninya dengan konsisten.

Kendala lainnya yang utama adalah soal keterbatasan modal, sehingga pada akhirnya banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk berwirausaha karena kesulitan mendapatkan tambahan modal.

BukuKas - Seorang Pria Sedang Memikirkan Ide Peluang Usaha

Apakah kamu yang ingin memulai usaha sendiri juga berpikir seperti itu?

Makin banyak keraguan justru membuat usaha yang kamu impikan tak kunjung terwujud. Sebenarnya, kamu bisa memulai dari usaha di rumah.

Banyak pilihan peluang usaha yang tersedia yang bisa dijalankan dari rumah, terlebih dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi saat ini, yang membuka peluang usaha menjadi lebih luas dan bisa dikelola selama ada koneksi internet.

Meskipun hanya usaha rumahan, bukan tidak mungkin akan berkembang menjadi usaha yang sukses dan menghasilkan keuntungan yang menggiurkan.

Usaha rumahan ini tidak selalu membutuhkan modal besar, bahkan banyak peluang usaha yang bisa dijalankan hanya bermodalkan kurang dari Rp5.000.000, malah ada juga yang hanya membutuhkan ratusan ribu rupiah saja!

1. Menjadi Dropshipper

Dunia e-commerce yang berkembang pesat juga membuka peluang bisnis baru untuk menjadi dropshipper, yaitu menjalankan bisnis online tanpa perlu repot menyimpan stok barang dagangan. Dengan kata lain, kamu hanya sebagai perantara. Setelah kamu mendapatkan order, selanjutnya serahkan pada supplier yang akan melakukan pengiriman barang ke customer.

Kamu bisa menjadi dropshipper hanya dengan bermodalkan laptop atau smartphone dan koneksi internet dan kemampuan yang baik dalam menjual. Carilah e-commerce atau supplier yang dapat dipercaya untuk bekerjasama. Melakukan bisnis ini tidak perlu waktu seharian, cukup memanfaatkan waktu luang.

BukuKas - Model Bisnis Dropshipper

2. Jualan Pulsa dan Paket Internet

Saat ini, hampir setiap orang menggunakan handphone, yang berarti mereka akan selalu membutuhkan pulsa dan paket internet. Kamu bisa mulai usaha ini dengan modal awal beberapa ratus ribu saja. Cukup dengan memasang spanduk dan etalase kecil, maka para pelanggan bisa melihat dan mendatangi rumahmu saat mereka butuh pulsa dan paket internet. Kamu juga bisa berjualan aksesoris handphone dan menawarkan servis handphone untuk kerusakan yang ringan.

BukuKas - Seorang Pria Maru Memulai Usaha Konter Pulsa

3. Bisnis Katering Harian

Kesibukan sehari-hari dan pola hidup yang serba praktis membuat banyak orang jarang memasak sendiri untuk makanan mereka sehari-hari, terlebih orang-orang yang bekerja dengan office hours.

Kalau kamu jago masak, kamu bisa menjadikan situasi ini sebagai peluang bisnis dengan cara menawarkan catering harian dengan menu masakan rumahan.

Agar pelanggan tidak bosan, kreasikan menu masakan yang lezat dan menarik, apalagi kalau menunya menyehatkan, bisa jadi nilai tambah di tengah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat.

Bisnis kuliner memang berpeluang besar untuk maju, asalkan kamu bisa menjaga kualitas, rasa, kebersihan, serta pelayanan yang ramah.

4. Membuat Snack dan Kue

Tiap orang pasti suka makan snack dan kue. Saat santai dan kumpul-kumpul bareng keluarga, saat menonton TV, dan di antara jam makan, orang biasanya ngemil. Nggak heran, bisnis cemilan banyak dicari pelanggan, sehingga bisa menjadi usaha yang menjanjikan.

Snack dan kue juga bisa dibuat dan divariasikan dengan berbagai bahan, model dan bentuk hingga tampak menarik, asalkan rasanya tetap lezat.

Eksplorasi kemampuan dan keterampilanmu dengan menciptakan kreasi-kreasi baru yang unik dan inovatif, ditambah lagi dengan kemasan atau penyajian yang menarik. Dengan menerapkan strategi marketing yang tepat dan pengelolaan bisnis yang baik, dijamin usahamu bisa maju.

5. Usaha Jahit dan Permak Pakaian

Kalau kamu hobi jahit-menjahit, terampil membuat pola, terlebih mahir dalam mendesain pakaian, hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus. Kamu bisa mulai menerima order membuat pakaian, ataupun sekedar mempermak jeans.

Walaupun orang bisa membeli langsung pakaian yang sudah jadi, ada kalanya mereka ingin yang modelnya customized sesuai selera, terlebih untuk jenis-jenis pakaian khusus, misalnya kebaya dan setelan formal. Terkadang ada pula orang yang sulit menemukan ukuran yang pas dari baju-baju yang dijual di pasaran. Karenanya, mereka pasti akan membutuhkan jasa tailor.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

6. Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry ini bisa lebih berpeluang bagus kalau kamu membuka usaha di lingkungan yang banyak dihuni mahasiswa dan pekerja kantoran yang masih single yang tinggal jauh dari orang tua, karena pada umumnya mereka tidak mencuci pakaian mereka sendiri.

Kalaupun tidak berlokasi tepat di daerah seperti itu, bisa juga kamu menawarkan jasa mengambil dan mengantar laundry ke tempat tinggal pelangganmu. Kamu hanya perlu mengembangkan strategi promosi yang tepat dan pelayanan yang baik untuk bisa menjangkau customer.

Modal yang kamu butuhkan antara lain mesin cuci, mesin pengering, setrika, bahan pencuci pakaian dan timbangan. Pertahankan kepercayaan pelanggan dengan selalu memberikan hasil cucian yang bersih, rapih, wangi dan tepat waktu.

7. Usaha air minum galon dan LPG

Jika kamu tinggal di kawasan perkotaan yang padat penduduk ataupun di kompleks perumahan, kamu bisa menyediakan air minum dalam kemasan galon dan juga tabung gas LPG, dengan layanan delivery.

Minimnya ketersediaan air bersih membuat air minum galon ataupun air minum isi ulang menjadi produk yang selalu dibutuhkan secara kontinu. Demikian juga dengan tabung gas LPG, yang setiap saat dibutuhkan banyak orang untuk memasak.

8. Reparasi Barang Elektronik

Setiap orang pasti punya barang elektronik, bahkan lebih dari satu jenis. Dari sekian banyak barang elektronik yang mereka punya, pasti ada kalanya mereka membutuhkan jasa reparasi.

Kalau kamu punya hobi mengotak-atik barang elektronik dan  kemampuan untuk memperbaiki barang elektronik yang rusak, kamu bisa membuka usaha reparasi barang elektronik di rumah.

9. Membuka Payment Point Online Banking (PPOB)

Saat ini, banyak orang tidak punya banyak waktu untuk membayar sendiri bermacam-macam tagihan rutin mereka di berbagai tempat, sehingga mereka memilih untuk membayar melalui PPOB. Kamu bisa menjalankan usaha dari rumah, dengan menjadi agen pembayaran resmi ini untuk mendapatkan penghasilan.

10. Usaha Jasa Pencucian Motor

Kamu bisa membuka bisnis layanan pencucian motor di halaman rumahmu, terutama jika lokasinya di pinggir jalan besar yang ramai. Hampir setiap orang di perkotaan memiliki setidaknya 1 sepeda motor, dan mereka perlu membersihkan motor mereka pada saat-saat tertentu. Karena alasan kesibukan dan demi kepraktisan, kebanyakan dari mereka tidak mencuci sendiri motor mereka, dan pasti akan mencari jasa pencucian motor. Peluang usaha yang bagus nih.

11. Membuka Toko Kelontong/ Toko Sembako

Membuka usaha toko kelontong menjadi pilihan banyak orang yang ingin memiliki usaha sendiri di rumah, karena menjalankan usaha ini relatif santai dan tidak terlalu sulit untuk dijalankan.

Untuk yang berlokasi di komplek perumahan atau di pemukiman padat, toko kelontong biasanya dapat menarik penduduk sekitar untuk menjadi pelanggan tetap. Mereka pun akan terbantu karena dapat dengan mudah membeli berbagai kebutuhan pokok mereka sehari-hari tanpa harus pergi jauh. 

BukuKas - Toko Kelontong Pak Kas yang Dipenuhi Antrian Pelanggan

Toko kelontong biasanya juga melengkapi produknya dengan menyediakan air mineral isi ulang, LPG, ditambah lagi dengan layanan pengisian pulsa listrik, pulsa handphone dan kuota internet, mengingat semakin tingginya kebutuhan internet masyarakat. Dengan demikian, omzet pun akan bertambah. 

Namun kini membuka usaha toko kelontong juga menghadapi tantangan yang cukup sulit, yaitu bersaing dengan convenience store atau minimarket modern yang banyak terdapat di sekitar pemukiman. 

Untuk menyiasatinya, toko kelontong harus berinovasi, misalnya dengan menawarkan jasa delivery, dengan mempromosikan barang dagangannya melalui status ataupun group chat WhatsApp yang beranggotakan orang-orang di lingkungan tersebut, serta memberikan harga yang lebih murah ketimbang di toko modern.

12. Membuka Warkop / Warmindo / Angkringan

Jika kamu berencana untuk memiliki usaha sendiri, membuka warung kopi dan mie instan bisa jadi pilihan menarik. Modalnya tidak banyak karena sajiannya simpel, yaitu sajian “merakyat” yang cocok di lidah orang banyak dengan harga yang terjangkau, seperti mie instan, gorengan, dan kopi.

Harga makanan dan minuman yang disajikan memang murah meriah, tetapi jangan salah, usaha ini laris didatangi pelanggan dan menghasilkan keuntungan yang tidak bisa dianggap remeh.

BukuKas - Warung Kopi di Keramaian Pemukiman

Warung semacam ini banyak kita jumpai di lokasi yang ramai, misalnya di sekitar kampus dan perkantoran, di dekat terminal dan stasiun, bahkan di daerah pemukiman, terlebih yang banyak terdapat tempat kost. Tempat ini biasanya dijadikan tempat berkumpul dan ngobrol sembari menikmati berbagai sajian yang ditawarkan.

Jika tempat tinggalmu berada di lokasi yang pas dan kondisinya memang memungkinkan, kamu bisa membuka warung semacam ini di depan rumahmu sendiri. Dengan begitu, semuanya jadi lebih praktis dan kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa tempat. Kamu juga bisa menyediakan fasilitas wi-fi gratis untuk menambah daya tarik bagi pelanggan.

13. Menjual makanan olahan/ frozen food

Makanan yang dibekukan (frozen food) sudah lama menjadi favorit banyak orang karena cara penyajiannya praktis dan cepat, rasanya lezat serta banyak variannya. Beberapa tahun belakangan ini usaha frozen food jadi trend karena pasarnya terus meningkat, sehingga semakin banyak orang yang berminat menjalankan usaha ini.

Jenis makanan beku yang dijual pun makin beragam, bukan hanya makanan produksi industri besar, seperti nugget, sosis, dan makanan olahan lainnya yang selama ini sudah kita kenal brand-nya, tetapi juga sudah merambah pada masakan dan snack homemade.

Tingginya minat konsumen terhadap produk frozen food membuat peluang usaha ini menjanjikan. Usaha ini bisa dilakukan di rumah dengan bermodalkan freezer dan dijual secara online. Pastikan kamu membelinya dari supplier yang tepat dengan harga yang cocok sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Kalau usahamu sudah berkembang dan kamu mampu membuat sendiri bermacam-macam makanan yang bisa dibekukan, kamu bisa menjual produk homemade buatanmu sendiri sebagai frozen food. Tentunya kamu harus punya peralatan yang memadai ya, termasuk mesin vacuum dan sealer, dan mempelajari tips dan triknya sehingga makanan tersebut dapat sampai ke tangan konsumen dalam keadaan awet dan tidak rusak.

Produk frozen food yang berupa makanan rumahan yang tidak mengandung MSG, pengawet dan bahan-bahan tambahan lainnya akan jadi nilai tambah buat konsumen yang menginginkan produk yang menyehatkan dan praktis untuk dihidangkan.

14. Membuka salon kecantikan/barbershop

Usaha ini memang memerlukan keterampilan khusus, serta modal yang lumayan besar untuk membeli peralatannya serta menyiapkan ruangannya.

Keterampilan mengelola salon kecantikan dan memberikan berbagai macam pelayanan kepada pelanggan biasanya didapat dari kursus kecantikan serta pengalaman bekerja di salon kecantikan sebelumnya.

Jika kamu punya modal, keterampilan, dan pengalaman tersebut, kamu bisa menekuni usaha di bidang ini. Usaha ini juga bisa dilakukan di rumah jika lokasinya memungkinkan.

Kalaupun kamu punya modal tetapi tidak punya keterampilan dan pengalaman, kamu bisa mempekerjakan orang lain dengan kemampuan yang memadai serta kemauan untuk bekerja dan memperlakukan pelanggan dengan baik.

Agar tidak kalah saing, sediakan juga pelayanan yang saat ini banyak ditawarkan salon kecantikan lainnya, misalnya eyelash extension, hair extension, sulam bibir dan sulam alis. Tentunya diperlukan teknik dan keterampilan yang lebih mendalam agar hasilnya tidak mengecewakan pelanggan. .

Selain salon kecantikan, usaha barbershop juga cukup menjanjikan, dan bisa pula dijalankan di rumah. Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis barbershop berkembang pesat, terutama di kota-kota besar. Banyak bermunculan barbershop baru, yang dipicu oleh semakin meningkatnya kebutuhan kaum pria untuk tampil lebih rapi.

BukuKas - Suasana di Barbershop

Dilengkapi dengan peralatan modern yang steril dan pelayanan yang baik dari para barber, barbershop yang berkonsep semacam ini juga biasanya menawarkan jasa layaknya di salon kecantikan, misalnya dengan creambath, pewarnaan rambut, bahkan pemijatan. Tak ketinggalan juga jasa mencukur kumis dan jenggot.

Banyak pelaku usaha yang tertarik untuk terjun di bisnis ini, yang pada dasarnya menggabungkan bisnis jasa dan lifestyle. Hal ini jadi peluang bisnis yang bagus, terlebih bagi kamu yang punya passion di bidang tersebut. Kamu bisa mempekerjakan barber yang sudah berpengalaman.

15. Usaha pertanian organik

Dengan semakin populernya gaya hidup sehat, yang salah satunya adalah mengkonsumsi makanan sehat, banyak orang yang mulai mencoba sendiri bercocok tanam di lahan sekitar tempat tinggal mereka, termasuk di pekarangan rumah, bahkan di area rooftop. Hal ini banyak dilakukan tidak hanya di daerah pinggiran lho, tetapi juga di perkotaan. Urban farming ini memang sedang menjadi trend.

Ada pula yang memang punya lahan yang cukup luas untuk ditanami berbagai jenis sayuran. Dan tentu saja semuanya dengan metode organik ya, tanpa pupuk kimia dan pestisida, melainkan dengan pupuk organik, termasuk kompos yang bisa dibuat sendiri.

Bertani sayuran cukup menjanjikan karena tidak harus bermodal besar, hanya mempelajari tips dan trik yang diperlukan agar sayuran tumbuh subur. Jika sudah berhasil memanen berbagai jenis sayuran, kamu bisa menjualnya secara online lewat sosial media. Pertama-tama dengan mempromosikan di lingkaran pertemanan kamu, lalu bisa dikembangkan lagi sehingga menjangkau pasar yang lebih luas. Sediakan juga jasa delivery agar pelanggan makin happy.

Kalau tidak memungkinkan untuk menanam sendiri tetapi kamu tertarik untuk menjual hasil panennya, kamu bisa bekerjasama dengan supplier yang tepat, lalu menjualnya secara online dan dengan menyediakan layanan delivery juga.

16. Menerima pesanan hampers/bingkisan untuk berbagai event

Kalau kamu adalah orang yang senang berkreasi dengan tangan, mungkin kamu tertarik untuk menjalankan usaha hampers atau bingkisan untuk berbagai event.

Bisnis ini biasanya ramai di momen-momen tertentu sepanjang tahun, terutama menjelang Idul Fitri dan Natal. Tapi di luar momen tersebut, selalu ada peluang pasar yang bisa diraih dengan cara menerima pesanan hampers atau bingkisan untuk berbagai event, misalnya lamaran, pernikahan, baby shower, kelahiran bayi, anniversary, dan ulang tahun anak-anak.

Bentuk dan isi hampers atau bingkisan bisa di-customized, jadi bisa berbeda-beda, sesuai dengan keinginan pelanggan. Kamu tinggal mengkreasikan bentuknya agar tampak menarik, serta menambahkan dekorasi dengan menggunakan berbagai bahan. Untuk event tertentu misalnya ulang tahun anak-anak, biasanya pelanggan akan memesan dalam jumlah banyak, karena akan dibagikan kepada anak-anak dalam suatu pesta ulang tahun.

17. Membuka Pom Bensin Mini (Pertamini)

Peluang usaha lainnya yang bisa kamu coba yaitu membuat pom bensin mini atau pertamini, tentunya di pinggir jalan yang ramai dilalui kendaraan, tetapi di sekitarnya tidak terdapat pom bensin besar serta relatif aman dari resiko kebakaran besar.

Modal yang dibutuhkan yaitu mesin Pertamini yang sudah dibuat untuk penggunaan dengan takaran yang pas. Harga mesin ini pun cukup terjangkau serta tidak rumit pengoperasiannya, sehingga makin diminati dari waktu ke waktu. Bisnis ini bisa jadi usaha sampingan yang menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Jika berminat membuka usaha ini, pastikan kamu mencari informasi terlebih dahulu mengenai perizinan yang dibutuhkan, kemudian mengurus surat-surat izinnya secara lengkap sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari.

18. Menyewakan perlengkapan bayi

Peluang usaha penyewaan perlengkapan bayi cukup bagus, walaupun memang hanya terbatas pada kelompok konsumen tertentu, yaitu orang tua yang memiliki bayi, yang ingin menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan selama masa tumbuh kembang buah hatinya. Namun, para orang tua ini sayang untuk membeli perlengkapan bayi dengan harga yang mahal tetapi jangka waktu pakainya singkat, sehingga mereka memilih untuk menyewanya. Hal ini menjadi sebuah peluang bisnis bagi yang mampu memanfaatkannya.

Bagi yang memiliki modal besar, tentunya bisa menyediakan berbagai koleksi peralatan bayi dengan jumlah dan jenis yang lebih bervariasi, Tetapi untuk tahap awal, mulailah dengan perlengkapan yang paling dibutuhkan, misalnya stroller, baby chair dan carseat, dan selanjutnya bisa dikembangkan dengan menyediakan perlengkapan lainnya.

Usaha ini juga bisa dilakukan di rumah saja, dengan cara menyimpan perlengkapan tersebut di rumahmu sendiri. Kamu bisa mempromosikan penyewaan ini secara online.

Itulah beberapa jenis usaha yang bisa kamu mulai dari rumah.

Sebelum menyusun rencana, pastikan dan yakinkan dulu dirimu dengan pilihan bisnis akan kamu jalani. Sebaiknya sesuaikan dengan minat dan kemampuan atau bidang yang dikuasai, sehingga kamu bisa menjalaninya dengan baik. Kalau bisnismu lancar, kamu mendapatkan laba secara maksimal, serta semangat untuk terus mengembangkannya.

Selain itu, sebagai bahan pertimbangan, perbanyaklah mencari referensi mengenai potensi bisnis yang menguntungkan untuk saat ini, karena situasi dunia  terus berkembang dan peluang usaha pun bisa berubah-ubah. Makanya, kamu mesti jeli melihat peluang pasar, ditambah lagi tekad yang kuat, konsistensi, dan kerja keras.

Yang penting, apapun jenis usahamu, sangat disarankan untuk melakukan pengelolaan dan pembukuan keuangan yang baik. Caranya nggak susah kok, cukup pakai aplikasi keuangan digital yang bisa kamu download di Google Play Store dan gunakan secara gratis. Aplikasi digital bila membantu kamu untuk menyusun pembukuan keuangan agar usahamu berjalan lancar. Selamat mencoba!

Artikel serupa

Leave a Comment