Blog BukuKas - Ragam Resep Pancake, Lezat dan Mudah Membuatnya

Ragam Resep Pancake, Lezat dan Mudah Membuatnya

Pancake adalah hidangan berbentuk kue dadar yang terbuat dari campuran terigu, telur, gula, dan susu sebagai bahan utamanya. Kue yang satu ini sering kita temui di coffee shop maupun restoran sebagai menu sarapan atau snack. Pancake memiliki banyak varian. Yang paling populer adalah pancake yang dilumuri saus coklat atau sirup maple, dengan topping potongan buah berry, pisang ataupun keju. Sajian ini lezat disantap saat hangat, namun beberapa varian pancake yang memang disajikan dalam keadaan dingin juga tidak kalah enaknya, misalnya pancake durian dan pancake dengan topping es krim. Cara membuat pancake tidak sulit karena bahannya mudah didapat dan adonannya hanya perlu dimasak sebentar di wajan anti lengket. Setelah itu, tinggal kita kreasikan dengan berbagai taburan dan topping. Tertarik mencoba membuat pancake sendiri di rumah? Beberapa tips dan resep pancake dalam artikel berikut ini bisa kamu jadikan referensi.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Keistimewaan Pancake

Pancake atau panekuk (bahasa Belanda: pannekoek, bahasa Inggris: pancake) sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belum begitu populer di masyarakat seperti sekarang ini. Menurut asal usul dari berbagai sumber, hidangan ini bahkan dipercaya sudah ada sejak zaman Peradaban Romawi Kuno. Awalnya makanan ini dinamakan dengan Alita Dolcia, yang berarti ‘makanan manis’, yang dibuat dari terigu, susu dan bahan tambahan lainnya.

Lambat laun, pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Dan sejak saat itu, pancake mulai dijadikan sebagai makanan khas masyarakat yang ada di bagian Timur Eropa seperti di Mardi Gras. Di wilayah ini, pancake dijadikan sebagai menu khas pada hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday, yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba. Pancake sering dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup. Namun oleh masyarakat Inggris, kudapan manis ini sering disajikan sebagai menu utama.

Terigu, susu, telur, mentega dan gula dicampur dengan air untuk dijadikan adonan. Adonan tersebut lalu digoreng diatas wajan datar atau pan yang telah diolesi minyak. Biasanya di atas pancake ditambahkan, sirup maple, selai, atau madu. Pancake juga bisa dimakan dengan keju, buah beri, pisang dan es krim.

Semua varian pancake sebenarnya menggunakan bahan yang sama sebagai bahan dasar pembuatan adonannya. Yang membedakannya adalah cara pengolahannya saja, sehingga menghasilkan produk yang berbeda. Perbedaan cara pengolahan ini juga membuat nilai gizi yang dikandung dalam makanan-makanan tersebut menjadi berbeda.

BukuKas - Seporsi Pancake dengan Siraman Sirup Maple

Dalam adonan pancake biasanya ditambahkan bahan pengembang, seperti baking powder, soda kue, ragi, bir, atau kocokan putih telur. Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang “ringan” karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras.

Di seluruh dunia terdapat berbagai variasi panekuk. Poffertjes adalah salah satu variasi panekuk yang berukuran kecil. Crêpe adalah salah satu variasi panekuk yang dibuat menjadi lembaran yang sangat tipis. Bergantung pada tradisi setempat, panekuk ini bisa dimakan dengan menggunakan pisau dan garpu, atau dimakan dengan tangan.

Pancake yang enak adalah yang mengembang sempurna sewaktu dimasak di wajan, adonannya matang di dalamnya tetapi tidak gosong. Permukaannya berwarna kuning keemasan, empuk dan tidak terlalu padat sewaktu dipotong, serta terasa lembut saat dimakan.

Cara membuat pancake tidak sulit karena bahannya sederhana dan hanya butuh dimasak di wajan anti lengket. Kamu bisa membuat pancake rumahan dan menaruh berbagai topping seperti oreo, irisan buah berry, pisang, atau es krim, bahkan ada juga yang mengkombinasikannya dengan irisan bacon atau ham.

Tips Membuat Pancake

Membuat pancake sebenarnya mudah dan tidak selalu harus menggunakan mixer. Dalam beberapa resep, adonan bisa diaduk hanya dengan menggunakan whisk atau pengocok telur. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terlebih bagi yang pertama kali membuat pancake.

Yang berpengaruh pada berhasil atau tidaknya membuat pancake adalah komposisi bahan-bahan dalam adonan, cara mengaduk adonan, dan prosedur memasaknya di wajan. Walaupun hanya dimasak selama beberapa menit di wajan, tetapi akan sangat menentukan apakah pancake yang dibuat akan berhasil atau tidak. Para pemula perlu mengetahui tips dan triknya, nih.

Berikut adalah beberapa langkah dan tips dasar dalam membuat pancake :

  • Pertama-tama, persiapkan beberapa peralatan yang akan digunakan, diantaranya : teflon atau wajan anti lengket, baskom atau wadah, whisk, gelas ukur dan sendok untuk mengukur takaran bahan dan mengoleskan margarin ke atas wajan untuk membuat pancake. Pastikan bahwa wajan yang digunakan adalah wajan anti lengket.
  • Setelah itu, kita siapkan bahan-bahan. Untuk bahan susu cair, silahkan masukkan atau pisahkan bahan ini dalam wadah. Untuk tepung terigu, perlu diayak terlebih dahulu dan masukkan dalam wadah untuk kemudian sisihkan. Untuk telur, pecahkan telur dan pisahkan antara kuning dan putihnya. Masukkan dalam dua wadah yang berbeda, lalu sisihkan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan buttermilk, yogurt, atau susu kedelai.
  • Siapkan baskom, lalu masukkan tepung terigu, kuning telur dan beri sejumput garam. Aduk-aduk dengan menggunakan spatula atau whisk secara merata sampai bahan ini tercampur, tidak ada gumpalan atau gelembung yang masih terlihat pada adonan.
  • Kocok putih telur dengan menggunakan mixer pada wadah yang berbeda. Aduk-aduk sampai kaku dan gunakan kecepatan tinggi pada mixer. Setelah itu, baru tuangkan adonan ini dalam adonan tepung terigu dan aduk-aduk dengan menggunakan spatula secara merata.
  • Panaskan teflon atau wajan anti lengket dan panaskan sedikit margarin. Gunakan api yang kecil dan tunggu sampai wajan menjadi lebih panas. Tuangkan sekitar 2.5 sendok sayur adonan dan tutup dengan menggunakan tutup panci.
  • Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Tunggu sebentar dan balik adonan. Masak sampai matang dan berwarna kecoklatan. Setelah itu, angkat dan hidangkan diatas piring.

BukuKas - Download Aplikasi BukuKas

Variasi Resep Pancake

1. Resep Pancake Klasik

Bahan-bahan (untuk 10 buah pancake) :

  • 225 g tepung terigu protein sedang
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 2 butir telur ayam yang besar
  • 30 g mentega tawar, lelehkan
  • 300 ml susu cair
  • Mentega untuk olesan

Pelengkap :

  • Potongan buah segar (strawberry, apel, pisang)
  • Madu atau sirup maple

Cara membuat :

  1. Campur tepung terigu dengan baking powder, garam dan gula dalam mangkuk. Aduk rata.
  2. Kocok telur hingga berbuih, tambahkan mentega cair dan susu.
  3. Buat cerukan dalam tepung, tuangkan campuran telur sedikit demi sedikit sambil aduk dengan kocokan kawat hingga licin.
  4. Diamkan adonan selama 15 menit.
  5. Panaskan wajan datar, olesi dengan sedikit mentega.
  6. Tuangkan 1 sendok sayur adonan diatas wajan. Masak hingga permukaannya berlubang kecil. Balikkan pancake, masak sebentar lalu angkat.
  7. Lakukan hal yang sama dengan sisa adonan hingga habis.
  8. Sajikan pancake hangat dengan pelengkap sesuai selera.

Tips :

  • Jika memakai double acting baking powder, kurangi takarannya menjadi 1 sdt saja.
  • Sebaiknya, adonan pancake diamkan beberapa saat sebelum dimasak agar adonan lebih lembut dan mengembang saat dimasak di atas wajan.
  • Setiap kali akan menuangkan adonan ke dalam wajan, jangan lupa aduk-aduk dulu agar merata.

2. Resep Pancake Cokelat

Bahan-bahan :

  • 1 cup susu + 3 sdt air jeruk lemon
  • 1 butir telur
  • 2 sdm butter
  • 1 cup terigu serbaguna
  • 1/3 cup coklat bubuk
  • 1/4 cup gula pasir
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • Gula halus secukupnya
  • Stroberi dan kiwi untuk toppingnya

Cara membuat :

  1. Campur susu, telur, dan butter leleh dengan whisk sampai rata.
  2. Di tempat lain campur terigu, coklat bubuk, gula pasir, soda kue, dan garam, aduk rata.
  3. Tambahkan campuran susu, aduk secukupnya, jangan overmixed.
  4. Panaskan teflon gunakan api kecil, tuang 1/4 cup adonan.
  5. Masak 1-2 menit, balik 1- 2 menit. Angkat.
  6. Hidangkan dengan taburan gula halus atau saus sesuai selera, dan susun potongan buah segar di atasnya.

3. Resep Pancake ala Jepang

Bahan-bahan :

  • 2 butir telur ayam (pisahkan putih dan kuningnya)
  • 20 ml susu almond
  • 1 sdt ekstrak vanila
  • 20 ml minyak sayur
  • 4 sdm tepung beras
  • 2 sdm gula pasir

Cara membuat :

  1. Campur kuning telur, vanila, susu, almond, dan minyak, lalu kocok.
  2. Tambahkan tepung beras, lalu aduk.
  3. Kocok putih telur dan gula sampai kaku.
  4. Masukkan putih telur ke adonan kuning telur, aduk.
  5. Panaskan wajan. Semprot dan olesi minyak canola, lalu tata satu sdm adonan, tutup selama 2-3 menit.
  6. Balik atau langsung angkat. Lakukan hingga adonan habis.
  7. Beri topping sesuai selera, sajikan pancake.

4. Resep Pancake Oreo

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus biskuit Oreo
  • 1 butir telur
  • 1 sachet susu kental manis coklat
  • 85 ml air
  • 1/2 sdt baking powder double acting

Cara membuat :

  1. Keluarkan isian oreo, sisihkan. Hancurkan oreo.
  2. Ambil wadah beri air, telur, susu kental manis dan baking powder, aduk rata.
  3. Masukkan oreo yang sudah dihancurkan tadi, aduk sampai rata. Diamkan sekitar 10 menit.
  4. Panaskan wajan, tidak usah dioles minyak atau mentega.
  5. Gunakan api yang kecil.
  6. Tuang adonan, biarkan sampai muncul lubang-lubang, baru dibalik, sebentar saja asal kering.
  7. Angkat segera, lanjutkan sampai adonan habis.
  8. Kamu bisa menyantapnya atau diberi filling isian oreo tadi. Selamat mencoba.

5. Resep Pancake Durian

Bahan-bahan :

  • 125 gr tepung terigu
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 1/4 sdt garam
  • 275 ml susu cair
  • 2 tetes pasta pandan
  • 2 tetes pasta durian
  • Whipped cream
  • Daging durian yang sudah dihaluskan

Cara membuat :

  1. Campurkan tepung, garam dan telur menjadi satu
  2. Tambahkan susu cair secara perlahan sambil diaduk, masukkan pasta pandan dan pasta durian pisahkan menjadi dua adonan
  3. Dadar dengan teflon sampai adonan habis
  4. Isi whipped cream dan daging durian lalu lipat seperti amplop
  5. Simpan pancake di kulkas
  6. Sajikan dalam keadaan dingin

6. Resep Pancake Strawberry Keju

Bahan kulit :

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 60 gram margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 35 gram keju cheddar
  • 275 ml susu cair
  • 1 kuning telur
  • 1 sdm baking powder
  • 2 butir telur ayam

Bahan Isian :

  • 100 gram selai stroberi
  • 100 gram keju cheddar
  • 100 ml air
  • 75 gram stroberi
  • 1 sendok makan maizena
  • 25 gram gula pasir
  • 1/2 sdm jeruk lemon

Cara Membuat Kulit :

  1. Setelah semua alat dan bahan siap, langkah selanjutnya yaitu melelehkan margarin, lalu sisihkan terlebih dahulu.
  2. Parut keju cheddar, lalu sisihkan. Potong-potong stroberi dengan ketebalan sesuai selera. Larutkan maizena dengan air sebanyak 1 sendok makan.
  3. Untuk keju bahan isi, keju diparut memanjang.
  4. Campurkan beberapa bahan seperti baking powder, tepung terigu, telur dan garam pada satu wadah, aduk hingga merata.
  5. Jika semua bahan sudah tercampur rata, tuangkan susu cair, lalu aduk kembali sampai merata.
  6. Ambil margarin leleh dan tuangkan ke dalam adonan, aduk lagi sampai merata.
  7. Tuangkan keju parut untuk bahan pancake, aduk kembali hingga merata. Panaskan wajan anti lengket untuk membuat pancake, olesi dengan margarin tipis-tipis saja.
  8. Setelah wajan panas, tuangkan adonan sebanyak satu sendok sayur.
  9. Tunggu beberapa saat hingga salah satu sisinya matang, lalu balik dan tunggu hingga matang, kemudian angkat.

Cara Membuat Isian :

  1. Rebus bahan-bahan untuk isi, yaitu selai stroberi, air, stroberi dan gula pasir. Kemudian aduk sambil terus dimasak hingga mendidih.
  2. Selanjutnya masukkan larutan maizena.
  3. Aduk kembali hingga merata dan meletup-letup.
  4. Menjelang diangkat, silahkan tambahkan air jeruk lemon, lalu aduk kembali hingga merata, kemudian angkat.

Cara Menyajikan Pancake :

  1. Ambil pancake sebanyak 1 buah, lalu oleskan isi dan tambahkan keju parut.
  2. Lipat menjadi dua bagian, dan sajikan.

7. Resep Roll Pancake

Bahan-bahan :

  • 130 gr terigu protein sedang
  • 1 sdt baking powder
  • 25-35 gr gula pasir
  • 1/4 sdt soda kue
  • 1/4 sdt garam
  • Cream cheese
  • Vanilla ice cream
  • Mixed berry sauce (topping)

Bahan basah :

  • 150 ml susu
  • 2 sdm sari jeruk nipis
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 30 gr mentega, lelehkan
  • Pasta vanilla (optional)

Cara membuat :

  1. Buat buttermilk dari campuran susu dengan 2 sendok makan biasa sari jeruk nipis.
  2. Campur dan aduk rata bahan kering.
  3. Masukkan bahan basah, aduk rata. Jangan sampai overmixed.
  4. Panaskan wajan teflon. Olesi dengan mentega. Lap dengan tisu bersih.
  5. Tuang adonan secukupnya, tipiskan dengan punggung sendok sayur. Masak dengan api kecil.
  6. Setelah muncul banyak gelembung, cek bagian bawahnya sampai terlihat kuning kecoklatan, lalu balik.
  7. Masak lagi 1-2 menit, lalu angkat. Ulangi langkah ini sampai sisa adonan habis.
  8. Ambil selembar pancake, olesi dengan cream cheese. Gulung pancake dan potong jadi 2 bagian.
  9. Beri topping vanilla ice cream dan mixed berry sauce.

8. Resep Pancake Matcha

Bahan-bahan :

  • 4 butir kuning telur ayam
  • 4 butir putih telur
  • 40 cc susu cair
  • 40 gr gula pasir
  • 77 tepung protein rendah
  • 3 gr matcha green tea powder
  • 1/4 sdt vanilla bubuk
  • 1 sdt air jeruk nipis

Cara membuat :

  1. Kocok lepas kuning telur dan susu cair
  2. Masukkan tepung, vanila bubuk dan matcha powder ke dalam adonan pertama, aduk rata menggunakan whisk
  3. Di tempat terpisah kocok putih telur dan air jeruk nipis sampai berbusa, mulai masukkan gula bertahap sampai soft peak.
  4. Ambil 1/3 putih telur, aduk ke dalam adonan, aduk sampai rata
  5. Panaskan teflon terlebih dahulu
  6. Tuang adonan sesuai selera di teflon, tutup teflonnya kalau sudah mulai mengembang.
  7. Lalu balik kalau sisi bawah sudah kecoklatan
  8. Sajikan dengan topping kesukaan.

9. Resep Pancake Kayu Manis

Bahan-bahan :

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 1 1/2 sdm gula pasir halus
  • 1/2 sdm baking powder
  • 30 gram margarin
  • 250 ml susu cair
  • 2 butir telur dikocok lepas
  • 1/4 sdt garam
  • 1 scoop es krim vanila

Bahan untuk saus :

  • 100 gram gula palem
  • 1 sdm air
  • 4 sdm susu kental manis
  • 1 sdt kayu manis

Cara Membuat :

  1. Siapkan wajan anti lengket dengan diameter 8 sampai 12 cm untuk membuat pancake, kuas atau sendok untuk mengoles mentega, wadah, mangkuk kecil, dan whisk.
  2. Masukan telur ke dalam mangkuk, lalu kocok telur.
  3. Selanjutnya, lelehkan margarin yang sudah disiapkan.
  4. Ayak gula pasir, tepung terigu dan baking powder.
  5. Tambahkan garam, aduk hingga merata.
  6. Sisihkan terlebih dahulu adonan tersebut.
  7. Ambil wadah yang berbeda, masukan susu cair dan telur yang sudah dikocok, aduk sampai merata.
  8. Tuangkan ke dalam adonan tepung terigu.
  9. Tuangkan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan hingga merata. Ambil margarin yang sudah dilelehkan tadi, kemudian masukan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.
  10. Ambil wajan atau pan anti lengket, oleskan margin dengan menggunakan kuas atau sendok, kemudian panaskan diatas api kecil.
  11. Tuangkan adonan ke dalam wajan anti lengket yang sudah panas,
  12. tunggu beberapa saat hingga matang, lalu angkat.

Cara membuat saus Pancake :

  1. Siapkan wadah yang akan digunakan untuk membuat saus.
  2. Setelah itu masukan semua bahan-bahan saus seperti susu kental manis, air, kayu manis dan gula palem.
  3. Aduk semua bahan-bahan tersebut hingga merata.

Cara menyajikan Pancake :

  1. Taruh pancake pada piring saji yang sudah disiapkan.
  2. Sajikan pancake dengan saus yang sudah dibuat tadi, dan tambahkan es krim vanila diatasnya.

10. Resep Pancake Pisang

Bahan-bahan :

  • 2 buah pisang raja (hancurkan, jangan terlalu halus)
  • 120 gr tepung terigu segitiga
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak sayur
  • 200 ml susu cair
  • Topping : irisan pisang dan madu (sesuai selera)

Cara membuat :

  1. Kocok telur dan gula, tambahkan pisang, minyak sayur dan susu cair, aduk rata.
  2. Tambahkan tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, aduk hingga tercampur rata.
  3. Panaskan wajan anti lengket dengan api sedang, tuang sendok sayur adonan pancake, setelah timbul gelembung-gelembung kecil, pancake dibalik.
  4. Panggang hingga matang, lakukan hingga adonan habis.
  5. Angkat dan sajikan dengan topping pisang dan madu.

Artikel serupa

Leave a Comment