Blog BukuKas - Tips Ampuh Mengoptimalkan Internet Marketing untuk UMKM

Tips Ampuh Mengoptimalkan Internet Marketing untuk UMKM

Setiap pelaku UMKM tentu ingin usahanya cepat berkembang. Berbagai cara dilakukan untuk memasarkan produknya. Dengan semakin berkembangnya teknologi digital saat ini, UMKM bisa memanfaatkan bermacam-macam metode internet marketing atau digital marketing agar pemasaran produknya menjadi lebih efisien dengan jangkauan yang lebih luas. Metode ini tidak seluruhnya membutuhkan biaya besar. Ada yang hanya bermodalkan koneksi internet dan gadget yang memadai, para pengusaha UMKM bisa menikmati kemudahan mempromosikan bisnis di era digital. Apa saja manfaat internet marketing? Dan bagaimana para pelaku UMKM dapat menerapkan metode internet marketing yang tepat secara optimal untuk memajukan usaha mereka? Semua akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Apa itu Internet Marketing?

Internet marketing atau yang sering disebut online marketing atau pemasaran secara online bisa diartikan sebagai upaya pemasaran produk atau jasa menggunakan media digital. Pelaku usaha bisa menawarkan produk atau jasanya melalui beragam akses, seperti media sosial, website, blog, iklan online dan sebagainya, agar bisa dilihat oleh calon konsumen. Melalui berbagai platform online ini, pelaku usaha dan calon konsumen bisa berkomunikasi.

Dengan semakin meningkatnya jumlah populasi masyarakat yang menggunakan internet setiap saat melalui perangkat mobile mereka, maka internet marketing menjadi media promosi paling efektif buat UMKM. Memasarkan produk secara digital akan membantu suatu produk UMKM agar dikenal banyak orang dan mendapatkan pelanggan yang potensial.

BukuKas - Online Seller Sedang Mencatat Order Online

Buat kamu yang menjalankan UMKM, apakah selama ini kamu sudah memanfaatkan internet marketing secara tepat sebagai sarana pemasaran?

Berikut ini adalah beberapa manfaat digital marketing bagi UMKM :

1. Menjadi dikenal banyak orang

Berbagai platform internet marketing memungkinkan usaha kamu untuk dikenal banyak orang karena jangkauannya yang luas.  Semakin banyak orang yang mengenal usaha kamu, semakin besar potensi kamu untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan.

2. Mendapatkan pelanggan yang potensial

Dengan menerapkan strategi digital marketing yang tepat, kamu bisa menarik perhatian konsumen untuk mengetahui lebih jelas mengenai produk yang kamu tawarkan. Dengan demikian, semakin besar peluang kamu untuk mendapatkan pelanggan yang potensial, yaitu mereka yang memang membutuhkan produk tersebut. Kamu bisa memanfaatkan Google Ads, Facebook Ads, atau Instagram Ads.

3. Membangun hubungan yang menarik dengan pelanggan

Online marketing memungkinkan kamu untuk berinteraksi di dunia maya dengan para calon pelanggan dan bisa merespon permintaan mereka dengan cepat. Digital marketing menyediakan banyak medium yang bisa memfasilitasi komunikasi antara pemilik produk dengan calon pelanggan. Lain halnya dengan berpromosi secara konvensional, misal lewat media cetak atau televisi, yang tidak memungkinkan untuk dibangunnya komunikasi langsung dengan calon pelanggan.

4. Hemat Biaya dan Real-Time

Memasarkan suatu produk melalui digital marketing lebih murah biayanya dibandingkan dengan promosi secara konvensional di media cetak atau televisi. Dengan digital marketing, kamu dapat melihat jumlah pengunjung yang mengakses website kamu, hingga grafik peningkatan jumlah pelanggan atau calon pelanggan.

5. Efisien dan Terukur

Digital marketing memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan dengan cepat tanpa perlu menunggu lama untuk mendapatkan approval. Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari digital marketing adalah hasil analisa sementara iklan yang dapat diakses sekitar 24 jam sebelumnya, sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian terhadap iklan tersebut untuk hasil yang lebih baik. Singkatnya, digital marketing memberi gambaran yang lebih real mengenai perkembangan bisnis yang sedang dijalankan.

Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan bagi suatu UMKM untuk memulai digital marketing?

  • Tentukan target market

Target market merupakan hal yang sangat penting karena dapat dijadikan pijakan dalam menentukan digital marketing yang akan dibangun. Target tersebut berkaitan dengan siapa saja yang berpotensi membutuhkan produk milik UMKM, berapa rentang umurnya, dan kelas sosial yang ingin dituju. Inilah yang menjadi dasar dari penentuan metode digital marketing yang akan dilakukan, sehingga strateginya bisa menjadi lebih efektif. Ketika targetnya adalah konsumen berusia muda, tentunya kamu harus menarik minat mereka dengan trend-trend anak muda yang populer. Hal ini akan memberikan respon positif terhadap para calon konsumen UMKM tersebut.

  • Tentukan konsep digital marketing yang memberikan solusi

Konsep digital marketing yang memberikan solusi akan memiliki nilai tambah di mata konsumen dibandingkan dengan produk serupa dari pelaku usaha lainnya. Hal ini bisa dilakukan apabila para pengusaha UMKM mau melihat kondisi yang terjadi di masyarakat, bukan hanya fokus pada kualitas dari produk yang dimiliki. Kualitas pembuatan produk memang sangat penting, namun hal itu tidak akan memberikan daya tawar yang lebih tinggi jika  tidak memberikan solusi yang tepat bagi pelanggan.

  • Melakukan branding usaha dengan aktif di media sosial

Media sosial merupakan sarana yang efektif untuk melakukan branding suatu produk. Ada banyak sekali platform yang bisa pakai, misalnya Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, Pinterest. LinkedIn dan lain sebagainya. Setiap platform tersebut memiliki kekuatannya masing-masing sehingga kamu juga harus menyesuaikan dengan strategi yang kamu pilih.

Misalnya, kalau kamu menggunakan Youtube sebagai media branding, tentunya kamu harus membuat video yang menarik dengan durasi yang panjang. Berbeda ketika kamu menggunakan Instagram dengan yang lebih mengutamakan kekuatan gambar dan video pendek. Sedangkan untuk Facebook, akan lebih mengutamakan perpaduan antara gambar, video, dan tulisan

BukuKas - Online-Seller Sedang Memonitor Sosial Medianya

Marketing menggunakan media sosial ini juga menjadi solusi untuk UMKM yang anggarannya terbatas. Masalah keterbatasan anggaran ini membuat mereka lebih berhati-hati dalam memilih strategi pemasaran yang digunakan, karena mereka harus membelanjakannya secara bijak namun hasilnya maksimal.

Oleh karena itu, memilih media sosial sebagai sarana pemasaran adalah langkah yang tepat, karena bisa dilakukan secara gratis (hanya bermodalkan akses internet, kecuali kamu menggunakan layanan iklan berbayar), serta hasilnya dianggap efektif untuk meningkatkan penjualan. Apapun produk dan layanannya, media sosial selalu dipilih menjadi bagian utama dalam setiap inisiatif pemasaran digital.

Ada beberapa tips untuk melakukan social media marketing, diantaranya:

    • Lakukan riset mengenai kompetitor dan calon konsumen
    • Buat konten yang relevan dan menarik, dengan tujuan yang jelas
    • Tentukan waktu posting yang tepat
  • Membuat website sebagai media pengenalan produk dan usahamu

Website dapat membantu meningkatkan brand awareness dan kredibilitas atau kepercayaan calon konsumen terhadap UMKM kamu.

Keunggulan dari mempunyai sebuah website pribadi adalah para pengusaha UMKM akan bebas memberikan kreativitasnya dalam memasarkan produk. Di website pribadi kamu juga tidak perlu khawatir dengan kompetitor. Kamu bebas menjual produk dan menggunakan berbagai macam strategi terbaik untuk menarik semua konsumen yang tersebar sangat luas tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu, sehingga bisa jangkauannya lebih luas.

Inilah media internet marketing yang sangat penting untuk dimiliki oleh suatu bisnis. Dengan adanya website, UMKM bisa akan dikenal lebih luas, dan sejajar dengan perusahaan yang lebih besar, tergantung dari bagaimana kamu mengisi kontennya. Kamu bisa menampilkan berbagai informasi yang lebih lengkap dan lebih detail, seperti manfaat produk, cara penggunaannya, dan cara pemesanannya, serta informasi lain yang mungkin dibutuhkan oleh calon konsumen. Jika tampilannya seperti website profesional perusahaan besar, tentunya UMKM juga akan mendapatkan nilai tambah dan daya tawar yang lebih baik.

  • Pahami SEO, SEM, dan Digital Advertising

Tahap terakhir ini kamu perlu mengeluarkan modal untuk memaksimalkan semua media internet marketing yang kamu miliki berupa website dan media sosial tadi. SEO yang merupakan Search Engine Optimization akan membuat trafik website kamu semakin tinggi, sedangkan SEM atau Search Engine Marketing bisa Anda temukan di berbagai media sosial yang menyediakan fitur tersebut, seperti Instagram Ads, Facebook Ads, dan lain sebagainya.

Untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi mengenai usaha kamu, kamu bisa mendaftar ke Google Bisnisku. Jika kamu memanfaatkan fitur ini, kamu bisa mencantumkan nama, alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, website, jam operasional, ditambah lagi dengan foto-foto kantor/ lokasi usaha serta review dari konsumen.

Google Bisnisku dapat menjadi media komunikasi dengan calon konsumen, memudahkan kamu untuk mendapatkan review dari mereka yang sudah menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan, serta membuat UMKM kamu muncul di Google Maps.

Selain Google Bisnisku, kamu juga bisa memanfaatkan Google Ads, yaitu media iklan berbayar yang disediakan oleh Google. Walaupun ada biaya yang harus dikeluarkan untuk beriklan, tetapi kamu bisa menentukan budget yang akan dikeluarkan, serta menyasar pada calon konsumen yang tepat. Jika kamu menggunakan layanan ini, usaha kamu akan berada di halaman pertama pada pencarian Google.

  • Menggunakan Influencer

Dengan banyaknya bisnis rintisan yang muncul, persaingan semakin ketat, dan semakin sulit bagi para pelaku usaha baru untuk bisa menonjol dibandingkan dengan kompetitor mereka. Bahkan faktanya, banyak bisnis rintisan yang gagal di tahun-tahun awal mereka karena keterbatasan anggaran, minim kompetensi dan sumber daya.

Untuk membuat usaha rintisan berkembang, kamu perlu menarik konsumen dan menjadikan mereka pelanggan setia. Salah satu cara terbaik untuk menggaet konsumen baru adalah dengan memanfaatkan influencer, misalnya artis, selebgram, youtuber, blogger, dan sebagainya, yang dipilih berdasarkan popularitas, keahlian dan reputasinya.

Pada dasarnya, influencer marketing ini adalah metode untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa bisnis kamu melalui orang-orang yang mampu memberikan pengaruh besar terhadap suatu kelompok atau pasar tertentu.

Melalui konten yang mereka unggah di Instagram, Youtube, blog dan berbagai sarana komunikasi sosial lainnya, mereka bisa memasarkan produk atau jasa kamu untuk dapat dilihat dan diterima calon pelanggan kamu. Bentuk dan cara penyampaian promosi melalui konten yang dibuat oleh influencer dianggap lebih kredibel, otentik dan disukai daripada media promosi lainnya.

BukuKas - Banner CTA Download BukuKas

Influencer memiliki pasar atau audience dalam jumlah besar yang mempercayai mereka. Mereka berpotensi membuat publik mengenal dan mempercayai bisnis kamu. Dengan menggunakan influencer ini untuk mempromosikan usahamu, kamu bisa melakukan pemasaran yang efektif. Kamu bisa meningkatkan tingkat konversi iklan kamu dengan menggunakan konten yang diberikan oleh influencer. Melalui berbagai platform media sosial yang ada saat ini, produk atau jasa yang kamu sediakan bisa dipasarkan dengan mudah oleh sang influencer.

Pemasaran jenis ini telah membantu banyak usaha rintisan untuk mencapai dna melibatkan target konsumen atau pasar mereka secara efektif. Itulah mengapa semakin banyak pelaku usaha rintisan yang berfokus pada kolaborasi dengan para influencer.

Untuk influencer yang menggunakan Instagram sebagai platform mereka, bentuk kerjasama yang paling umum adalah sponsored post. Mereka juga bisa memperkuat postingan mereka melalui Instagram Stories. Sebagai gantinya, mereka akan meminta imbalan jasa dalam bentuk uang ataupun produk usaha yang kamu jual. Kamu bisa membuat negosiasi yang berbeda atau mengembangkan penawaran yang sama untuk setiap influencer yang kamu ajak kerjasama.

Para blogger juga merupakan bagian dari populasi influencer. Menggunakan postingan di sponsored blog untuk promosi memiliki kelebihan, yaitu adanya informasi yang lebih detail dan relevan dengan apa yang ingin didapatkan oleh konsumen atau pembaca. Dibandingkan dengan di blog, postingan konten di media sosial mungkin akan mendapatkan pengaruh tinggi secara langsung, namun hanya bersifat sementara karena akan tergantikan oleh feed baru setiap harinya, sedangkan postingan di blog tetap available kapan pun dan dapat diperbarui.

Selain Instagram dan blog, YouTube adalah platform lain di mana kamu bisa berkolaborasi dengan pembuat konten untuk mempromosikan produk atau layanan kamu. Tapi, kamu mungkin harus merogoh kocek lebih dalam untuk konten yang dibuat oleh YouTuber ketimbang blogger atau selebgram. Sama halnya dengan blog, konten video di YouTube juga bisa diakses kapanpun tanpa takut tertimpa unggahan baru.

Setelah menentukan strategi yang tepat sesuai dengan kondisi usaha yang kamu, ada beberapa hal lain yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan dalam online marketing. Berikut ini adalah tips tambahan untuk mengoptimalkan digital marketing, terutama pemanfaatan media sosial, agar usaha kamu bisa berkembang dan sukses.

  • Perbanyak Elemen Visual

Elemen visual seperti foto, video atau grafis akan membuat konten promosi kamu menjadi lebih menarik. Apapun media sosial yang kamu gunakan elemen visual sebanyak mungkin. Konten yang hanya berisi teks saja akan cenderung diabaikan dan dilewati oleh para pengguna media sosial. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa elemen visual yang kamu gunakan relevan dengan pesan yang disampaikan dan sesuai dengan karakter konsumen yang menjadi target kamu.

  • Utamakan kualitas, bukan kuantitas

Konten promosi perlu dibuat efektif. Hindari membuat konten promosi yang terlalu banyak tetapi kurang berkualitas. Memenuhi media sosial dengan belasan hingga puluhan posting setiap harinya malah bisa menjadi bumerang. Bukannya mendapatkan perhatian dari konsumen, konten kita malah dianggap mengganggu. Oleh karena itu, fokuskan pikiran dan tenaga kamu untuk memproduksi konten yang menarik dan berkualitas.

  • Manfaatkan tools untuk media sosial

Ada banyak tools yang bisa kamu manfaatkan untuk mempermudah pengelolaan media sosial untuk kepentingan usaha. Tools ini dapat membantu menemukan waktu yang tepat untuk posting, menganalisa follower dan membuat aktivitas media sosial kita menjadi lebih teratur. Hampir semuanya menyediakan free trial yang dapat kita gunakan secara gratis. Beberapa tools management untuk media sosial yang bisa kita manfaatkan antara lain Hootsuite, Buffer, Tweetdeck, Post Planner dan Sprout Social. Setiap tools memiliki kelebihannya masing-masing, maka pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita.

  • Gunakan Rumus 80 : 20

Jangan sampai konten promosi kita dianggap membosankan dan tidak bermanfaat. Kamu juga perlu memposisikan diri kamu sebagai audience ketika menentukan konten yang akan dibuat. Perbanyaklah mencari tahu mengenai konten apa yang dapat membuat calon konsumen tertarik, dan bisa like, follow dan subscribe pada akun bisnis kamu.

Ada rumus yang perlu kamu ingat, yaitu 80 : 20, yang berarti pastikan 80% dari konten yang kamu suguhkan adalah konten yang berguna untuk pembaca. Jika bisnismu adalah kuliner, misalnya, berikan informasi resep masakan, nilai kandungan gizi, dan serba serbi dunia kuliner yang menarik. Kalau usaha kamu bergerak di bidang jasa, misalnya, kamu bisa berbagi kisah inspiratif. Lakukan pendekatan kepada calon konsumen dengan konten yang mengandung human interest. Selanjutnya, yang 20% lainnya adalah konten mengenai bisnis kamu. Kemas informasi bisnis secara menarik dan to the point, tidak bertele-tele, serta gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan karakter calon konsumen yang menjadi target.

Itulah beberapa strategi internet marketing yang perlu kamu jalankan sebagai pelaku UMKM agar usaha kamu bisa memiliki daya tarik lebih besar dan cepat berkembang. Untuk kamu yang belum mulai atau masih dalam tahap perencanaan bisnis, segeralah memulai. Semakin cepat kamu memulai, semakin cepat pula kamu bisa melihat perkembangannya dan menuai hasilnya.

Artikel serupa

Leave a Comment